Tips Untuk Fokus Belajar
Hidup dalam dunia dengan akses ke dunia luar yang kini sudah mudah tentu sangat menguntungkan. Namun di sisi lain, kemudahan tersebut tidak jarang membuat pikiran Anda sulit untuk fokus atau mengerjakan tugas karena terlalu banyak gangguan, salah satunya bermain ponsel.
Lalu, bagaimana cara agar bisa fokus belajar?
Supaya tugas tidak semakin menumpuk karena lebih sering beralih ke pekerjaan lainnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan gangguan tersebut.
Sebelum membahas lebih luas tentang cara meningkatkan konsentrasi belajar, ada baiknya jika kamu mengetahui konsep dasar konsentrasi itu sendiri. Apa sih yang dimaksud konsentrasi?
Secara umum, konsentrasi atau fokus adalah suatu kemampuan untuk memusatkan perhatian dan pikiran pada satu objek ataupun suatu kegiatan tertentu untuk waktu yang tertentu. Jika dilakukan secara benar, konsentrasi dapat menjadi modal utama, agar kamu lebih mudah mengikuti semua materi pelajaran.
Kehilangan konsentrasi atau susah untuk konsentrasi ,tentunya hal tersebut harus segera diatasi agar mindset kamu berubah menjadi lebih baik mengenai proses belajar. Nah, berikut ada beberapa cara mudah dan efektif untuk meningkatkan semangat dan konsentrasi kamu saat belajar.
1.Hindari Gangguan Belajar
Banyak sekali gangguan di sekitar kamu yang berpotensi mengalihkan perhatian kamu saat belajar. Misalnya, gangguan dari smartphone kamu yang berdering, bunyi pemberitahuan dari media sosial, tontonan Youtube yang lebih seru, serta hal-hal lainnya.
Nah, usahakan untuk menjauhkan diri dari faktor-faktor gangguan seperti itu, Pahamifren! Dengan demikian, kamu bisa berkonsentrasi penuh terhadap materi yang sedang kamu pelajari sehingga kamu materi pelajaran pun bisa kamu pahami secara maksimal.
2. Memastikan siswa siap belajar
Siswa yang tidak sisap belajar memiliki kecenderungan untuk malas belajar atau bahkan mengganggu temannya saat belajar. Guru Pintar harus menghimbau semua siswa untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk belajar seperti buku, alat tulis, dan alat penunjang lain yang di butuhkan. Hal berikutnya yang dapat di lakukan untuk membuat siswa fokus dan sispa belajar adalah dengan memberikan kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti permainan ,quiz,atau rehat yang dapat membuat siswa fokus kembali pada pelajaran.
3. Menerapkan metode mengajar yang tepat
Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk melatih konsentrasi siswa adalah dengan menerapkan metode belajar yang tepat. Ada banyak metode mengajar, tetapi tidak semua metode dapat diterapkan pada materi pelajaran. Materi tertentu mungkin hanya cocok jika menggunakan metode mengajar tertentu. Metode mengajar yang sesuai dengan karakter siswa dan kebutuhan siswa akan membuat pembelajaran menjadi bermakna dan lebih menyenangkan. Dengan demikian siswa menjadi lebih bersemangat dan fokus saat belajar.
4. Memberikan waktu istirahat yang cukup
Cara melatih otak agar fokus adalah dengan memberikan siswa waktu istirahat yang cukup, tidak terlalu singkat dan juga tidak terlalu lama. Kondisi fisik dan juga psikis siswa sangat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Salah besar jika ingin membuat siswa konsentrasi belajar dengan meminta mereka belajar terus menerus tanpa henti. Istirahat tidak selalu dengan membiarkan siswa berkeliaran di luar kelas. Istirahat dapat dilakukan dengan memberikan jeda belajar saat melihat siswa kelelahan. Kalian dapat mengisi dengan bercerita atau deretan aktivitas lain yang dapat membuat siswa segar kembali dan siap belajar kembali.
5.Membuat Jadwal Belajar yang Konsisten
Buatlah jadwal belajar lalu terapkan secara konsisten. Dengan demikian, kamu akan terbiasa belajar pada waktu yang telah ditentukan. Namun, pastikan jadwal belajar tersebut sesuai dengan waktu kamu.
Usahakan waktu tersebut selaras dengan situasi hatimu yang sedang bagus. Sebab, suasana hati yang bagus dapat menumbuhkan semangat dan konsentrasi belajar yang tinggi.
6.Konsumsi Makanan Bergizi
Membiasakan diri dengan mengatur pola makan yang sehat adalah hal terpenting yang harus kamu lakukan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan juga otak kamu. Usahakan selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecerdasan otak.
Saat tubuh kamu sehat, maka otak kamu pun lebih cerdas, sehingga konsentrasi belajar pun secara tidak langsung akan meningkat. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin penambah daya ingat dan konsentrasi seperti vitamin E, vitamin B, omega-3. Kandungan nutrisi tersebut baik untuk memperbaiki fungsi otak, terutama menambah daya ingat dan konsentrasi.
Nah, itu dia beberapa cara meningkatkan konsentrasi belajar mudah yang bisa kamu praktikkan. Semoga dapat memotivasi kamu untuk lebih semangat belajar.