Manfaat Air Tebu
Air tebu adalah minuman manis alami yang dibuat dengan cara memeras batang tebu. Sari tebu yang terkumpul lalu disaring terlebih dulu sebelum dikonsumsi.
Kamu dapat membuatnya sendiri atau membelinya secara botolan atau di pedagang kaki lima.
Meskipun merupakan bahan baku gula pasir yang umum dikonsumsi, minuman air tebu bisa dibilang lebih menyehatkan daripada air gula biasa. Ini karena tebu mengandung zat gizi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral.
Air tebu juga mengandung senyawa sukrosa, fruktosa, dan banyak varietas glukosa lainnya dengan total 13 gram serat makanan. Air yang memiliki cita rasa manis ini juga kaya serat makanan dan menyediakan senyawa polifenol. Kandungan tersebut dapat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengurangi stres oksidatif.
Selain baik untuk kesehatan tubuh, air tebu juga mengandung asam glikolat yang memberikan efek antioksidan pada kulit. Jika mengonsumsi air tebu secara teratur, maka kamu dapat mencegah radang dan infeksi kulit, memperbaiki penampilan kulit, dan mengurangi tanda penuaan sehingga terlihat awet muda.
Masih ada banyak manfaat dari air tebu. Berikut selengkapnya!
-. Tidak Mengandung Indeks Glikemik Tinggi
Indeks glikemik mengukur kecepatan makanan dalam meningkatkan gula darah dalam tubuh. Indeks glikemik tertinggi, diukur dengan angka 100. Sementara itu, jus air tebu hanya memiliki indeks glikemik 43.
Menurut Asosiasi Diabetes Amerika Serikat, tebu masuk ke dalam golongan makanan dengan indeks glikemik rendah. Maka dari itu, potensi tebu untuk menaikkan kadar gula darah dalam tubuhmu semakin kecil.
Entah dikonsumsi secara utuh atau diambil sarinya, tebu juga menjadi pengganti gula yang sangat baik. Namun tetap saja, kamu dilarang untuk mengonsumsi tebu berlebihan. Sebab, gula dari tebu (fruktosa dan glukosa), lebih lambat diserap tubuh, dibandingkan gula sukrosa.
-. Mencegah Diabetes
Manfaat air tebu yang kedua dapat mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena kandungan gula alami yang terdapat di dalam tebu memiliki indeks glikemik yang cukup rendah jika dibandingkan dengan gula olahan. Sehingga kandungan tersebut sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Di samping itu, air tebu juga dapat membantu menurunkan dan mengontrol gula darah jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedang. Akan tetapi, bagi penderita diabetes tipe 2 sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi air tebu.
-. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Jika kamu rajin mengonsumsi air tebu tentu akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu di antaranya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada tebu dapat membuat kamu terhindar dari beberapa penyakit serius, seperti kanker prostat dan kanker payudara.
-. Mencegah Penyakit Kanker
Kanker merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Oleh karena itu, sejak dini harus mulai melakukan upaya pencegahan. Salah satu cara alternatif dan efektif mencegah penyakit kanker adalah mengonsumsi air tebu.
Air tebu mengandung protein, vitamin C hingga zat besi yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel.
Sehingga air tebu dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung. Mengonsumsi air tebu secara rutin dan teratur sangat efektif menurunkan risiko penyakit kanker.
-. Membuat Tubuh Menjadi Rileks dan Mengurangi Stres
Air tebu mengandung asam amino yang dapat membuat tubuh kamu terasa lebih rileks dan mengurangi kadar hormon stres. Asam amino juga dapat membantu kamu memiliki waktu tidur yang lebih berkualitas, sehingga tidur kamu lebih nyenyak dan pikiran kamu menjadi lebih tenang.
Air tebu memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, patut diingat bahwa minuman ini mengandung banyak gula. Satu cangkir air tebu mengandung 50 gram gula yang hampir setara dengan lima sendok makan.
Meskipun air tebu memiliki IG yang rendah, penderita diabetes maupun orang yang berisiko tinggi mengalami diabetes sebaiknya menghindari minuman ini.