Jenis Olahraga Air
Olahraga air bisa dibilang sebagai salah satu aktivitas yang menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan fisik.
Olahraga sudah jadi kebutuhan hidup yang utama. Rutin bergerak atau berolahraga sangat penting, terlebih gaya hidup saat ini nggak mungkin jauh dari stres, polusi, dan junk food yang mengundang penyakit. Berolahraga tuh bukan hanya untuk kesehatan tubuh namun juga untuk melatih kekuatan fisik. Olahraga juga memiliki berbagai jenis dan cabang, dan didalamnya termasuk juga olahraga air. Sesuai namanya, olah raga air ini tentunya dilakukan di air. Jika sudah berbicara mengenai olahraga air, umumnya setiap orang akan langsung teringat dengan yang namanya renang.
Renang memang salah satu jenis olahraga air yang paling banyak digemari dan tentunya memiliki banyak manfaat, selain itu renang cukup mudah untuk dilakukan dan juga tidak memerlukan peralatan yang khusus. Namun tahukah Anda, selain renang masih ada begitu banyak jenis olahraga air lainnya yang tentunya sangat menyenangkan dan bahkan sering diperlombakan hingga tingkat nasional dan internasional.
Berikut ini beberapa jenis olahraga air lainnya yang dapat Anda lakukan, baik secara individual maupun berkelompok:
1. Scuba Diving
Scuba Diving merupakan olahraga menyelam yang dibantu oleh peralatan sebagaimana kata ‘scuba’ yang merupakan singkatan dari self-contained underwater breating apparatus. Olahraga menyelam ini termasuk olahraga berat sebab tanpa disadari pada saat melakukan olahraga ini, hampir seluruh otot utama tubuh bergerak melawan resistensi air laut. Tak hanya itu, olahraga ini juga mampu melatih pernapasan dan menghilangkan stres.
2. Arung jeram
Olahraga air satu ini dikenal sebagai olahraga ekstrem. Namun, ini bukan menjadi penghalang untuk menyerah. Arung jeram justru menjadi salah satu olahraga air yang disukai karena dapat melatih otot tangan dan keseimbangan tubuh. Mengarungi aliran sungai yang deras juga menjadi cara seru untuk membuat perasaan lebih bahagia. Coba uji ketangkasan kamu dengan bermain arung jeram di Arus Liar Sungai Citarik, Sukabumi. Tempat ini cocok untuk kamu yang berpengalaman karena menawarkan tingkat kesulitan menantang. Bagi pemula, kamu tetap bisa menikmati rute pendek sekitar 5 km dengan dipandu instruktur berpengalaman. Perjalanan menyusuri sungai dijamin aman karena setiap pengunjung dilindungi asuransi dan peralatan dengan standar keamanan internasional.
3. Selancar
Dari semua olahraga air, ini mungkin yang paling seru. Lo perlu berlatih keras sebelum bisa berselancar sekeren Kelly Slater. Tapi, nggak ada salahnya coba, karena olahraga ini memacu adrenalin, menjaga keseimbangan tubuh di tengah gulungan ombak, dan melatih kesabaran dalam mencari gelombang ombak. Nanti kalau udah jago, baru deh, beli papan selancar sendiri. Papan selancar punya ukuran cukup besar dan butuh space besar untuk disimpan dalam rumah.
4. Snorkeling
Olahraga sambil menikmati pemandangan alam yang indah, siapa yang akan menolaknya? Ini justru menyenangkan, terlebih lagi snorkeling baik untuk kebugaran tubuh. Faktanya, bergerak di dalam laut jauh berat dan tubuhmu pun harus melawan arus di permukaan laut yang cukup kuat.
5. Polo Air
Tahu nggak, Solo sempat jadi kota dengan fasilitas olahraga yang terbaik di Indonesia pada tahun 1948? Semua berkat keberadaan Stadion Sriwedari yang saat itu dilengkapi dengan fasilitas kolam renang. Jenis olahraga ini masuk dalam kategori olahraga nasional, loh! Kalau lo suka olahraga bola, lo bakal suka jenis olahraga dalam air ini. Polo air adalah olahraga yang dilakukan di kolam renang dan perlu kerjasama tim yang solid. Olahraga ini juga bisa dibilang paling lengkap karena menggabungkan teknik renang, sepak bola, gulat, dan kegesitan melempar bola basket.
6. Kano
Olahraga yang satu ini termasuk kategori olahraga mendayung. Kano atau yang biasanya di Indonesia disebut dengan istilah perahu jukung memiliki bentuk yang cukup unik. Bagian atasnya terbuka, namun juga bisa diberi penutup jika penggunanya menginginkan. Selain itu, kedua ujung kano berbentuk lancip. Sebagaimana dengan olahraga dayung lainnya, kano juga menggunakan dayung yang akan digerakkan oleh penggunanya. Umumnya, dayung yang digunakan untuk olahraga kano biasanya hanya terdiri dari satu blade, ini tentunya dipengaruhi oleh badan kano yang cukup lebar dan berat sehingga susah jika menggunakan jenis dayung double blades.
7. Ski Air
Masih termasuk olahraga yang menantang nyali, ski air dimainkan dengan menggunakan papan yang kemudian ditarik dengan perahu. Bagi mereka yang pemula dan masih belum bisa menjaga keseimbangan untuk meluncur dengan papan, maka biasanya akan menggunakan tubing terlebih dahulu untuk melatih keseimbangannya. Ski salju sudah ada sejak tahun 1922, yang ditemukan oleh Ralph Samuelson bersama saudaranya ketika ia masih berumur 18 tahun.
8. Flyboard
Flyboard adalah olahraga air yang saat ini cukup nge-trend terutama dikalangan anak muda. Olahraga ini mungkin bisa dibandingkan dengan wakeboard dan olahraga air lainnya yang sejenis. Flyboard adalah kombinasi dari jet ski, ski air, snowboard, dan acrobatic dive yang pertama kali diperkenalkan oleh Franky Zapata, seorang pria asal Prancis dan merupakan mantan atlet jet ski profesional.
Nah itulah beberapa olahraga air yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!