Jenis Berry dan Manfaatnya
Menurut istilah botani, beri diartikan sebagai buah sederhana dengan biji dan daging buah yang dihasilkan dari satu ovarium dari satu bunga.
Ada banyak buah yang memiliki nama berry namun sebenarnya bukan termasuk jenis buah berry secara botani. Secara awam, berry diartikan sebagai buah kecil berdaging yang dapat dimakan. Baik buah berry asli secara botani maupun buah yang dikenal sebagai berry karena namanya, keduanya biasanya memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi.
Berikut adalah jenis-jenis berry yang dikenal masyarakat berikut manfaatnya:
1. Strawberry
Buah berry yang tentunya sudah sering dijumpai di pasaran ini adalah strawberry. Buah yang kerap dijadikan sebagai pilihan masakan dan minuman ini memiliki rasa yang asam dan sedikit manis. Buah yang berwarna merah dengan bintik hitam ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, asam folat, serat dan antioksidan.
Kandungan yang ada pada strawberry mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolestrol, membantu mengelola gula darah, dan melawan efek penuaan pada otak.
2. Cranberry
Buah berry yang berasal dari bagian utara Amerika Serikat ini memiliki cita rasa asam dengan sedikit rasa manis. Cranberry terkenal sebagai buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tak hanya itu, buah berwarna merah ini terkenal dapat mencegah infeksi saluran kemih (ISK), sebab cranberry memiliki kandungan mengandung antioksidan yang bermanfaat menghentikan penyebaran bakteri pada dinding saluran kemih.
3. Blackberry
Sama seperti namanya bahwa blackberry berwarna kegelapan yang memiliki bentuk khas berbulir-bulir menyerupai buah raspberry. Dari segi rasa, buah blackberry memiliki rasa yang kuat dan sedikit lebih pahit dibandingkan buah berry lainnya.
Meskipun memiliki rasa yang berbeda, buah blackberry memiliki manfaat yang tak kalah dibandingkan jenis-jenis berry lainnya. Buah blackberry mengandung berbagai vitamin dan mineral serta serat dan kalori. Selain itu, jenis buah berry ini mengandung polifenol yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan juga kanker.
4. Blueberry
Blueberry adalah salah satu jenis buah berry yang paling populer. Buah ini memiliki kandungan serat, vitamin C, vitamin K, mangan, dan antioksidan yang tinggi. Manfaat blueberry untuk kesehatan antara lain seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan risiko diabetes. Buah ini juga digadang-gadang baik untuk kesehatan otak, tapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat yang satu ini.
5. Goji Berry
Goji Berry memiliki kandungan vitamin C, vitamin B2, vitamin A, zat besi, dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melawan penyakit jantung, membantu pencernaan dan mencegah kanker.
Mengonsumsi buah goji berry juga tidak boleh sembarangan karena buah yang masih mentah jika dikonsumsi dapat menjadi racun. Selain itu buah ini juga tidak dianjurkan dikonsumsi saat hamil, menyusui, dan saat mengonsumsi obat pengencer darah.
6. Boysenberry
Boysenberry merupakan buah hasil persilangan antara rasberi, blackberry, dan loganberry. Sama seperti jenis berry lainnya, boysenberry juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang baik untuk detoksifikasi tubuh. Kelebihan jenis berry ini dapat membantu menurunkan risiko darah tinggi karena kelebihan sodium karena mengandung kalium yang cukup tinggi. Selain memiliki manfaat kesehatan yang beragam, boysenberry juga dapat dimakan segar atau dibuat menjadi olahan lezat seperti olahan pai, jeli, atau cheesecake.
7. Raspberry
Satu lagi jenis buah beri-berian yang cukup populer dan digemari adalah buah raspberry terutama dalam produk olahan minuman atau makanan. Umumnya buah raspberry lebih mudah ditemukan saat musim panas dan terkenal akan cita rasa manisnya yang menyegarkan.
Kandungan kalori dari buah raspberry yang rendah juga menjadikan buah yang kaya mineral dan vitamin ini baik untuk dikonsumsi atau bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.
8. Mulberry
Buah mulberry atau murbei merupakan salah satu jenis buah berry yang cukup umum ditemukan di Indonesia. Bahkan ada juga yang tumbuh di hutan atau sekitar kebun secara liar. Buah ini memiliki warna merah kegelapan dengan rasa yang sangat manis.
Cita rasa manis inilah yang membuat buah berry jenis ini sering diolah menjadi sirup ataupun selai. Dibalik rasanya yang manis dan lezat, mulberry juga kaya akan vitamin dan juga zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh.