Fakta Gula Aren
Ada berbagai macam jenis gula yang digunakan saat ini Salah satunya adalah gula aren.
Minuman kopi gula aren juga menempati daftar menu teratas. Tak hanya itu saja, beberapa kedai minuman kopi ikut menawarkan menu es kopi susu yang dibubuhi gula aren. Gula aren (palm sugar) adalah pemanis yang terbuat dari nira yang ada pada tandan bunga pohon enau. Nira yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Gula ini dikenal sebagai gula alami karena melibatkan pemrosesan yang minim dan tidak ada bahan kimia yang digunakan. Nira dipanaskan untuk menghilangkan kadar air sampai diperoleh sirup kental nan manis. Kemudian proses dilanjutkan hingga berbentuk menjadi kristal. Di toko perbelanjaan, gula aren tersedia dalam bentuk blok, granular (butiran-butiran kecil), dan cair.
Berikut fakta mengenai gula aren. Semoga bermanfaat!
1. Dikenal kaya akan vitamin dan mineral
Lantas, apa nutrisi dan gizi yang ada di dalam gula aren? Karena proses pembuatannya yang tidak memakai bahan kimia, gula aren dikenal kaya akan vitamin dan mineral. Menurut penelitian, gula aren mengandung kalsium, fosfor, seng, besi, mangan dan tembaga, jelas laman NDTV Food. Ada pula sejumlah kecil fitonutrien seperti polifenol, flavonoid, antosianidin serta antioksidan. Selain itu, gula aren kaya vitamin B dan inositol yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel sehat. Bukan hanya itu, ada pula kandungan tiamin, riboflavin, asam folat dan kolin.
2. Memiliki indeks glikemik yang lebih rendah
Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit diabetes, akan disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Ternyata, gula aren memiliki indeks glikemik lebih rendah dari pemanis lainnya, lho! Indeks glikemik gula aren adalah 35, sementara madu memiliki indeks glikemik 55 dan gula pasir 68. Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah akan diserap secara perlahan dan mencegah lonjakan kadar insulin. Sementara, makanan atau minuman dengan indeks glikemik tinggi akan lebih cepat diserap tubuh, meningkatkan kadar gula darah serta membuat pankreas melepaskan banyak insulin. Tidak sehat untuk penderita diabetes.
3. Dipakai sebagai bahan untuk masakan tradisional Asia
Gula aren adalah bahan utama dalam hidangan tradisional di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Ciri khasnya adalah rasa karamel yang ringan serta bentuk cairnya menyerupai madu, ungkap laman NDTV Food. Sementara, gula aren yang berbentuk butiran memiliki rasa yang tak jauh berbeda dari gula pasir. Biasanya, gula aren dipakai untuk membuat saus, kari dan hidangan penutup (dessert). Contohnya, hidangan di Indonesia yang memakai gula aren adalah kue cucur, bolu kukus, bubur sumsum hingga tahu gejrot. Gula aren juga dibuat sebagai bahan pemanis di es krim, puding, pannacotta sampai es kopi susu kekinian.
Nah itulah fakta gula aren. Semoga bermanfaat!