Tips Memilih Buah Segar
Sering salah membeli buah yang masih mentah atau justru sudah busuk? Memilih buah segar dan matang memang agak membingungkan, karena jika salah memilih kamu bisa mendapatkan buah yang kualitasnya kurang baik. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai mengenali cara yang tepat untuk memilih buah.
Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai mengenali cara yang tepat untuk memilih buah.Jika dipilih dengan cara yang tepat, diharapkan kamu bisa mendapatkan buah dengan kualitas terbaik. Mulai sekarang jika ingin membeli buah, coba ikuti tips memilih buah-buahan segar dan matang yang akan kit ulas berikut ini.
1.Pilihlah buah yang warnanya cukup cerah
Buah-buahan segar tentu memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan yang sudah mulai membusuk atau sudah tidak layak konsumsi. Maka dari itu, perlu diperhatikan untuk memilih buah yang berwarna yang masih cerah. Apabila warnanya sudah memudar dan berubah menjadi agak kusam, kurang cerah (berubah dari warna sebelumnya) lebih baik tidak kamu pilih.
2.Perhatikan kulitnya
Perhatikan kulit buah, apakah kulit itu masih bagus atau sudah berkeriput dan kering. Misalnya saja jika kamu hendak membeli buah apel, maka pastikan kulit apel tampak segar dan mulus bebas dari kerutan dan kesan kering pada kulitnya. Jika berkeriput dan kering, itu artinya buah yang kamu pilih sudah layu dan sebaiknya tidak Anda beli.
3.Perhatikan tekstur buah
Tekstur buah dapat terlihat secara langsung, tapi bisa juga dengan cara menyentuh atau memegangnya. Buah yang bagus kualitasnya pastinya tidak akan bertekstur terlalu empuk ataupun terlalu keras. Misalnya ketika kamu memutuskan untuk membeli buah sawo, pilihlah tekstur sawo yang tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras. Jika terlalu empuk, bisa jadi sawo rentan busuk atau menuju busuk. Jika terlalu keras, bisa jadi sawo yang dijual belum matang dengan sempurna sehingga rasanya pun tidak akan enak ketika dimakan. Jadi kamu perlu memperhatikannya dengan saksama agar kamu tidak menyesal setelah membelinya.
4.Kerapatan rambut atau duri
Buah yang berambut atau berduri telah layak dipetik untuk dikonsumsi apabila rambut atau durinya telah merenggang.
5.Bunyi ketukan
Semangka dan alpukat yang masih muda bila diketuk dengan jari berbunyi relative lebih nyaring (seperti tepukan di dahi) daripada yang matang (seperti tepukan di dada), atau yang terlalu matang (seperti ketukan di perut).
6.Cium aromanya untuk tahu kualitasnya
Tips memilih buah-buahan yang segar dan matang selanjutnya adalah dengan mencium aroma buah. Buah yang matang dan berkualitas baik biasanya memiliki aroma yang segar dan terkadang cenderung manis. Sedangkan buah yang belum matang biasanya cenderung beraroma sepat atau bahkan tidak memiliki aroma sama sekali. Selain itu, hindari juga buah yang berbau asam dan menyengat karena bisa jadi buah tersebut telah busuk.
Itulah cara-cara memilih buah yang baik dan segar. Tetaplah berpatokan pada tips yang sudah di ulas ini, agar buah yang kamu konsumsi adalah yang segar sehingga tidak mempengaruhi zat gizi dan rasa dari buah tersebut.