Fakta Galaksi Bima Sakti
Galaksi yang terkenal dengan sebutan milky way adalah Galaksi Bima Sakti. Ini merupakan tempat yang sangat besar dan menakjubkan.
Sepanjang perjalanan sejarah manusia, bumi menjadi satu-satunya planet yang dianggap paling aman untuk ditinggali oleh manusia di galaksi Bima Sakti. Tidak ada yang tahu pasti. Kamu pasti tahu bahwa bumi hanyalah satu dari sekian juta planet di jagat raya ini. Kita telah lama dijejali dengan pengetahuan mengenai sistem tata surya di Galaksi Bima Sakti namun kurang pengetahuan mengenai galaksi lain. Meski begitu, para ilmuwan masih melakukan penelitian terhadap sebagian besar galaksi yang terus dikembangkan selama bertahun-tahun lamanya. Berikut adalah beberapa fakta bima sakti:
1. Memiliki lebih dari 200 miliar bintang
Galaksi terbesar yang disebut IC 1101 memiliki lebih dari 100 triliun bintang dan galaksi besar lainnya dapat memiliki satu triliun bintang. Bima Sakti memiliki sekitar 200 hingga 400 miliar bintang, namun yang paling banyak yang dapat dilihat manusia dari satu titik dunia adalah sekitar 2.500. Jumlah ini tidak tetap karena Galaksi Bima Sakti terus-menerus kehilangan bintang melalui supernova dan menghasilkan yang baru setiap saat.
2. Bimasakti dari Kombinasi Galaksi Lain
Fakta galaksi bimasakti berikutnya adalah bahwa Galaksi Bimasakti kita mulanya tidak memiliki bentuk spiral batang yang indah. Ia menjadi seperti sekarang ini karena memakan galaksi lain dan terus melakukannya hingga hari ini. Galaksi kerdil Canis Mayor adalah galaksi terdekat dengan Bima Sakti dan bintang-bintang galaksi ini terus dimasukkan ke dalam Bima Sakti. Untuk waktu yang lama, galaksi kita telah melahap galaksi lain seperti Galaksi Kerdil Sagittarius.
3. Galaksi terdekat Andromeda bisa diamati langsung
Galaksi Andromeda adalah galaksi terdekat Bima Sakti. Galaksi Andromeda dapat kamu amati ketika langit cerah tanpa cahaya bulan atau cahaya dan tanpa polusi yang akan terlihat seperti kabut tipis jika kamu melihatnya dengan mata telanjang. Alangkah lebih baik jika kamu menggunakan teleskop atau teropong bintang karena galaksi ini akan terlihat seperti kumpulan bintang-bintang yang sangat banyak. Dan lebih baik jika kamu melihatnya pada waktu yang lebih tepat agar Galaksi Andromeda lebih mudah untuk diamati, biasanya memasuki bulan September, Oktober, dan November.
4. Berat Galaksi Bimasakti
Kita tahu bahwa semua benda di dunia ini memiliki berat. Begitu pula dengan galaksi bimasakti. Namun, para ahli belum dapat memecahkan misteri ini. Beberapa ahli beranggapan, berat galaksi BimaSakti adalah sekitar 700 miliar sampai 2 triliun kali lebih berat dari Matahari. Menurut astronom Ekta Patel dari University of Arizona di Tucson, sebagian besar massa Bima Sakti, sekitar 85 persen, mungkin berupa materi gelap tak bercahaya dan sulit diamati secara langsung.
5. Penuh dengan debu dan gas
Bima Sakti adalah galaksi yang penuh dengan debu dan gas. Materi ini merupakan 10-15 persen dari materi bercahaya di Bima Sakti. Ketebalan debu dapat membelokkan cahaya yang tampak, namun cahaya inframerah dapat melewati debu, yang membuat teleskop luar angkasa Spitzer menjadi alat yang sangat berharga untuk mempelajari Bima Sakti.
6. Bimasakti dipenuhi minyak beracun
Kedengarannya memang agak aneh, tapi fakta galaksi bimasakti memang begitu. Bima Sakti kita dipenuhi minyak beracun, molekul organik berminyak yang dikenal sebagai senyawa karbon alifatik yang diproduksi beberapa jenis bintang dan kemudian merembes keluar ke ruang antarbintang. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan fakta tentang galaksi bimasakti bahwa substansi mirip minyak ini dapat mencakup seperempat hingga setengah dari karbon antar-bintang Bima Sakti, lima kali lebih banyak dari yang diyakini sebelumnya. Meski aneh, temuan ini menimbulkan optimisme bagi para ahli. Pasalnya, karbon adalah sumber yang penting untuk makhluk hidup. Bila jumlah karbon melimpah di seluruh Bima Sakti, artinya sistem bintang lain bisa jadi memiliki kehidupan.
Demikian informasi mengenai fakta bima sakti. Semoga bermanfaat!