Teknik Bermain Tenis
Siapa yang tidak kenal dengan permainan tenis lapangan? Disebut juga dengan istilah tenis, dan termasuk jenis olahraga di dalam kategori permainan.
Sama seperti bulu tangkis, permainan tenis juga membutuhkan raket. Hanya saja tidak memerlukan kok melainkan diganti dengan bola khusus tenis.
Sebagai olahraga dan permainan yang sangat terkenal, maka olahraga ini diminati oleh banyak orang di Indonesia dan dunia. Bahkan sudah banyak kejuaraan berskala internasional digelar untuk mengadu keterampilan bermain tenis lapangan. Jika tertarik dengan olahraga satu ini maka bisa mengenalnya secara lebih detail.
Pengertian Permainan Tenis Lapangan
Hal pertama yang perlu dipahami atau diketahui dari permainan tenis lapangan adalah pengertiannya. Tenis lapangan merupakan sebuah permainan atau sebuah olahraga yang menggunakan raket sebagai alat pemukul bola agar melewati net yang diletakan di tengah lapangan.
Selain itu, tenis lapangan juga didefinisikan sebagai permainan bola kecil yang menggunakan bola dan juga raket. Secara etimologi atau asal kata, tenis berasal dari kata tenez yang merupakan bahasa Perancis. Permainan satu ini kemudian bisa dimainkan di lapangan dengan berbagai karakter dimulai dari lapangan rumput, semen, dan tanah liat.
Sehingga tenis kemudian bisa dimainkan di luar ruangan dengan kondisi lapangan yang beragam. Namun tetap disesuaikan dengan aturan, misalnya terkait pembuatan garis pada lapangan dan dibagi menjadi dua. Pada bagian tengah lapangan kemudian dipasang net atau semacam jaring yang membagi area antar dua pemain yang bertanding.
Nyaris mirip dengan bulu tangkis, permainan tenis lapangan juga bisa dimainkan oleh pemain secara tunggal dan ganda. Fokus utamanya adalah memukul bola agar jatuh di dalam area pemain lawan sekaligus tidak keluar. Sehingga bisa menambah skor untuk memenangkan permainan.
Sampai saat ini, tenis lapangan menjadi olahraga atau cabang olahraga yang diakui oleh dunia apalagi mendukung kesehatan. Banyak asosiasi atau organisasi internasional dan nasional dibentuk dan kemudian diakui di seluruh dunia. Selain itu, ada banyak ajang pertandingan bertaraf nasional dan internasional digelar untuk tenis yang diikuti oleh sejumlah negara.
Teknik Dasar
Berikutnya adalah mengenai teknik dasar di dalam permainan tenis lapangan yang mencakup beberapa poin , yang akan membantu kalian memahami olahraga tenis lapangan ini,teknik itu meliputi :
1. Sikap Badan
Teknik dasar yang pertama adalah sikap badan, sesuai dengan arti kata tenis yang berarti bersiap. Pemain selama permainan berlangsung harus selalu dalam posisi siap. Yakni siap untuk menunggu bola datang dan mengembalikan service dari lawan. Berikut detail sikap siap selama permainan:
• Badan sedikit dibuat membungkuk dan posisi kaki sejajar yang ditekuk di bagian lutut.
• Memegang raket dengan benar dan diletakan di bagian depan atau di tengah untuk memudahkan pemain mengarahkan raket ke segala arah sesuai hasil pukulan lawan.
• Tangan saat memegang raket idealnya adalah dipegang dengan kedua tangan dimana tangan kiri memegang leher raket, sementara tangan kanan memegang bagian bawah raket.
• Kepala raket diusahakan setinggi bahu.
• Jika bola yang datang dari lawan bergerak dengan cepat maka raket diletakan lebih rendah kurang dari pinggang agar lebih mudah menangkis bola tersebut.
2. Memegang Raket
Dalam tenis lapangan, memegang raket menggunakan teknik khusus. Teknik ini dibuat agar raket bisa dipegang dengan kuat sekaligus memudahkan raket untuk diayun ke segala arah tanpa kendala. Ditambah, bisa menambah kekuatan saat memukul raket agar bola bisa sampai ke area lawan dan mencetak skor.
Adapun teknik dalam memegang raket di dalam permainan tenis lapangan ini ada 4 (empat) jenis. Yaitu:
• Eastern Grip
Teknik ini ditunjukan dengan memegang raket memakai kedua tangan, dimana telapak tangan diletakan di bagian belakang raket. Kemudian semua jari tangan melingkar di gagang raket tersebut. Posisi ini efektif untuk mempertahankan posisi raket agar tidak bergoyang dan mudah diarahkan.
• Continental Grip
Teknik kedua adalah continental grip ditunjukan dengan memegang raket memakai kedua tangan, dimana gagang raket ada diantara telunjuk dan ibu jari. Sedangkan telapak tangan dan jari-jari tangan memegang gagang raket secara keseluruhan. Teknik ini ideal untuk memukul bola yang dikirim lawan.
• Western Grip
Teknik ketiga dalam memegang raket tenis lapangan adalah western grip. Teknik ini ditunjukan dengan memegang raket memakai tangan kiri. Kemudian telapak tangan diletakan di bawah pegangan raket, jari-jari tangan kemudian membungkus pegangan raket tersebut.
• Semi Western Grip
Terakhir adalah semi western grip yang ditunjukan dengan cara menggenggam raket seperti sedang bersalaman. Teknik ini adalah teknik yang paling unik karena berbeda dengan teknik memegang raket lainnya.
3. Memukul Bola
Berikutnya adalah terkait cara atau teknik dalam memupuk bola. Dalam permainan tenis lapangan teknik memukul bola terbagi menjadi 3 (tiga) teknik, berikut detailnya:
• Pukulan Service
Pertama adalah pukulan service yang merupakan pukulan untuk mengawali permainan. Pemain akan memegang bola di satu tangan dan tangan lainnya memegang raket yang didorong ke belakang lalu diayun ke depan. Bola harus masuk ke area lawan dan tidak boleh keluar maupun tersangkut di net.
• Pukulan Forehand dan Backhand
Teknik berikutnya adalah forehand dan juga backhand yang digunakan untuk menyiapkan badan maupun paket menerima bola yang dipukul oleh lawan. Teknik ini dipraktekan sejak bola dipukul oleh raket lawan.
• Pukulan Volley
Teknik terakhir adalah pukulan volley, yakni memukul bola setelah memantul di permukaan lapangan. Jika dilakukan di dekat net maka bisa mencetak skor karena susah ditangkis oleh lawan.
Itulah beberapa teknik dasar yang harus di pahami sebelum menekuni olahraga tenis lapangan.