Manfaat Buang Semangka
Bukan hanya punya rasa yang enak dan menyegarkan, ternyata banyak juga lho manfaat buah semangka.
Semangka adalah buah yang lezat dan paling nikmat untuk dikonsumsi saat musim panas. Untungnya, buah ini juga sangat baik dan bermanfaat bagi setiap orang.
Banyak cara untuk menikmati semangka, dijadikan makanan pencuci mulut dengan konsumsi langsung, dijadikan jus atau dapat juga dijadikan camilan bagi Anda sekeluarga termasuk Si Kecil.
Satu cangkir semangka hanya mengandung 46 kalori, tetapi kandungannya tinggi vitamin C, vitamin A dan banyak senyawa tanaman yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.
Manfaat Buah Semangka
Jadi, apa saja manfaat buah semangka ini bagi kesehatan secara umum, kulit, dan juga rambut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.
1.Menghidrasi tubuh
Semangka termasuk buah yang banyak mengandung air. Satu cangkir semangka memiliki lima ons air. Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup, seperti minum air putih atau makan makanan kaya air, dapat menghidrasi tubuh. Hidrasi tubuh penting untuk melancarkan peredaran darah, mengatur suhu tubuh, sampai menunjang metabolisme dan fungsi organ vital. Kekurangan cairan akibat dehidrasi bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental.
2.Menurunkan tekanan darah
Manfaat semangka yang sayang dilewatkan lainnya yakni membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan L-citrulline dalam semangka, terutama di bagian putih dekat kulitnya, terbukti bisa meningkatkan fungsi arteri dan membantu pembuluh darah rileks. Hal itu berguna untuk menurunkan tekanan darah.
3.Menyehatkan saluran cerna
Berbagai jenis buah-buahan, termasuk semangka, merupakan sumber serat yang baik untuk saluran pencernaan. Hal ini karena semangka merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan air yang sangat tinggi, yaitu mencapai 92%.
Kandungan air dan serat tersebut menjadikan semangka baik dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
4.Memelihara kesehatan jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, vitamin, dan serat di dalam semangka bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan mencegah penyempitan pembuluh darah.
Selain itu, semangka juga mengandung citrulline, salah satu jenis asam amino yang dapat menurunkan tekanan darah sekaligus mengendalikan kadar gula darah. Oleh karena itu, semangka juga baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi dan diabetes.
Kombinasi manfaat tersebut membuat semangka baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskuler, seperti serangan jantung dan stroke.
5.Memelihara kesehatan sendi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa beta-cryptoxanthin, salah satu jenis antioksidan di dalam semangka, dapat memelihara kesehatan sendi. Bahkan, antioksidan ini juga diyakini dapat mencegah penyakit rheumatoid arthritis atau radang sendi.
Akan tetapi, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas dan tingkat keamanan konsumsi semangka untuk menjaga kesehatan sendi masih perlu diteliti lebih lanjut
6.Menangkal efek radikal bebas
Ragam antioksidan dan vitamin di dalam semangka memiliki peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang dapat memicu berbagai macam penyakit, seperti kanker.
Bahkan, kandungan antioksidan dan vitamin di dalam semangka juga dipercaya bermanfaat untuk meredakan peradangan, menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta menghambat perkembangan penyakit degeneratif, seperti penyakit Alzheimer.
Itulah beberapa manfaat dari buah semangka yang akan kalian dapat jika di makan secara rutin.