Waktu Tepat Minum Air Kelapa
Air kelapa dikenal mengandung berbagai mineral, vitamin dan berbagai zat yang sangat baik untuk tubuh. Minum air kelapa memang dapat membantu kesehatan tubuh.
Namun sepertinya belum banyak yang tahu, bahwa air kelapa yang diminum pada waktu ini justru jauh akan meningkatkan manfaatnya. Diketahui dalam air kelapa terdapat kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti elektrolit, klorida, kalium, magnesium, gula alami, natrium serta protein.
Tak ketinggalan air kelapa juga sangat kaya akan serat, mangan, kalsium, riboflavin hingga vitamin C.
Selengkapnya, kapan waktu yang tepat untuk minum air kepala adalah sebagai berikut.
1. Malam hari
Meminum air kelapa di malam hari dapat membantu proses detoksifikasi tubuh sehingga bisa menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi, sehingga dapat mencegah hipertensi.
Selain itu, air kelapa mengandung elektrolit, vitamin, dan juga mineral yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan elektrolit dan potasium pada air kelapa ini tentu sangat baik untuk menghidrasi tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin di malam hari, kamu bisa mencegah terkena penyakit jantung sekaligus menyehatkan kondisi jantung.
Orang-orang yang menderita batu ginjal juga disarankan untuk meminum kelapa di malam hari karena dianggap dapat menyerap gizi secara lebih optimal. Tidak hanya itu, saat kita tertidur, organ tubuh kita bekerja dan biasanya, semua zat toxin ataupun racun yang ada di dalam tubuh kita akan dibuang melalui urin.
Dengan mengonsumsi air kelapa di malam hari, kita akan lebih sering buang air kecil yang mengartikan jika tubuh sedang mengeluarkan semua infeksi saluran kemih yang ada dalam tubuh. Oleh sebab itu, air kelapa biasanya juga dianggap sebagai diuretik.
2. Sebelum dan sesudah makan
Minum segelas air kelapa yang menyegarkan sebelum makan, membuat kita kenyang, sehingga akan mencegah makan yang berlebihan. Air ini juga rendah kalori dan mudah di perut. Ini membantu dalam sistem pencernaan dan mencegah kembung setelah makan.
Konsumsi air kelapa secara teratur juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh kita, sehingga menjaga tekanan darah kita tetap terkontrol.
3. Sebelum dan sesudah berolahraga
Saat kita berolahraga, kita membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk dapat melakukan aktivitas tersebut dan mencegah dehidrasi.
Dengan meminum air kelapa, bisa meningkatkan energi kita sebelum melakukan olahraga dan dipercaya ampuh untuk mengatasi kelelahan. Jika mengonsumsinya setelah selesai berolahraga, air kelapa bisa membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang selama kita berolahraga.
4. Minum di pagi hari saat perut kosong
Meminum air kelapa di pagi hari dengan kondisi perut kosong ternyata bisa membantu kita dalam banyak hal. Pasalnya, air kelapa mengandung asam laurat yang membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan metabolisme tubuh sehingga bisa membantu kita menurunkan berat badan. Wanita hamil juga dianjurkan untuk meminum air kelapa untuk melawan dehidrasi, sembelit, dan meringankan morning sickness serta heartburn.