Cara Bermain Biola
Biola merupakan alat musik yang berbentuk hampir sama dengan gitar, perbedaannya adalah untuk memainkan biola harus menggunakan busur agar dapat membuyikan dengan dawai/senar.
Apabila kamu ingin belajar bermain biola. Terdapat beberapa hal penting yang kamu perlu perhatikan. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai cara bermain biola bagi pemula yang mudah untuk dilakukan.
1.Mengenal bagian-bagian biola
Biasanya ketika kamu akan mempelajari suatu alat, maka kamu diharuskan untuk mengenali bagian-bagian dan fungsinya dari alat tersebut. Bagian-bagian biola bisa dilihat pada gambar di bawah ini:
Scroll
Berfungsi sebagai tempat bersandarnya tanganmu ketika menyetem biola agar lebih nyaman.
Pegbox
Berfungsi sebagai pengikat senar sekaligus pengatur nada (tuning) di setiap senar.
Neck
Berfungsi sebagai alat tumpu, yaitu untuk menahan fingerboard dan menyatukan tubuh dan bagian kepala biola.
Fingerboard
Berfungsi untuk menempatkan jari-jari tangan kiri ketika menekan senar biola. Untuk mengetahui perbedaan antara neck dan fingerboard, biasanya fingerboard ditandai dengan warna hitam. Fingerboard pada biola tidak memiliki fret seperti yang dimiliki pada gitar.
Waist (C-Bout)
Berfungsi untuk memberikan ruang kosong pada pergerakan bow ketika digesekkan.
F holes
Adalah dua lubang berbentuk huruf f yang terdapat pada badan biola yang berfungsi sebagai tempat keluarnya suara dari resonansi bunyi di badan biola.
Bridge
Merupakan bagian terpenting biola karena berpengaruh dalam produksi suara yang bagus. Bridge berfungsi menghantarkan getaran suara dari senar bagian badan biola. Bridge dibuat melengkung untuk menahan senar pada ketinggian tertentu dan agar mempermudah penggesekan. Lengkungan tersebut dibuat dengan penuh ketelitian agar pemisahan senar memiliki jarak gesek.
Fine tuners
Mempunyai fungsi menyetem suara biola, jadi jika biola hanya fals setengah sampai satu nada, maka tuning bisa dilakukan dari sini.
Tailpiece
Berfungsi sebagai tempat meletakkan fine tuners dan juga untuk menahan pangkal senar agar stabil dan pas dengan posisi bridge.
Chinrest
Berfungsi untuk menopang biola dengan dagu dan rahang.
Soundpost
Berada di dalam badan biola di belakang posisi bridge sebelah kanan berupa sebatang kecil dan dapat dilihat dari f hole. Soundpost ini berfungsi untuk menghantarkan getaran dari bridge ke ruang resonansi biola.
2.Belajar membaca not
Ketika teknik dasar sudah kamu pelajari secara detail dan mampu diterapkan dengan lancar, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah belajar membaca not balok. Hal ini sangat penting bagi siapapun yang ingin lihai memainkan alat musik, bukan hanya biola.
Tangga nada yang berisikan do-re-mi-fa-sol-la-si adalah notasi musik yang sangat sederhana sebagai dasar pengetahuan musik. Bukan hanya itu, kamu juga harus bisa membaca not A-B-C dan seterusnya. Agar tidak bosan, kamu bisa memainkan lagu-lagu sederhana untuk memperlancar kamu dalam membaca not.
3.Berlatihlah setiap hari
Sebagai pemula, kamu harus konsisten untuk meluangkan waktu belajarmu setiap hari minimal 15-20 menit. Lagu-lagu sederhana memang terdengar cukup mudah untuk dimainkan, tetapi butuh waktu untuk memainkannya dengan baik karena dalam bermain biola terdapat teknik-teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu.
Jangan bosan dan cepat menyerah untuk terus berlatih karena pada akhirnya hal itu akan membuatmu bisa mempelajari teknik-teknik lainnya dan memainkan lagu-lagu yang sulit.
4.Cara memegang bow (tongkat gesek)
• Letakkan bagian tengah jari telunjuk pada pegangan tongkat (pada bagian yang sedikit empuk) dan jari jempol untuk menahannya pada arah yang berlawanan, sedangkan posisi jari tengah hingga kelilingking sejajarkan dengan jari telunjuk dan posisi jari kelingking agak sedikit melengkung.
• Pegang bow dengan santai sehingga sedikit fleksibel ketika digunakan untuk menggesek senar biola.
5.Cara memegang biola
• Berdiri atau duduklah dengan posisi punggung lurus. Pegang leher biola dengan tangan kiri dan letakkan pantat biola pada tulang bahu dan menempel ke leher kamu.
• Jepit biola dengan tulang rahang kamu (bukan tulang dagu). Fungsinya agar posisi biola dapat stabil dan tidak terjatuh.
Itulah beberapa tips dalam bermain biola , semoga dapat membantu kalian yang sedang menekuni alat musik ini.