Manfaat Buah Haw
Buah haw atau disebut juga hawthorn berry sangatlah terkenal di Eropa dan mulai mendunia untuk beragam kesehatan tubuh yang luar biasa.
Tanaman dengan nama ilmiah Crateagus oxycanthus ini dominan digunakan untuk berbagai masalah jantung, peredaran darah maupun pencernaan.
Buah haw sangatlah cantik dan berwarna merah menyala. Ukurannya kecil namun produksi dalam 1 pohon dapat sangat berlimpah. Di Indonesia memang belum banyak dibudidayakan dan dimanfaatkan, namun ada beberapa produk kesehatan yang sudah masuk ke dalam negeri yang kandungannya terdiri dari buah haw yang hebat ini.
Berasal dari benua Eropa, haw saat ini sudah ditemukan tumbuh di berbagai belahan dunia. Buah yang mirip seperti beri merah ini mengandung banyak sekali zat bermanfaat.
Beri howthorn umumnya dipakai sebagai bahan obat atau sajian kuliner. Hebatnya lagi buah howthorn kaya akan bioflavonoid, antioksidan, proanthocyanidin dan banyak lagi sehingga sangat baik untuk pengobatan kardiovaskular.
Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja manfaat dan khasiat hawthorn berry untuk kesehatan, simak selengkapnya di bawah ini.
1. Bermanfaat untuk Gagal Jantung
Gagal jantung adalah kondisi di mana jantung tidak lagi mampu untuk melakukan pemompaan darah ke organ lain. Buah hawthorn telah dipelajari secara luas pada penderita gagal jantung di mana menunjukkan perubahan positif. Sebuah studi di Pharmacognosy Review mendapatkan hasil bahwa haw mampu meningkatkan fungsi jantung.
Sebuah jurnal di Amerika memuat informasi mengenai peningkatan aktivitas olahraga penderita gagal jantung setelah mengkonsumsi tanaman ini. Selain itu, juga dapat mengatasi kelelahan dan sesak napas. Ekstrak haw dengan jumlah 900 ml yang dikonsumsi setiap hari sama efektifnya dengan kaptopril dosis rendah. Kaptopril adalah obat bagi penderita jantung.
2. Sarat akan Antioksidan
Manfaat buah haw yang pertama ada pada kandungan antioksidannya. Buah haw adalah sumber yang kaya polifenol, yang merupakan senyawa antioksidan kuat yang ditemukan pada tanaman. Antioksidan ini akan membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh ketika berada pada kadar yang tinggi.
Radikal bebas bisa berasal dari makanan tertentu. Anda juga dapat memiliki kadar yang lebih tinggi sebagai akibat dari paparan racun lingkungan seperti polusi udara dan asap rokok.
Polifenol dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan karena aktivitas antioksidannya, termasuk untuk menurunkan risiko beberapa kanker, diabetes tipe 2, asma, beberapa infeksi, masalah jantung, dan penuaan kulit dini.
3. Mencegah Ateroklerosis
Ateroklerosis adalah penyakit yang menyerang pembuluh darah dimana ada penyempitan pembuluh arteri karena terjadinya penumpukan plak di saluran. Penumpukan plak tersebut dapat berupa berbagai macam zat yang berlebih seperti halnya lemak, kolesterol, dan sebagainya. Buah haw dapat membantu untuk menghancurkan dan menurunkan kadar tersebut.
4. Menyehatkan Sistem Peredaran Darah
Seperti yang telah disebutkan, buah haw dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dimana hal ini sangat berbahaya. Tidak hanya itu, sistem peredaran darah akan lebih normal secara keseluruhan dan memaksimalkan fungsi plasma darah untuk mengangkut sari-sari makanan.
5. Meningkatkan Imun Tubuh
Manfaat hawthorn berry untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Tentu hal ini tak terlepas dari peranan kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalamnya.
6. Bermanfaat untuk Mengobati Penyakit Angina
Hawthorn bisa memerangi angina yang diakibatkan kurangnya suplai darah ke jantung. Sebuah penelitian yang dimuat oleh The Indian Journal of Tradition Knowledge, menunjukkan bahwa buah ini bisa melebarkan pembuluh darah koroner dan meningkatkan aliran darah. Manfaat buah haw yang lain adalah memperkuat otot jantung serta membuang kelebihan air maupun garam dalam tubuh.
7. Bermanfaat untuk Mengurangi Kegelisahan
Dalam ramuan tradisional, hawthorn fruit dipakai sebagai obat untuk orang yang mengalami gangguan psikologi tertentu seperti kecemasan, stres, dan depresi. Sebuah studi yang dilakukan di Inggris meneliti penurunan kecemasan pada orang yang mengkonsumsi haw dengan yang memakai plasebo. Hasil yang didapatkan sangat baik, yakni menunjukkan efek positif dalam mengatasi masalah psikologi.
Demikian artikel mengenai manfaat buah haw, semoga bermanfaat untuk kamu!