Manfaat Buah Pisang
Pisang jadi salah satu buah yang paling digemari banyak orang. Tekstur dagingnya yang empuk dan rasanya yang manis membuat pisang nikmat untuk dijadikan camilan sehat.
Tak cuma rasanya yang enak. Ada beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan yang bisa Anda nikmati setelah mengonsumsinya.
Pisang sendiri dikenal mengandung banyak nutrisi. Mulai dari protein, serat, vitamin C, riboflavin, folat, kalium, hingga magnesium.Simaklah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh.
1. Mengontrol kadar gula darah
Pisang kaya akan serat larut dan mengandung pati resisten. Keduanya dapat membantu memoderasi kadar gula darah setelah makan.
Tak hanya itu, keduanya juga membantu mengatur nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut.
Artinya, meski kandungan karbohidratnya tinggi, pisang tak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada individu yang sehat.
Sementara penderita diabetes tetap disarankan untuk mengonsumsi pisang dalam porsi sedikit.
2.Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat buah pisang untuk kesehatan selanjutnya adalah menjaga kesehatan pencernaan.
Pati resisten dan serat yang ditemukan pada pisang mentah merupakan prebiotik. Prebiotik merupakan bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan usus.
Tak hanya itu, pektin atau jenis serat yang ditemukan pada pisang juga dapat membantu mencegah sembelit.
3.Tekanan Darah Stabil
Pisang terkenal akan kandungan kaliumnya yang tinggi. Penelitian di Hypertension Institute, Amerika Serikat, menyatakan bahwa kalium berperan penting dalam mengelola tekanan darah yang sehat. Karena itu, makan pisang bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah.
Kalium membantu meredakan ketegangan pembuluh darah, yang menjadi penyebab tekanan darah meningkat
Kandungan serat dalam pisang juga membantu mengikis kolesterol jahat (LDL) sehingga turut menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.
4.Menghalau Penuaan Dini
Salah satu ketakutan terbesar wanita adalah penuaan dini, yang ditandai dengan kulit kusam, flek hitam, garis-garis halus atau keriput, dan kulit yang mengendur.
Jangan khawatir, rajin-rajinlah konsumsi pisang. Karena satu buah pisang mengandung vitamin C dan B6, yang merupakan antioksidan sehingga dapat menolong kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.
5.Memelihara Kesehatan Mata
Kandungan antioksidan, seperti vitamin A, C, E, dan karotenoid dalam pisang dapat melindungi serta memperbaiki sel yang rusak. Vitamin A dan C merupakan gizi penting bagi mata maupun kulit.
Selain itu, kandungan lutein dalam pisang mampu menurunkan risiko degenerasi makula.
6.Membantu Detoksifikasi
Ternyata, makan pisang juga bermanfaat untuk detoksifikasi alias mengeluarkan racun dari tubuh. Ini karena kandungan pektin yang ada dalam pisang.
Menurut studi dari Forsch Komplementärmed, kandungan pektin dalam pisang terbukti dapat membuang kandungan merkuri melalui urine.
7.Baik untuk Kesehatan Tulang
Menurut studi dari The American Journal of Clinical Nutrition, prebiotik fruktooligosakarida yang terkandung dalam pisang akan terfermentasi dalam saluran pencernaan dan meningkatkan kemampuan penyerapan kalsium.
Oleh karena itu, khasiat buah pisang untuk kesehatan tulang Anda tak perlu diragukan lagi.
Itulah beberapa manfaat dari pisang yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.Rutinlah memakan buah pisang dan rasakan manfaat dari buah pisang.