Manfaat Buah Sirsak
Buah sirsak (Annona muricata) banyak ditemukan di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Buah ini sering dikonsumsi langsung atau dijadikan jus, puding, atau campuran es buah.
Tidak hanya daging buahnya, bagian lain dari tanaman sirsak, seperti batang, akar, dan daun sirsak, juga kerap digunakan sebagai obat tradisional.
Buah sirsak memiliki ciri kulit berwarna hijau dengan permukaan tidak rata seperti duri-duri kecil yang tumpul. Buah ini sangat nikmat untuk dimakan, dengan daging buah yang berwarna putih walaupun memiliki banyak biji.
Namun, sirsak tak hanya lezat untuk dikonsumsi. Buah ini ternyata memiliki berbagai manfaat, yang mungkin sebelumnya tak pernah kita sangka. Sejumlah penelitian menemukan bahwa sirsak dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit.
Berikut ini beberapa manfaat sirsak yang sebaiknya kita ketahui.
-. Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang pertama adalah untuk sistem kekebalan tubuh. Buah sirsak mampu mencegah penyakit akibat serangan virus sperti flu, herpes dan lainnya.
Penelitian dari BioMed Research International yang menunjukkan bahwa kandungan vitamin C yang ada pada buah sirsak mampu meminimalkan flu. Dengan mengonsumsi buah sirsak secara rutin dipercaya mampu memperbaikin sistem kekebalan tubuh sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.
Selain dibarengi dengan pola hidup yang sehat, kamu juga bisa mengonsumsi buah sirsak secara rutin untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.
-. Ampuh Mencegah Kanker dan Tumor
Mskcc.org melaporkan bahwa jus sirsak mengandung antioksidan tinggi jenis alkaloid, saponin, terpenoid, flavonoid, kumarin, lakton, antrakuinon, tanin, kardiak glikosida, fenol, serta fitosterol. Kandungan tersebut akan memberikan khasiat buah sirsak yang mampu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker atau tumor.
Vitamin C dalam jus sirsak juga dapat menghambat adanya sel-sel kanker dan dapat mengurangi efek dari kemotrerapi.
Penelitian dari Tepic Institute of Technology (Meksiko) menemukan senyawa acetogenin dalam jus sirsak dapat memperkecil ukuran tumor. Senyawa tersebut akan memotong aliran darah sehingga tak sampai masuk ke dalam sel abnormal. Sehingga sel abnormal tidak dapat berkembang biak.
-. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Manfaat buah sirsak juga bisa dirasakan oleh sistem pencernaan kita nih.
Ini dikarenakan kandungan serat sirsak baik dan juga dalam jumlah tinggi persajiannya. Melansir Prevention, satu cangkir buah sirsak sama dengan 7,4 gram serat.
Kandungan serat pada sirsak dapat membantu mengatasi sembelit dan mengurangi peradangan pada usus maupun lambung.
Makanan berserat seperti sirsak juga bisa memperlambat pencernaan dan menjaga kestabilan kadar gula darah. Tidak hanya itu, manfaat buah sirsak yang tidak kalah penting adalah menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh.
-. Cegah Kerusakan Hati
Kadar bilirubin yang tinggi mengindikasikan kerusakan atau penyakit hati. Sebuah penelitian menyebutkan sifat sirsak yang bisa menurunkan hepatoprotektif dan bilirubin. Hal ini dapat bermanfaat untuk melindungi hati dari toksisitas karbon tetraklorida dan asetaminofen.
-. Mengatasi Diabetes
Sirsak dapat membantu menurunkan konsentrasi glukosa darah bila diminum setiap hari selama dua minggu. Selain itu, sirsak memiliki sifat antidiabetes dan hiperlipidemia. Efek antioksidan dari sirsak juga bisa melindungi sel beta pankreas dari kerusakan oksidatif yang merupakan penyebab utama diabetes tipe 1.
-. Meredakan Stres
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Rutgers University Libraries, sifat anti-inflamasi yang dimiliki sirsak dapat menenangkan seseorang yang sedang sulit tidur.
Selain itu, sirsak juga dapat membantu menghilangkan stres sehingga terhindar dari gangguan dan kerusakan metabolisme tubuh. Efek menenangkannya juga dapat membantu mengatasi insomnia.
-. Mengobati Asam Urat
Kandungan pada daun sirsak yang antara lain adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.
Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat, caranya dengan meminum air rebusan daun sirsak. Caranya dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Kamu bisa meminumnya dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.
Demikian manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah sirsak. Semoga bermanfaat!