Manfaat Sarapan Sereal
Sarapan memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Ini adalah waktu makan yang sangat penting dalam menghadapi berbagai aktivitas sepanjang hari.
Namun, pernahkah Anda berpikir untuk mengganti sarapan Anda dengan semangkuk sereal? Sereal yang dimaksud tentu sereal sehat yang terdiri dari gandum atau biji-bijian utuh tanpa pemanis buatan atau campuran bahan kimia lainnya. Ini karena sarapan sereal tersebut memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.Sarapan membuat metabolisme dalam tubuh kamu menjadi lancar, serta membantu kamu membakar kalori sepanjang hari. Selain itu, sarapan juga memberimu energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sesuatu dan membantu kamu fokus saat beraktivitas.
Sereal digunakan untuk membuat berbagai bentuk roti, pasta kue, dan banyak makanan ringan lainnya. Mereka populer tidak hanya karena lezat tetapi juga karena sangat bergizi. Sereal gandum adalah tambahan yang bagus untuk diet kita, terutama saat sarapan.
1. Sumber energi yang baik
Sereal adalah sumber energi karena dapat memberi kita hingga 30 persen dari total kalori dalam makanan. Mereka mungkin merupakan makanan berkalori yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Persentase mungkin berbeda dari satu negara ke negara lain. Faktor utama di balik popularitas mereka mungkin karena lebih murah daripada kebanyakan sumber nutrisi lainnya.
2. Baik untuk anak-anak
Anak-anak membutuhkan banyak nutrisi dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi untuk anak yang sedang lincahnya bermain dan aktif melakukan banyak hal nutrisi penting untuk menjaga tingkat energi mereka tetap utuh. Makan sereal setiap hari juga memastikan bahwa anak-anak mengonsumsi sekitar 10 persen serat setiap hari.
Selain itu, sarapan dengan sereal juga memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan konsumsi susu pada anak-anak.
3. Membantu Pencernaan
Manfaat makan sereal untuk sarapan yang kedua yaitu untuk membantu pencernaan. Sereal sarapan paling sehat adalah biji-bijian, karena biji-bijian merupakan sumber serat makanan yang sangat baik.
Selain membantu melancarkan buang air besar, serat makanan juga membantu kesehatan pencernaan. Hal tersebut dilakukan dengan dua cara: yang pertama, menormalkan waktu transit usus (jadi tidak ada lagi sembelit), dan kedua, menguntungkan bakteri baik di saluran pencernaan kita karena kandungan prebiotiknya.
4. Membantu mengatasi sembelit
Sereal mengandung serat larut dan tidak larut. Ini termasuk selulosa, pektin, dan hemiselulosa. Diet tinggi serat memiliki kaitan dengan kesehatan pencernaan yang baik. Mereka meningkatkan jumlah tinja dan membuatnya lebih lunak sehingga lebih mudah bagi tubuh untuk melewatinya.
Itu membantu dalam menyingkirkan kanker. Kita juga dapat mencegah kanker dengan mengonsumsi sereal dalam jumlah yang cukup banyak. Memakannya memastikan bagian dalam tubuh bersih dan kanker usus besar menjauh dari kita.
5. Mengurangi risiko penyakit jantung
Salah satu kandungan yang kaya dalam sereal adalah serat. Serat sangat penting untuk fungsi tubuh yang optimal. Salah satunya adalah mencegah penyakit jantung yang bisa berakibat fatal.
Mengonsumsi serat yang cukup setiap kali makan dapat mengurangi risiko penyumbatan arteri jantung dan juga membantu pencernaan.