Jenis-Jenis Teh
Teh salah satu minuman yang paling digemari dan mudah dicari di rumah makan, di cafe bahkan saat bertamu. Minuman yang identik dengan warna coklat ini memiliki jenis dengan khasiat yang berbeda.
Di dunia ini, ada ratusan jenis teh yang bisa diminum. Dari seluruh macam-macam teh yang berlimpah itu, beberapa di antaranya dianggap menyehatkan, sehingga bisa membantu mencegah bahkan meredakan penyakit. Tidak ada salahnya untuk mencicipi setiap jenis teh yang tentunya sangat berkhasiat.
Berikut ulasan jenis-jenis teh yang bisa kita temui!
1. Teh hijau
Teh hijau merupakan teh yang berasal dari daun yang dikeringkan dari tanaman camellia sinesis. Rasanya agak pahit, namun memiliki beberapa manfaat, yaitu menurunkan kolesterol, mencegah sel kanker, mencegah diabetes, mempercantik kulit wajah, bagus untuk diet, mencegah penuaan, mengobati jerawat, perbaiki sistem perncernaan dan masih banyak lainnya.
Teh berwarna hijau ini banyak dikenal masyarakat Indonesia karena namanya yang sering masuk dalam kategori minuman kekinian. Teh ini dibuat dari daun teh dengan cara dikukus melalui proses pengeringan terlebih dahulu.
Teh hijau mengandung 25 mg kafein per cangkirnya. Selain itu ada senyawa lain seperti, katekin, theanine serta berbagai vitamin dan mineral. Teh ini cocok untuk masuk dalam kategori macam macam teh yang dapat menurunkan berat badan.
2. Teh hitam
Teh hitam menjadi teh yang paling populer di dunia, terutama di Inggris dan Irlandia. Fakta menunjukkan sekitar 165 juta cangkir teh hitam dikonsumsi oleh orang Inggris setiap hari. Selain di Inggris, teh hitam juga dikenal di China sebagai teh merah.
Teh yang umumnya diproduksi di China, India, dan Sri Lanka ini menghasilkan rasa teh yang bermacam-macam tergantung daerah budidayanya. Hal ini dipengaruhi oleh teknik produksi yang berbeda di berbagai daerah. Misalnya, di Sri Lanka teh hitam berwarna kuning madu hingga cokelat merah anggur, dan memiliki rasa rempah-rempah.
Sementara teh hitam China memiliki rasa yang kuat dan sedikit pahit, sehingga banyak orang menikmati teh hitam dengan menambahkan sedikit susu.
Teh hitam membutuhkan proses produksi yang panjang. Pertama, daun teh hitam dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu daun akan menjadi layu dan digulung untuk menghancurkan sel-sel yang dapat menyebabkan daun cepat teroksidasi.
3. Teh putih
Jenis jenis teh sangatlah banyak dan salah satunya punya khasiat untuk mencegah kanker. Ini dia teh putih.
Teh putih memang sudah terbukti khasiatnya untuk mencegah kanker. Rasa yang ringannya seperti terbuat dari daun teh pucuk muda. Selain itu kafeinnya sangat rendah, hanya 15 mg per cangkir. Jadi, teh ini bagus banget nih untuk program diet kamu.
4. Teh melati
Menikmati segelas teh melati bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, baik itu secara fisik maupun mental. Sebab, bunga melati mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya.
Aroma melati yang harum semerbak juga dapat menghadirkan rasa nyaman, meredakan saraf-saraf yang tegang, dan membantu memperbaiki suasana hati.
Kandungan methyl jasmonate yang terdapat di bunga berwarna putih ini bahkan terbukti mampu mempercepat matinya sel kanker serviks.
5. Teh chamomile
Jenis teh yang baik untuk kesehatan selanjutnya adalah teh chamomile. Teh ini terbuat dari bunga chamomile yang telah dikeringkan. Wanginya yang harum dapat memberikan ketenangan. Kandungan antioksidannya juga baik untuk mengurangi komplikasi akibat diabetes, serta menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan kanker. Sangat baik diminum sebelum tidur.