Jenis Papan Skateboard
Permainan skateboard sudah sampai ke penjuru dunia. Begitu populernya permainan sekaligus olahraga yang satu ini, Indonesia pun tidak luput dari pengaruh dari skateboard. Dikenal sebagai salah satu permainan ekstrim asli negeri Paman Sam.
Bermain skateboard, pemain diharuskan melakukan berbagai macam trik berbahaya dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Permainan ini menuntut nyali yang cukup besar agar sukses melakukan sebuah trik. Bagi kamu yang bernyali besar dan ingin memuaskan adrenalin, permainan skateboard dijamin akan cocok.
Seperti permainan lainnya, skateboard juga membutuhkan beberapa jenis peralatan. Mulai jenis peralatannya, sampai perlengkapan pendukung lainnya. Papan skate menjadi peralatan wajib yang harus dimiliki seseorang yang berniat fokus dengan permainan ini.
Untuk menentukan jenis papan yang akan dipakai, pemain perlu menentukan dulu gaya permainan yang akan digarap. Setiap jenis papan memiliki fungsi yang berbeda untuk setiap gaya permainan. Agar tidak salah pilih, berikut adalah beberapa jenis papan skateboard sesuai dengan fungsi, yang banyak beredar di pasaran.
1.Popsicle
Papan ini memiliki bagian ujung (nose dan tail) berbentuk bulat, berfungsi membantu pemain untuk melakukan gerakan pop atau hentakan agar dapat melompat di udara. Beberapa trik lainnya, seperti ollie dan flip, dianggap paling cocok dilakukan dengan popsicle.
2.Papan Park atau Bowl
Papan jenis park atau bowl memiliki fingsi yang berbeda dengan jenis popsicle. Papan jenis ini biasa dipakai pada permukaan transisi. Jenis papan ini cenderung berukuran lebih besar, antara 20 hingga 22.8 sentimeter. Sangat ideal digunakan bagi yang mengincar kenyamanan karena memiliki dimensi besar. Gaya permainan dari papan park atau bowl memang lebih fokus mengincar sisi kenyamanan.
Arena permainan berbentuk seperti mangkok, akan sangat cocok untuk jenis papan ini. Selain itu, dengan bentuk kolam renang dan bentuk setengah pipa ukuran besar dengan bagian pinggir yang tinggi dan horizontal.
3.Longboard
Jenis papan skate yang berikutnya adalah longboard. Belakangann ini longboard sangat populer dan menjadi topik hangat di berbagai kalangan. Permainan skateboard jenis longboard sering dimainkan pada jalanan aspal. Dimensi longboard lebih lebar akan terasa stabil untuk digunakan dipermukaan jalan rata ataupun miring.
Longboard biasanya hanya dipakai untuk cruising atau menyusuri jalanan. Bahkan di beberapa negara, longboard banyak dipakai sebagai alternatif alat transportasi.
4.Cruiser
Papan jenis ini juga dirancang untuk tujuan transportasi, dari meluncur santai di sekitaran taman, area perkotaan, hingga tempat-tempat landai. Dibandingkan dengan longboard, cruiser lebih gesit dan ringan. Papan ini dibekali dengan roda besar dan bantalan karet yang lembut sehingga membantu pengguna melompat dan melewati berbagai rintangan di jalan.
Itulah beberapa jenis-jenis dari skateboard yang mungkin belum kalian ketahui fungsinya.Semoga artikel ini dapat membantu kalian memahami berbagai jenis dari papan skateboard.