Fungsi Helm Motor
Helm motor merupakan salah satu perlengkapan yang harus digunakan ketika sedang berkendara. Helm merupakan hal yang paling penting demi keselamatan.
Helm motor merupakan salah satu perlengkapan yang harus digunakan ketika sedang berkendara. Menggunakan helm ketika berkendara merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan demi keselamatan.
Meskipun sudah banyak yang menggunakan helm ketika berkendara, namun masih banyak juga dari kita yang belum mengetahui tentang fungsi helm.Berikut ulasan mengenai fungsi utama helm dan mengapa kita wajib memakainya.
1.Melindungi kepala
Melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan.
Ini adalah fungsi paling utama. Tak ada yang menjamin keselamatan Anda. Meski demikian, helm berfungsi untuk melindungi kepala Anda dari benturan benda-benda keras, seperti aspal, pohon, pembatas jalan, atau bahkan kendaraan lain.
2.Melindungi wajah
(khususnya mata) dari angin, debu, kotoran, serta benda lainnya.
Fungsi ini tidak kalah penting. Seringkali pengendara kehilangan konsentrasi karena gangguan-gangguan kecil di jalan. Meski kecil, tapi bisa berakibat fatal. Untuk itu, penting menggunakan helm ber-SNI (Standar Nasional Indonesia).
3.Melindungi Pandangan
Fungsi helm yang lainnya yaitu melindungi mata saat berkendara. Ya,hal inilah yang membuat kaca pada helm juga sangat penting. Masih banyak pengendara yang melepas kaca helm mereka, agar terlihat lebih keren.
Helm juga berfungsi melindungi mata dari silaunya sinar matahari, debu dan kotoran yang pastinya bisa mengganggu pandangan saat berkendara, sehingga berpotensi terjadinya hal yang tidak diinginkan, terlebih lagi bisa membuat sakit mata. Ketika berada di perjalanan pastinya banyak menemukan debu dan kotoran yang berterbangan. Dengan menggunakan helm, gangguan yang terjadi seperti ini dapat teratasi. Tetap gunakan helm dengan bagian kacanya yang terpasang supaya dapat melindungi pandangan mata. Selain melindungi dari panas matahari, helm juga berfungsi melindungi pada saat cuaca sedang hujan.
4.Penunjang penampilan Saat Berkendara
Helm merupakan alat yang wajib digunakan ketika berkendara. Sebab, penggunaan helm sendiri sudah menjadi peraturan yang perlu dipatuhi bagi semua pengguna kendaraan bermotor. Ya, saat ini helm juga menjadi trend fashion saat berkendara. Dimana, helm di desain tidak hanya sesuai standar dalam kemanan berkendara. Namun, juga helm didesain agar menarik dan trelihat keren saat digunakan untuk berkendara. Saat ini sudah banyak desain helm yang menarik dan tentunya sangat modis terutama pada kaula muda. Selain untuk safety riding, pastinya helm juga dapat menunjang penampilan para bikers yang di dukung dengan motor yang keren juga.
5.Menjaga Pandangan Mata Agar Tetap Nyaman
Pernahkah Anda pernah mengalami iritasi mata? dalam berkendara kita diterpa angin dari depan, saat angin menyerang tubuh kita termasuk mata, mata akan merespon angin yang datang dengan mengecilkan kelopak mata agar mata tidak terbentur dengan angin, debu dan hewan-hewan kecil yang ada dijalan. Apakah Anda pernah mengalami iritasi mata saat berkendara karna debu, angin dan hewan kecil masuk kepermukaan mata dan rasanya sangat tidak nyaman, berkendara jadi terganggu dan berbahaya jika sampai kita tidak bisa melihat kendaraan yang ada di depan.
Sekarang Anda sudah mengerti Manfaat Menggunakan helm saat berkendara? maka dari itu dari sekarang sayangilah tubuh Anda dengan menggunakan helm untuk menjaga mata, hidung dan kepala kita saat berkendara. Dan jgalah diri Anda dengan baik, dengan mengendarai sepeda motor secara hati-hati dan gunakanlah helm dengan benar.