Manfaat Buah Markisa
Buah markisa memiliki rasa yang manis, asam, dan menyegarkan. Ada dua jenis buah markisa yang umum ditemukan di Indonesia, yaitu markisa ungu (Passiflora edulis) dan markisa kuning (Passiflora flavicarpa).
Markisa ungu memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasa yang lebih manis daripada markisa kuning.
Buah markisa mengandung daging buah yang lembut dan banyak biji di dalam kulit buah yang keras. Orang bisa memakan bijinya dan daging buahnya, membuatnya menjadi jus atau menambahkannya ke jus lain. Rasanya sedikit asam, tetapi menyegarkan.
Buah markisa tidak hanya sekedar tambahan dalam makanan atau sirup belaka. Dari gizi yang terkandung, buah markisa memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan kamu. Buah ini juga mengandung antioksidan dan beberapa nutrisi lain, seperti riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat. Berkat kandungan inilah buah markisa dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan.
Inilah beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan:
Menaikkan fungsi insulin
Manfaat buah markisa untuk menaikkan sensitivitas insulin berasal dari kandungan piceatannol. Kandungan buah markisa ini berpotensi meningkatkan fungsi insulin dan menurunkan risiko terkena diabetes. Sebuah riset mendapati bahwa senyawa piceatannol dalam buah markisa dapat meningkatkan metabolisme dan sensitivitas terhadap insulin yang berperan dalam proses pengubahan gula menjadi energi untuk sel tubuh.
Bahkan, karena segera mengubah gula menjadi energi, ini berdampak pada penurunan berat badan.
Meminimalisir penyakit alzheimer
Seperti disebutkan sebelumnya, buah markisa kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang membantu memberantas radikal bebas berbahaya di dalam tubuh.
Antioksidan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sistem tubuh, meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak dan sistem saraf.
Umumnya, antioksidan dapat membantu mengurangi stres seluler dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Kedua hal tersebut akan terkait dengan penyakit, seperti penyakit jantung dan penyakit Alzheimer.
Mencegah pertumbuhan sel kanker
Mencegah pertumbuhan sel kanker merupakan salah satu manfaat buah markisa kuning. Kanker adalah salah satu penyakit yang selalu menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara pencegahan-pencegahan alami yang dapat diterapkan agar dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
Buah markisa kuning bisa dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Buah markisa mengandung manfaat antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dalam mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. zat antioksidan ini akan bertugas dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh manusia.
Selain mencegah pertumbuhan sel kanker, manfaat buah markisa kuning juga mampu untuk membunuh sel kanker.
Mencegah anemia
Zat besi mengambil bagian utama dari pembuatan hemoglobin, metaloprotein pengangkut oksigen dalam sel darah merah. Ketika kadar darah seseorang rendah, biasanya hal itu menandakan kekurangan hemoglobin yang disebut anemia.
Gejala anemia meliputi kelelahan terus-menerus, sesak napas, pingsan, dan pusing. Meskipun bukan kondisi yang serius, namun jika dibiarkan dalam waktu lama, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.
Buah markisa kaya akan zat besi (sekitar 20 persen dari nilai anjuran harian) yang bagus ntuk meningkatkan hemoglobin dalam darah. Vitamin C dalam buah markisa juga baik untuk membantu penyerapan zat besi.
Khasiat buah markisa belum tentu bisa dirasakan oleh semua orang, karena orang yang memiliki alergi lateks berisiko juga untuk mengalami alergi buah markisa.
Sebaiknya jangan mengonsumsi buah markisa berwarna ungu dalam jumlah yang besar karena buah markisa berwarna ungu berpotensi menjadi racun bagi tubuh.