Cara Kerja Flyboard
Olahraga air baru yang memompa adrenalin yaitu Flyboard , olahraga anti mainstream yang seru dan beda dari yang lain.
Flyboard cukup menarik bagi siapa saja yang haus akan tantangan. Pada dasarnya olahraga ini menggabungkan antara ski, snowboard, dan kemampuan terbang layaknya superhero. Jenis olahraga ini pertama kali ditemukan oleh seorang pemain ski air terkenal bernama Franck Zapata asal Perancis. Sejak ditemukan pertama kali sampai saat ini, flyboard telah terjual hingga ribuan unit di seluruh dunia.
Sama seperti cara kerja roket, water jetpack sebenarnya menggunakan hukum ketiga Newton tentang gaya aksi-gaya reaksi dan hukum kekekalan momentum. Hukum Newton ketiga menyatakan jika gaya aksi akan selalu mendapatkan gaya reaksi yang besarya sama namun berlawanan arah. Gaya ke arah bawah akibat aliran air dengan kecepatan tinggi akan mendapat gaya reaksi berupa gaya tolak ke atas yang mampu mengangkat pilot beserta jetpacknya. Water jetpack terdiri dari beberapa bagian. Pertama, yaitu pilot suit. Pilot suit adalah “baju tempur” yang dipakai oleh pilot untuk dapat terbang. Pilot suit sendiri terdiri dari rangka konstruksi, pipa distribusi air, perangkat kendali, dan perangkat untuk keselamatan dan kenyamanan pilot. Pipa distribusi air pada pilot suit biasanya berbentuk seperti huruf Y dan terdiri dari dua bagian, yaitu bagian yang tersambung dengan selang suplai air dan bagian penyembur air atau nozel.
Rangka konstruksi jetpack biasanya terbuat dari pipa besi dan dilengkapi sandaran untuk punggung. Sedangkan perangkat kendali water jetpack biasanya terletak pada handle yang juga berfungsi sebagai pegangan tangan pilot ketika terbang. Pilot suit juga dilengkapi perangkat keselamatan dan kenyamanan seperti sabuk keselamatan lima titik. Hal ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat pilot menerbangkan jetpack. Selain pilot suit, terdapat perangkat yang letaknya di permukaan air yaitu jetski. Jetski digunakan sebagai sumber tenaga untuk mengalirkan air ke nozel pada pilot suit. Kuatnya daya alir dari jetski menjadi pertimbangan utama, selain itu jetski bisa dimobilisasi sehingga memungkinkan pilot untuk terbang di tengah laut atau danau tanpa memerlukan selang yang panjang.
Water jetpack bekerja menggunakan prinsip Newton ketiga yang menyatakan bahwa untuk setiap gaya aksi yang diaplikasikan pada suatu benda, maka benda tersebut akan memberikan gaya reaksi yang sama besar namun berlawanan arah. Ketika air mulai dialirkan, kotak dan lingkaran berpisah dengan arah berlawanan karena saat alir dialirkan, akan ada arus air yang sangat deras ke bawah dan akan memberikan gaya aksi ke bawah. Kemudian akan timbul gaya reaksi ke arah atas dengan besar yang sama, sehingga mampu mengangkat pilot beserta jetpacknya.
Sebelum kalian terbang menggunakan flyboard, kalian akan dipandu oleh seorang instruktur yang akan mengajari cara kerja papan tersebut. Jadi kalian tidak perlu khawatir jika belum pernah sama sekali mencoba flyboard. Hanya perlu 5 menit mendengarkan penjelasan dari instruktur, kalian sudah bisa terbang dan melakukan berbagai manuver dengan flyboard. Walaupun demikian, tetap dibutuhkan skill keseimbangan dan kontrol tangan supaya aktivitas ekstrem ini tetap aman dilakukan.
Demikian informasi mengenai cara kerja flyboard. Semoga bermanfaat!