Manfaat Jus Sayur
Bagi Anda yang kurang suka makan sayur, konsumsi jus sayur dapat menjadi pilihan.
Walau jumlah serat dalam jus sayur masih lebih rendah dibanding sayuran utuh, namun jus sayur mengandung vitamin dan mineral penting yang baik untuk kesehatan.  
Saat mempersiapkan jus sayur, Anda bisa bersikap kreatif dalam mengolahnya agar tetap memiliki rasa yang “ramah” di lidah ketika dikonsumsi. Mencampurkan beberapa jenis sayur atau bahan lain, seperti buah-buahan segar, dapat membuat rasa jus sayur lebih nikmat dan bernutrisi saat dikonsumsi.
1. Tingkat Gizi Lebih Tinggi
Meminum jus sayur akan lebih sehat daripada memakannya saja.
Hal tersebut memiliki alasan tersendiri yaitu, tubuh akan menyerap nutrisi dengan cara yang jauh lebih baik ketika sayuran dikonsumsi dalam bentuk jus.
Secara alami, meminum jus akan memasok tubuh dengan nutrisi dan antioksidan yang tinggi.
2. Jus Sayur Bisa Menyerap Nutrisi Lebih Baik
Jus sayuran akan membantu tubuh menyerap nutrisi yang dibutuhkannya.
Ketika kamu memakan sayuran, tubuh membutuhkan waktu untuk memisahkan nutrisi dari serat kemudian, menyerapnya untuk berbagai fungsi.
3. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi
Cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah membuat jus sayuran segar di pagi hari sebagai pengganti sarapan atau makan malam.
Tubuh kamu akan tetap terhidrasi sehingga selalu aktif dan muda kembali.
4. Menjaga kesehatan kulit
Jus sayur juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin dan antioksidan di dalam sayuran hijau, bisa membantu mencegah jerawat, tanda penuaan dini, serta mencerahkan kulit wajah.
6. Mengurangi rambut rontok
Beberapa jenis sayuran bisa membantu mengurangi rambut rontok dan menstimulasi pertumbuhan rambut, loh. Namun, pastikan kamu memilih sayuran berdaun hijau, seperti kembang kol dan bayam.
Ragam Pilihan Jus Sayur
Bagi Anda yang masih enggan untuk mengonsumsi jus sayur karena ragu akan cita rasanya, resep jus sayur berikut ini patut untuk dicoba. Jus sayur yang dikombinasikan dengan buah atau sayur lainnya cenderung memiliki cita rasa yang lebih enak lidah.
Berikut ini beberapa resep jus sayur yang bisa Anda coba di rumah:
1. Tomat
Tomat merupakan salah satu jus sayur favorit banyak orang. Selain karena warnanya yang menarik dan rasanya yang enak, jus tomat juga diyakini memiliki berbagai macam manfaat. Salah satunya adalah menunjang kesehatan jantung, karena kandungan magnesium, kalium, dan antioksidan di dalamnya.
Meski tidak dianjurkan untuk menambahkan banyak gula pada jus tomat, Anda bisa mencampurkan dengan sayuran dan buah lainnya, seperti seledri, wortel, buah bit, atau jeruk. Mengombinasikan tomat dengan sayur atau buah lainnya tidak hanya membuat cita rasanya lebih bervariasi, tetapi juga menambah nutrisi di dalamnya.
2. Wortel
Wortel mengandung berbagai macam nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin K, biotin, kalium, dan karoten, sehingga dapat menjadi pilihan jus sayur yang bermanfaat. Wortel memiliki warna yang menarik dan rasa yang cukup manis, sehingga banyak orang yang menyukai jus wortel.
Namun bagi Anda yang kurang menyukai cita rasa dari wortel, jus wortel yang dipadukan dengan bahan lain, seperti apel dan jeruk, dapat menjadi pilihan. Kedua buah-buahan ini dapat membuat cita rasa dari jus wortel menjadi lebih manis dan tidak terlalu getir. Bahkan campuran ketiga bahan tersebut diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.