Efek Buruk Kopi Hitam
Efek samping kopi hitam terjadi akibat mengonsumsi dengan takaran yang tidak sesuai.Beberapa orang, mereka rutin mengonsumsi kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas.
Jika dikonsumsi secara wajar, kopi hitam memberikan manfaat baik bagi tubuh, seperti meningkatkan mood dan konsentrasi.Jika dikonsumsi berlebihan, berikut ini sejumlah efek sampingnya.
1.Mengalami Gangguan Tidur
Efek samping kopi hitam yang pertama adalah membuat Anda menjadi kesulitan untuk tidur.Jika waktu tidur tidak cukup, otomatis kesiagaan dan kinerja di siang hari akan menurun.
Jadi, sebaiknya batasi jumlah konsumsinya agar tidak mengganggu waktu tidur di malam hari, ya!
2.Gelisah
Rasa gelisah atau cemas juga bisa muncul ketika Anda mengonsumsi kopi hitam secara berlebihan. Pasalnya, kafein yang terkandung di kopi dapat menghalangi pelepasan hormon adenosine (hormon rasa lelah) di otak, sehingga membuat Anda sulit untuk merasa tenang dan beristirahat.
3.Nyeri perut
Kopi hitam memiliki efek pencahar dan merangsang pelepasan asam lambung, sehingga bila dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan sakit perut. Selain itu, mengonsumsi kopi hitam secara berlebihan juga dapat memperburuk kondisi penyakit asam lambung (GERD), yang akan menimbulkan keluhan berupa nyeri ulu hati.
4.Caffeine withdrawal
Caffeine withdrawal merupakan efek samping kopi yang muncul ketika seseorang sudah terbiasa rutin minum kopi, lalu tiba-tiba berhenti mengonsumsinya.
Ketika mengalami efek samping kopi yang satu ini, Anda dapat merasa sakit kepala, pusing, mual, cepat lelah, sulit konsentrasi, hingga suasana hati yang cepat berubah.
Selain berbagai kondisi di atas, konsumsi kopi juga dapat meninggalkan noda di gigi terutama bila dikonsumsi setelah scaling(membersihkan gigi). terlalu banyak minum kopi dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan efek samping lain, seperti tekanan darah tinggi dan rhabdomyolysis.
5.Denyut jantung menjadi cepat
Terlalu banyak minum kopi juga dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan irama detak jantung menjadi berubah (fibrilasi atrium). Apabila Anda mengalami hal ini setelah minum kopi, pertimbangkan untuk mengurangi asupan kopi Anda.
6.Jantung berdebar
Efek samping lain yang bisa muncul akibat terlalu banyak mengonsumsi kopi hitam adalah jantung berdebar. Kafein dalam kopi hitam akan merangsang jantung berdetak lebih cepat. Untuk mencegah hal ini, Anda perlu membatasi konsumsi kopi hitam.
Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak meminum kopi ketika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Agar lebih aman, sebaiknya tanyakan dahulu kepada dokter yang merawat Anda.
Secara umum, batas aman konsumsi kopi untuk pria dan wanita dewasa adalah 4 cangkir per hari, dengan kandungan kafein sekitar 400 mg. Sementara untuk wanita hamil, batas konsumsi kopi yang aman hanya 2 cangkir per hari, dengan kandungan kafein tidak melebihi 200 mg.
Untuk mengambil manfaat dan menghindari efek samping konsumsi kopi hitam, Anda disarankan untuk mengonsumsinya dalam batas wajar. Namun jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui batasan dalam mengonsumsi kopi hitam sesuai kondisi Anda.