Fakta Es Kopi Susu
Es kopi susu merupakan salah satu minuman favorit lintas generasi di Indonesia.
Kopi susu merupakan minuman yang terdiri dari campuran kopi dan susu. Biasanya susu yang digunakan untuk kopi susu kekinian adalah susu segar. Sedangkan kopi yang digunakan bisa bermacam-macam tergantung permintaan dari pelanggan. Meskipun sudah muncul dari beberapa waktu yang lalu, namun tidak membuat popularitas es kopi susu jadi meredup. Justru sekarang semakin banyak kedai es kopi susu yang bermunculan. Berikut fakta menarik es kopi susu:
1. Cita rasa kopi susu kekinian
Cita rasa dari kopi susu tentunya berbeda-beda di setiap kedai kopi. Hal tersebut tentunya di dasari oleh penggunaan jenis kopi yang juga berbeda-beda. Berbeda dengan kopi susu yang sachet atau siap jadi, kopi susu kekinian cenderung lebih menonjolkan taste dari kopi itu sendiri. Jadi yang dominan bukan lagi susu.
Kopi susu kekinian juga memiliki komposisi yang berbeda-beda tergantung standar dari kedai kopi maupun permintaan konsumen. Ada yang menggunakan komposisi 70% kopi arabika, 30% kopi robusta lalu ditambahkan susu segar. Komposisi tersebut tentunya tidak menjadi patokan dari kopi susu kekinian yang beredar di Indonesia. Sehingga cita rasa yang dimiliki kopi susu disetiap kedai kopi berbeda-beda. Baik dari segi aroma, rasa, dan lain sebagainya.
2. Menggunakan Gula Aren
Berbeda dengan minuman pada umumnya, es kopi susu umumnya menggunakan gula aren atau palm sugar sebagai pemanisnya. Gula aren dipilih karena dipercaya dapat menghasilkan cita rasa unik dan berbeda dibandingkan dengan minuman yang menggunakan jenis gula lain. Jadi, nggak salah kalau manis yang dihasilkan dari segelas kopi susu terasa lebih autentik dan berbeda.
3. Membantu Petani Kopi Lokal
Seperti yang kita tahu, es kopi susu umumnya berasal dari beans atau biji kopi lokal seperti Aceh,Toraja, Bali, Jawa dan lain sebagainya. Tentunya hal ini sangat membantu bagi para petani biji kopi lokal sekaligus menunjukan bahwa cita rasa kopi dari biji kopi lokal bisa bersaing dengan biji kopi Mancanegara.
4. Salah satu varian paling laris dibeli
Kopi Susu merupakan salah satu kopi yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia cocok dan menyukai cita rasa dari Kopi Susu Kekinian. Selain itu harga Kopi Susu Kekinian ini memiliki harga yang relatif terjangkau. Jadi tidak heran bila kopi susu kekinian merupakan salah satu varian paling diminati pelanggan.
5. Dapat Membuat Ketagihan
Cita rasa manis, pahit dan sedikit asam yang dihasilkan es kopi susu mungkin akan terasa aneh di lidah pecinta kopi pahit. Namun bagi beberapa orang yang tidak menyukai kopi pahit, es kopi susu ini bisa menjadi salah satu alternatif. Nah, hal ini yang mungkin bisa membuat seseorang ketagihan dengan rasa manis yang dihasilkan dari es kopi susu.
6. Sejarah kopi susu
Berdasarkan beberapa sumber menyebutkan Kopi susu pertama kali diperkenalkan ke Rhode Island di awal tahun 1930-an. Kopi susu muncul dari restoran kreatif dan operator apotek mencoba untuk menarik pelanggan baru dengan minuman kreatif.
Sementara itu Kopi susu sudah ada di Indonesia sejak tahun 1927, tepatnya di Kawasan Glodok, Jakarta. Lebih dikenal dengan Kopi Es Tak Kie, Tak Kie diambil dari kata tak dan kie. “Tak” memiliki arti Bijaksana, sederhana, dan apa adanya. Sedangkan “Kie” memiliki arti mudah diingat oleh orang. Kedai ini didirikan oleh seorang perantau dari China bernama Liong Kwie Tjong. Dilansir dari food.detik, untuk mencoba es kopi susu di kedai ini anda cukup mengeluarkan Rp 11.000 untuk satu porsinya.
Nah itulah fakta menarik es kopi susu. Semoga bermanfaat!