Perlatan Pendaki Gunung
Ketika melakukan pendakian gunung, seorang pendaki harus memiliki persiapan yang matang, termasuk memiliki peralatan mendaki yang lengkap. Gunung manapun, akan memperlakukan setiap pendaki sama saja.
Tidak ada perlakuan khusus, baik bagi seorang pendaki pemula ataupun seorang pendaki yang sudah berpengalaman. Siapa saja yang melakukan kesalahan di tengah-tengah aktivitas pendakian, maka mereka bisa mengalami kesulitan yang serius.
Penyebabnya beragam, bisa karena kehabisan persediaan makanan, tersesat, kedinginan, hingga terjatuh ke dalam jurang. Itulah mengapa kita perlu menyiapkan peralatan mendaki dan menguasai teknik pendakian.
Peralatan mendaki bagi seorang pendaki, diibaratkan sebagai senjata bagi tentara. Pasalnya, keberadaan peralatan mendaki menjadi modal utama untuk bisa bertahan hidup selama berhari-hari di alam terbuka.
Sedangkan teknik mendaki gunung, merupakan kemampuan dalam memanfaatkan peralatan sehingga dapat digunakan secara maksimal. Dengan persiapan yang matang, maka risiko kecelakaan yang bisa berakibat kematian di gunung dapat dihindari.
Perlengkapan naik gunung memang menjadi modal persiapan yang penting ketika mendaki. Perlu diketahui, bahwa perlengkapan tersebut terbagi menjadi 2, yaitu perlengkapan pribadi dan kelompok. Perlengkapan pribadi digunakan oleh masing-masing pendaki. Sedangkan perlengkapan kelompok, ditujukan untuk pemakaian seluruh rombongan.
Dari sekian banyak perlengkapan naik gunung yang ada, berikut ini peralatan mendaki gunung yang wajib kita bawa:
1.Tas Gunung
Merupakan alat yang wajib dibawa ketika ingin mendaki gunung. Tas ini memegang peranan penting karena berfungsi sebagai penopang barang-barang yang akan dibawa. Pilihlah tas gunung yang memiliki kapasitas besar dan sesuai dengan bentuk tubuh manusia, terutama di bagian punggung.
Pasalnya, saat membawa perlengkapan untuk naik ke atas gunung dalam bentuk tas yang kecil, bisa dipastikan akan membawa banyak tas karena peralatan gunung yang cukup banyak, namun ketika membawa tas yang kapasitasnya terlalu besar bisa membuat pendaki merasakan pegal di bagian belakang tubuh jika terlalu lama membawa tas tersebut.
2.Sleeping bag
Merupakan salah satu peralatan yang harus di bawa pada saat melakukan pendakian. Pasalnya, peralatan yang satu ini digunakan untuk tidur dan melindungi pendaki dari serangan hipotermia. Alat hiking ini terbuat dari campuran bahan polar dan dakron untuk memberikan kehangatan. Selain itu, pilihlah sleeping bag yang memiliki aksesori kepala dan bentuk sesuai dengan tinggi badan agar seluruh tubuh tertutup sempurna.
3.Sepatu dan Sandal Gunung
Peralatan mendaki selanjutnya adalah sepatu dan sandal gunung. Kedua jenis alas kaki ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita perlu memilih pemakaiannya secara bijak dengan mempertimbangkan medan yang akan dilalui.
Sepatu gunung akan memberikan perlindungan secara menyeluruh dan bisa membuat kaki lebih hangat. Hanya saja, bobot sepatu biasanya lebih berat.
Sandal gunung cocok dipakai saat kita berada di basecamp atau titik peristirahatan. Hindari memakai sandal gunung saat pendakian, apalagi di medan yang berat karena akan mengundang bahaya seperti resiko cedera kaki, mengingat tidak ada perlindungan menyeluruh pada sandal gunung.
4.Gunakan Jaket Berbahan Parasut
Saat mendaki gunung sangat dianjurkan menggunakan jaket berbahan parasut. Karena jika kamu mengenakan jaket berbahan katun atau bahan lainnya bisa jadi basah karena embun dan membuat badan jadi berat. Hal ini tentunya dapat membuat perjalanan tersendat saking dinginnya.
Selain itu, kamu juga perlu membawa jas hujan. Jas hujan ini tentu saja berguna di kala hujan tiba. Letakkan jas hujan tersebut di tempat yang mudah dijangkau, sehingga ketika hujan tiba, langsung dapat dipakai seketika itu juga.
5.Obat-obatan
Salah satu peralatan atau perlengkapan yang sering dilupakan adalah obat-obatan. Padahal hal ini sangat penting gunanya dalam mengatasi berbagai penyakit yang tiba-tiba kamu alami saat mendaki gunung. Berbagai obat-obatan umum harus dibawa, dan buat kamu yang memiliki penyakit khusus yang kadang-kadang bisa kambuh secara tiba-tiba, lebih baik membawa obat yang telah diberikan dokter kepadamu untuk jaga-jaga.
6.Senter atau headlamp
Senter dan headlamp sangat berguna memberi pencahayaan di kala gelap. Senter dari smartphone tidak cukup kuat untuk membantu menerangi jalan, jadi jangan mengandalkan cahaya dari senter smartphone saja. Usahakan juga untuk membawa senter yang tahan air agar tidak rusak seandainya kamu memerlukannya saat sedang hujan.
7.Peralatan makan dan minum
Peralatan makan dan minum wajib kamu bawa jika kamu ingin memasak di gunung. Alat makan tersebut antara lain piring, gelas, sendok, pisau kecil, kompor gas kecil, nesting, dan lain sebagainya. Namun, jika sekiranya kamu tidak perlu memasak makanan di gunung, barang-barang ini juga tidak perlu dibawa karena lumayan memperberat barang bawaan.
8.Korek api
Korek api sangat berguna untuk memasak saat di gunung. Korek api ini juga berguna jika kamu ingin membuat api unggun. Hati-hati menggunakan korek api supaya tidak membakar hutan.
Beberapa peralatan di atas sangat penting dan wajib di bawa dalam mendaki gunung , semua peralatan yang di jabarkan akan sangat berguna bagi pendaki.Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi pendaki-pendaki terutama pendaki pemula.