Khasiat Buah Kiwi
Gosberi China atau yang dikenal dengan sebutan buah kiwi merupakan buah yang berasal dari lembah Sungai Yangtze di Cina utara dan Provinsi Zhejiang di pantai Cina timur.
Biji atau benih buah kiwi pertama kali dikirim keluar wilayah China pada tahun 1904 tepatnya ke Selandia Baru.
Beberapa orang menyadari bahwa tanaman buah kiwi akan menjadi sangat populer untuk dijadikan sebagai tanam. Buah kiwi menjadi sangat populer karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh.
Buah satu ini juga terkenal akan kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Selain Vitamin C, buah kiwi juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti Vitamin K, E, B9, kalium dan merupakan sumber antioksidan yang tinggi.
Meskipun buah kiwi berukuran kecil, namun buah satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daging buah kiwi yang berwarna hijau dan memiliki rasa yang asam manis ini ternyata memiliki kandungan vitamin-vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh.
Nah, kira-kira apa saja ya manfaat buah kiwi untuk kesehatan? Simak ulasan di bawah ini.
1.Meningkatkan sistem imun
Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Jumlah kandungan vitamin C dalam 1 gelas buah kiwi bahkan sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C adalah zat gizi yang berperan penting untuk memperkuat sisitem kekebalan tubuh, terutama dalam melawan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Dalam studi yang dipublikasikan Canadian Science Publishing, konsumsi buah kiwi dapat mengurangi durasi penyakit seperti flu pada anak-anak dan orang dewasa.
2.Memelihara kesehatan mata
Penurunan fungsi mata yang dimaksud adalah degenerasi makula, yaitu gangguan penglihatan yang umum terjadi pada usia tua. Degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan. Konsumsi kiwi dipercaya mampu melindungi fungsi mata dan menurunkan risiko degenerasi makula karena kandungan zeaxanthin dan lutein di dalamnya.
3.Mencegah Diabetes selama Kehamilan
Seperti buah-buahan lainnya, kandungan gula alami pada buah kiwi dapat membantu mengendalikan keinginan makan manis yang biasanya dialami oleh ibu hamil.
Rendahnya indeks glikemik pada buah kiwi, tidak akan menyebabkan lonjakan besar dalam kadar insulin. Hal ini penting untuk mengatur kadar gula darah karena diabetes gestasional selama kehamilan sangat umum terjadi.
4.Mengobati Sembelit pada Ibu Hamil
Menurut penelitian Treating constipation during pregnancy, diperkirakan 11-38 persen wanita hamil mengalami sembelit. Sembelit pada ibu hamil sangatlah umum terjadi karena tubuh seorang wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan fisiologis dan anatomis di sistem pencernaan.
Untuk itu, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk membantu mencegah diare, kembung, mual, sakit perut dan penyakit perut lainnya. Serat pada buah kiwi akan berperan menjaga kesehatan usus besar, karena makanan yang kaya akan serat sebagai obat pencahar alami yang dapat membantu melancarkan pencernaan.
5.Meningkatkan kualitas tidur
Mengonsumsi buah kiwi berpotensi mengatasi gangguan tidur pada orang dewasa. Khasiat ini diduga berasal dari antioksidan dan serotonin yang terkandung pada buah kiwi. Penelitian dari Taipei Medical University melakukan studi pada orang dewasa berumur 20-55 tahun yang bermasalah dengan pola tidur tidak teratur. Berikut 5 manfaat buah kiwi dan kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Anda bisa tambahkan kiwi untuk menu sehat setiap harinya agar bisa merasakan manfaatnya untuk tubuh.
6.Menurunkan berat badan
Mengkonsumsi buah kiwi akan membuat program diet yang kamu jalani menjadi lebih efektif.Diet dengan buah kiwi dipercaya ampuh membuat tubuh tetap ideal dan mencegah obesitas.
Hal ini karena buah kiwi kaya akan kandungan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan untuk menurunkan berat badan.Buah Kiwi dapat dimakan secara langsung dengan kulitnya, yang terpenting sudah dicuci terlebih dahulu hingga bersih.
Selain di konsumsi langsung,Kiwi juga bisa diolah menjadi jus salad buah atau infus water.
Itulah ulasan beberapa manfaat dari buah kiwi.Rutinlah mengkonsumsi buah kiwi agar mendapatkan khasiatnya.