Wisata Paralayang Terpopuler
Paralayang adalah olahraga petualangan rekreasi dan kompetitif dari paraglider terbang.
Paralayang adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan parasut. Olahraga ini bisa disebut sebagai olahraga ekstrem karena kamu hanya memiliki 1 alat, parasut, untuk dapat terbang tinggi. Sementara, kamu dianjurkan untuk berolahraga paralayang pada bulan-bulan di awal tahun yaitu bulan Januari-April. Hal tersebut dikarenakan biasanya musim hujan sudah selesai dan mulai berganti ke musim panas. Namun, untuk melakukan olahraga ini, diperlukan pengawasan langsung dari para ahlinya untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.
Berikut lokasi paralayang terbaik dan ter-hits di Indonesia:
1. Bukit Santiong, Subang
Sejuknya udara di daerah di Jawa Barat ini menjadikan Subang sebagai salah satu lokasi paralayang di Indonesia yang terpopuler. Selain ada pemandian air panas Ciater, ada juga Bukit Santiong Subang. Bukit Santiong berjarak sekitar 29 km dari pusat Kabupaten Subang. Di bukit ini, kamu bisa menikmati pemandangan di atas bukit yang indah, menaiki gantole (rangkaian besi seperti layang-layang yang diterbangkan dengan mesin atau angin), serta paralayang. Tentu saja, untuk bermain olahraga ekstrem ini kamu harus ditemani oleh ahli. Biaya masuk ke lokasi wisata ini adalah sebesar Rp10.000 per orang, sementara biaya paralayang adalah Rp400.000 per orang.
2. Bukit Paralayang Watugupit, Yogyakarta
Bukit Paralayang Watugupit di Jogja menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Pemandangan alam yang indah tersebut berada di Bantul, Daerah Istimewa, Yogyakarta, tepatnya di area wisata Pantai Parangtritis. Total biaya masuk ke tempat ini, kamu akan dikenakan tarif Rp5.000 per orangnya. Di obyek wisata ini, kamu bisa melihat hamparan Pantai Parangtritis yang menakjubkan. Jika datang pada waktu sore hari, kamu juga bisa menikmati sunset yang tentunya sangat menawan. Untuk itu, buat kamu yang tengah berada di Jogja, wajib mengunjungi wisata paralayang satu ini.
3. Gunung Mas Bogor
Salah satu wisata paralayang yang wajib dikunjungi adalah Gunung Mas Bogor. Tidak hanya dapat bermain paralayang, para pengunjung juga bisa menikmati panorama alam yang indah dan memesona. Banyak sekali fasilitas di obyek wisata Gunung Mas Bogor, mulai dari kolam renang, flying fox, lapangan volley, dan masih banyak lagi. Wisata alam ini berada di Jl. Raya Puncak 8 Km, Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Para pengunjung. Adapun harga tiket masuk di kawasan Gunung Mas Bogor relatif murah, yakni Rp6.000/orang. Untuk itu, buat kamu yang berada di Jawa Barat tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat ini.
4. Gunung Panten, Majalengka
Gunung Panten Majalengka menjadi salah satu obyek wisata paralayang terbaik di Indonesia. Wisatawan yang berkunjung di tempat ini bisa menikmati pemandangan dataran tinggi wisata paralayang, sambil menikmati suguhan kerlip lampu yang bercahaya dari pusat Kota Majalengka. Selain pemandangan kotanya yang dikagumi warga, kawasan ini juga menyediakan sejumlah spot Instagrammable seperti lampu berbentuk cinta yang menyala terang dan menghadap ke arah cahaya lampu kota. Untuk berkunjung ke sini, pengelola menyediakan tiket masuk dengan harga yang terjangkau yakni Rp10.000 dengan fasilitas parkir yang juga luas. Buat kamu yang sedang berada di Majalengka, tidak ada salahnya mengunjungi destinasi wisata alam yang menakjubkan ini.
5. Puncak Lawang, Sumatra Barat
Dari pusat Kota Bukittinggi, kamu perlu menempuh jarak 22 km menuju Puncak Lawang. Salah satu puncak dataran tinggi di Kabupaten Agam ini memiliki ketinggian 1.210 mdpl. Pemandangan yang dapat kamu nikmati jika bermain paralayang di Puncak Lawang adalah Danau Maninjau yang indah. Selain itu, Puncak Lawang sering menjadi lokasi kejuaraan internasional paralayang. Bahkan, Puncak Lawang juga pernah dinobatkan sebagai salah satu lokasi paralayang terbaik di Asia Tenggara. Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini adalah Rp10.000 per orang, sementara tarif wahana paralayangnya adalah sebesar Rp600.000. Selain wahana paralayang, terdapat fasilitas wisata lainnya yang bisa pengunjung lakukan, mulai dari jembatan goyang, arum jeram, jembatan ban, dan flying fox.
6. Matantimali, Palu
Berada di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut, Marantimali merupakan salah satu lokasi terbaik di Desa Wayu, Palu, Sulawesi Tengah. Dengan ketinggian tersebut, tempat ini juga menjadi langganan perlombaan paralayang internasional. Harga yang ditawarkan untuk mencoba terbang relatif terjangkau, sekitar Rp350 ribu - Rp600 ribu.
Nah itulah wisata paralayang terpopuler di indonesia. Semoga bermanfaat!