Kedai Es Krim Legendaris
Es krim selalu jadi camilan nikmat saat suhu begitu panas dan terik matahari menyengat. Es krim sendiri dipercaya sudah dibuat sejak zaman romawi, lho.
Awal mulanya, es krim dibuat dari salju halus yang dicampurkan dengan buah-buahan dan madu. Kemudian, es krim pun semakin berkembang hingga sekarang. Es krim sekarang sudah banyak pilihan jenis dan rasanya.
Beberapa kedai es krim di Indonesia terbilang legendaris karena hadir sebelum Indonesia merdeka, beberapa muncul tak lama setelah Indonesia merdeka. Kedai es krim legendaris di Indnesia ini memberi kenangan bagi para konsumennya, menemani perjalanan hidup lintas generasi. Berikut beberapa kedai es krim legendaris di Indonesia.
1. Toko Oen
Toko Oen dulunya sudah berdiri di kota Yogyakarta pada tahun 1910-an, lalu pindah ke Semarang pada 1936 dan terus eksis hingga sekarang.
Dikenal dengan nuansa Belanda, toko Oen menyajikan es krim legendaris yang bisa dinikmati dengan berbagai cemilan dan kue khas Belanda.
2. Ragusa
Kedai es krim Ragusa telah ada sejak tahun 1932 dan didirikan oleh Ragusa bersaudara. Yaitu Luigi Ragusa dan Vincenzo Ragusa, keduanya merupakan warga asli Italia. Tapi, sekarang kedai tersebut dikelola oleh orang Indonesia. Dikarenakan Ragusa bersaudara berencana kembali ke kampung halamannya, Italia, mereka akhirnya memberikan kedai kepada salah satu karyawan setianya yang bernama Guntoro. Guntoro bersama istrinya, Hj. Sias, mengelola kedai es krim hingga sekarang. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai varian menu seperti banana split, spaghetti ice cream, tutti frutti, dan cassata siciliana.
3. Tip Top
TipTop adalah restoran yang menjual berbagai makanan seperti sarapan, kue, makanan utama, hingga yang populer, yaitu es krim. Restoran yang sudah ada sejak 1934 ini berlokasi di kota Medan. TipTop dikenal legend karena restoran ini tetap mempertahankan cara pembuatan dan penyajian hidangannya sejak dulu hingga sekarang.
4. Tjan Njan
Dikenal pula dengan nama es krim Tjanang. Pertama kali dilucurkan tahun 1951 dengan kedai es krim di daerah Cikini. Sayang kini es krim Tjan Njan tak lagi memiliki kedai. Sejak tahun 1991 kedainya tutup dan lokasinya kini berganti menjadi Hotel Cikini. Namun es krim Tjan Njan tetap bertahan, didistribusikan di beberapa rumah makan daerah Cikini dan Hotel Cikini. Konon Tjan Njan adalah es krim langganan keluarga Soekarno dan Keluarga Cendana.
5. Kedai Es Krim Baltic
Lagi-lagi dari Jakarta Pusat, yang satu ini namanya kedai es krim Baltic yang beralamat di Jalan Kramat Raya No 12, Kwitang, Jakarta Pusat.
Kedai es krim Baltic lahir sejak tahun 1939 yang pada jaman dulu hanya ditujukan pada pelanggan kelas menengah ke atas.
Mengikuti perkembangan zaman, Baltic terus menyajikan es krim nikmat dengan varian rasa kekinian, seperti vanilla oreo, greentea, nougat, rum raisin ice cream dan masih banyak lagi. Coba berbagai kenikmatan rasa es krim dengan berkunjung ke sini.
6. Zangrandi
Masuk ke dalam deretan kedai es krim tertua di Indonesia, Zangrandi, didirikan sejak tahun 1930. Kedai es krim Zangrandi dibangun dan diracik oleh seorang warga berkebangsaan Italia bernama Roberto Zangrandi. Sekarang, kedai es krim ini nggak lagi dikelola oleh Roberto Zangrandi melainkan orang lokal. Rasa es krim recommended yang bisa kamu pilih antara lain es krim soda, tutti frutti, macedonia, durian, dan banana split.