Fakta Burung Hantu
Burung hantu merupakan burung pemakan daging (karnivora) yang aktif di malam hari atau disebut hewan nokturnal.
Burung Hantu menjadi salah satu satwa yang populer sejak lama. Satwa ini seringkali dikaitkan dengan berbagai mitos dan dunia magis, termasuk yang dipopulerkan oleh film box office Harry potter, sebagai makhluk pengantar surat di dunia para penyihir. Di Inggris, memang burung hantu adalah satwa yang kemunculannya kerap kali dianggap membawa keberuntungan. Berikut fakta burung hantu:
1. Tak semua burung hantu aktif di malam hari
Burung hantu terkenal dengan gaya hidup nokturnal (aktif di malam hari), tetapi ternyata ada yang tidak. Beberapa burung hantu ada yang berperilaku diurnal, artinya mereka berburu di siang hari, seperti burung hantu abu-abu besar (Strix nebulosa), burung hantu elang utara (Surnia ulula) dan burung hantu kerdil utara (Glaucidium gnoma). Mungkin burung hantu jenis itu merupakan pemburu siang hari karena mangsa pilihannya, seperti burung penyanyi atau mamalia kecil yang juga berperilaku diurnal. Selain itu, burung hantu adalah kerabat dekat dengan elang, yang merupakan burung diurnal.
2. Burung hantu terkecil tingginya 13 cm
Mengutip dari Audubon, burung wantu elf adalah burung hantu terkecil di dunia. Tingginya hanya 13--15 cm saja. Untuk perbandingan, burung hantu terbesar yang terdapat di Amerika Utara ukurannya sekitar 81 cm. Meskipun kecil, saat burung hantu elf berburu, mereka akan mencengkeram mangsanya dengan sangat kuat. Nah, kalau burung hantunya kecil seperti burung hantu elf, jadi tidak terlihat menakutkan lagi.
3. Leher yang luar biasa
Burung hantu memiliki 14 bagian vertebra leher, 2x lipat lebih banyak dari milik manusia. Anatomi unik ini membantu burung hantu memutar kepala mereka hingga 270 derajat. Burung hantu bisa melakukan hal itu karena tulang belakang mereka memiliki lubang yang berukuran sekitar 10 kali ukuran pembuluh darah pembawa hewan. Dengan begitu, banyak ruang gerak, arteri dapat dengan mudah melewati lubang vertebra saat burung hantu itu menoleh. Kemampuan ini adalah kunci untuk kelangsungan hidup burung: Burung hantu tidak dapat dengan mudah menggerakkan mata mereka, jadi mereka perlu kemampuan memutar leher yang hebat.
4. Suara yang didengar burung hantu telah diperbesar sepuluh kali lipat
Tahukah kamu mengapa burung hantu memiliki pendengaran yang super tajam? Mengutip dari World Birds, bentuk wajah burung hantu yang relatif datar membantunya mendengar suara dengan lebih baik. Bentuk wajah burung hantu tersebut membantu menyalurkan suara ke telinganya sehingga suara akan terdengar sepuluh kali lebih besar. Oleh sebab itulah, suara dan gerakan kecil sekalipun akan didengar oleh burung hantu. Kemampuan ini sangat membantu burung hantu saat berburu di malam hari yang gelap gulita.
5. Punya Mata Palsu untuk Kamuflase
Burung hantu kerdil utara memiliki mata kuning cerah di wajahnya dan bulu berwarna hitam di bagian belakang kepalanya yang terlihat menyeramkan. Bintik “mata” ini mungkin memperlambat atau menghalangi predator yang datang dari belakang. Predator tidak suka menyerang jika mangsa mereka melihat mereka, dan bintik mata bisa memperlambatnya. Ingat, burung hantu kerdil utara aktif pada siang hari, jadi pemangsa akan bisa melihat matanya tanpa peduli ke arah mana mereka mendekati burung hantu kecil ini.
6. Burung hantu hanya dapat memutar kepalanya hingga 270 derajat
Jika kamu menganggap burung hantu dapat memutar kepalanya hingga 360 derajat, kamu keliru. Seperti apa yang ditulis Treehugger, burung hantu hanya dapat memutar kepalanya sebesar 270 derajat atau 135 derajat ke kedua arah dari hadapannya. Kemampuan ini berkaitan dengan burung hantu yang tidak memiliki bola mata sehingga jika ingin melihat sekeliling, burung hantu harus memutar kepalanya.
7. Burung hantu terbang tanpa mengeluarkan suara
Burung hantu bisa terbang sangat jauh, yaitu mencapai 64 kilometer. Uniknya, ia bisa terbang sejauh itu tanpa bersuara sekali pun, lho. Ia bisa terbang tanpa diketahui. Kemampuan burung hantu yang satu ini didapatkan dari desain sayap dan bulunya yang unik. Dilansir dari laman mentalfloss.com, sayap utamanya memiliki bentuk bergerigi, seperti sisir. Fungsinya adalah untuk memecah turbulensi udara sehingga tidak mengeluarkan suara saat terbang. Kemudian, bulu pada sayap burung hantu sangatlah lembut. Tekstur bulu yang seperti ini bisa menyerap suara desiran dari sayap utamanya. Kemampuan terbang jauh dan tanpa bersuara membuat burung hantu disebut sebagai salah satu pemburu yang hebat. Ia bisa menyergap mangsa dengan mudah, walaupun tidak terbang dengan kecepatan kilat seperti elang.
8. Burung hantu betina lebih besar 25 persen dari burung hantu jantan
Mengutip dari Cool Kid Facts, ternyata ukuran burung hantu betina lebih besar dari pada burung hantu jantan, lho. Meskipun jika dilihat sepintas ukuran burung hantu jantan dan betina terlihat mirip, sebenarnya burung hantu betina lebih besar sekitar 25 persen. Jadi, untuk membedakan antara burung hantu jantan dengan burung hantu betina, kamu dapat membandingkan ukuran badannya.
Itulah fakta menarik burung hantu. Semoga bermanfaat!