Road Trip Sendirian
Traveling sendirian mungkin merupakan ide yang aneh untuk sebagian besar orang. Padahal, traveling sendirian memiliki banyak manfaat bagi perkembangan diri seseorang dan tentunya menyenangkan.
Ada beberapa tipe pejalan, mereka yang suka pergi berkelompok, bersama keluarga, bersama pasangan, ataupun seorang diri. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya. Seperti ketika traveling bersama teman-teman, seseorang akan memiliki teman mengobrol sepanjang perjalanan, serta bisa melakukan berbagai hal seru bersama-sama. Sementara untuk mereka yang pergi bersama keluarga atau pasangan, traveling bersama menjadi ajang untuk mempererat hubungan. Sedangkan mereka yang suka pergi sendiri, seringkali mereka justru dipandang sebagai orang yang tidak punya teman atau kesepian. Padahal, traveling sendirian juga memiliki manfaat dan keunggulannya sendiri.
Traveling sendirian bisa kamu lakukan dengan pesawat, kereta maupun kendaraan pribadi. Sejak pandemi Covid-19, semakin banyak pula orang yang bepergian dengan kendaraan pribadi dan menyebutnya dengan istilah “Road Trip”. Nah, inilah beberapa hal yang bisa kamu rasakan saat melakukan perjalanan berlibur atau road trip sendirian.
-. Melatih tanggung jawab dan kesabaran
Dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum, melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor lebih melatih kita untuk bertanggung jawab dan bersabar karena secara otomatis harus berkendara dengan mematuhi aturan lalu lintas yang ada untuk menghormati pengendara lainnya.
Tak hanya dari segi berkendara, dengan sepeda motor juga diajarkan bertanggung jawab untuk mengurus dan mengatur barang bawaan masing-masing seringkas mungkin tanpa mengandalkan orang lain.
-. Waktu yang kamu miliki bisa kamu gunakan dengan lebih bebas
Dengan menggunakan mobil, kamu jadi tidak tergantung dengan jadwal terbang pesawat atau kereta. Kamu bebas menentukan sendiri jam berapa start, jalur mana yang akan dilalui, langsung menuju tempat tujuan atau malah mau mampir ke tempat-tempat lainnya. Kamu jauh lebih bebas dan fleksibel dalam menikmati petualangan.
-. Butuh usaha lebih untuk perencanaan, tapi pengalaman yang didapat juga lebih berkesan
Ketika kamu ingin melakukan road trip, apalagi ke luar kota, pastinya butuh perencanaan yang lebih panjang dan matang. Terutama mempersiapakan mobil agar siap menjelajah dalam jarak jauh dan jangka waktu lama. Namun Kamu juga akan lebih puas pada pengalaman yang didapat nantinya, jadi usaha besar yang dilakukan di awal akan setimpal rasanya.
-. Lebih mudah direncanakan
Kebanyakan orang Indonesia selalu menjadikan traveling sebagai wacana belaka. Namun jika melakukan road trip akan jauh lebih mudah untuk direncanakan. Karena tidak perlu membeli tiket pergi dan pulang, menyesuaikan jadwal sendiri, dan lebih fleksibel. Tidak perlu bangun pagi untuk pergi dulu ke stasiun atau bandara agar tidak ketinggalan jadwal kereta atau pesawat. Cukup menyediakan mobil, uang, makanan, minuman, hingga pakaian.
-. Meningkatkan kemampuan manajemen
Melakukan solo trip akan meningkatkan kemampuan manajemen kamu. Kamu akan mengatur waktu yang sesuai dengan prioritas. Kamu akan tahu cara mengutamakan hal-hal penting dan mengabaikan hal-hal yang tidak berguna bagi kamu.
-. Bisa mencicipi banyak kuliner
Mencari jalur-jalur baru dalam perjalanan, pastinya kamu akan menemukan dan bisa menyicipi jajanan kuliner khas tiap kota yang kamu lewati yang mungkin belum pernah dicicipi sebelumnya. Hal seperti ini tentu tak dapat kamu nikmati kalau pergi menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kereta.
-. Lebih aman
Terkadang, pasti kamu diliputi perasaan was-was akan keamanan diri dan barang yang dibawa ketika traveling menggunakan kendaraan umum walaupun saat ini beberapa sudah dilengkapi kamera keamanan atau cctv. Mungkin road trip dengan mobil bisa menjadi pilihanmu.