Cara Merawat Kucing
Ada banyak pilihan hewan peliharaan di rumah mulai dari yang “standar” seperti anjing, kucing, atau ikan.
Hingga pilihan hewan eksotis dan juga berbahaya seperti ular, biawak, buaya, kadal, hingga bunglon.
Namun, kucing masih menjadi salah satu pilihan untuk hewan peliharaan di rumah karena memang tingkahnya yang lucu.
Meski sebenarnya, kucing juga bisa menyebalkan lantaran ulahnya. Kucing tetap jadi pilihan para pencinta hewan, apalagi cara memelihara kucing juga mudah.
Beberapa tips memelihara kucing ini bisa dimasukkan ke dalam rutinitas merawat kucing. Sangat penting menerapkan cara merawat kucing untuk memberikan yang terbaik untuk hewan peliharaan Anda. Simak beberapa tips memelihara kucing agar tetap sehat.
1.Menyisir Kucing Setiap Hari
Menyikat atau menyisir kucing setiap hari akan mengurangi bola bulu yang dapat berkembang di saluran pencernaan. Menyisir rambut kucing akan membantu kucing agar tidak menghabiskan banyak waktu menghilangkan rambut yang rontok.
2.Jangan Terlalu Banyak DIberi Makanan Kering
Tidak seperti anjing, kucing tidak bisa menjadi vegetarian, walau untuk waktu singkat. Kucing mengandalkan daging sebagai makanan utama mereka setiap hari. Memberi kucing makanan kering secara berlebihan artinya mereka mengonsumsi terlalu banyak karobhidrat yang akan berakibat buruk, seperti diabetes.
Jadi, jika kamu memelihara anjing dan kucing, keduanya tidak bisa diperlakukan sama dalam makanan. Makana anjing tidak baik untuk kucing, karena sistem pencernaan kucing tidak dapat mentolerir karbohidrat seperti makanan kering yang dikonsumsi anjing.
3.Grooming
Cara merawat kucing yang tidak kalah penting adalah kebutuhan kucing untuk grooming.
Pada dasarnya kucing adalah hewan yang suka kebersihan dan mampu membersihkan diri sendiri, sehingga tidak perlu sering dimandikan.
Namun pada beberapa spesies, khususnya yang berbulu panjang, memerlukan perhatian khusus dalam aspek kebersihan.
Jika tidak ingin menggunakan jasa grooming hewan di luar, kamu juga bisa melakukan grooming kucing kesayangan sendiri di rumah.
4.Vaksinasi
Vaksin dapat membantu mencegah berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyerang kucing.
Vaksinasi pada kucing dianggap sebagai salah satu cara termudah untuk membantunya hidup sehat dan panjang umur.
Vaksinasi adalah prosedur yang memiliki risiko dan manfaat yang harus dipertimbangkan untuk setiap pemilik hewan peliharaan.
Vaksin membantu mempersiapkan sistem kekebalan tubuh kucing untuk melawan infeksi organisme penyebab penyakit.
Saat vaksin disuntikkan ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh kucing akan dirangsang dengan jinak.
Jika nantinya kucing terserang penyakit yang sebenarnya, sistem imunnya akan siap untuk mengenali dan melawan penyakit sepenuhnya atau mengurangi tingkat keparahan penyakitnya.
Ada beberapa vaksin yang direkomendasikan untuk kucing, yaitu:
• Rabies
• Panleukopenia (juga dikenal sebagai feline distemper)
• Feline calicivirus
• Feline viral rhinotracheitis
Vaksinasi feline viral rhinotracheitis, calicivirus, dan panleukopenia sering kali datang dalam bentuk kombinasi suntikan (FVRCP), yang juga disebut "suntikan distemper".
Itulah beberapa tips cara merawat kucing kesayangan anda agar tetap sehat dan berumur panjang.Semoga bermanfaat terutama bagi pemula yang ingin memelihara kucing.