Manfaat Buah Nanas
Di balik rasanya yang segar dan lezat, buah nanas menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh hingga menurunkan berat badan. Manfaat buah nanas tersebut ada karena di dalam buah tropis ini terkandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.
Untuk mendapatkan manfaat buah nanas, Anda bisa mengonsumsi nanas segar yang telah matang dan dikupas. Selain itu, Anda juga bisa menikmati buah ini dengan cara lain seperti mengolahnya menjadi jus nanas, puding nanas, atau salad buah.
Hindari pula mengolah buah nanas dengan cara yang tidak sehat, misalnya dengan dibakar atau dipanggang. Dengan menghindari beberapa hal itu, khasiat buah nanas bisa Anda dapat secara maksimal.Berikut adalah ulasan mengenai manfaat buah nanas untuk kesehatan.
1.Meningkatkan Kesehatan tulang
Selain mengandung banyak mangan, buah nanas mengandung banyak kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang. Artinya, penyakit osteoporosis dapat Anda hindari. Meski demikian, usahakan untuk tidak mengonsumsi nanas terlalu banyak karena bisa memicu gangguan kognitif.
2.Mengurangi Peradangan
Manfaat buah nanas selanjutnya adalah jenis buah itu mampu mengurangi peradangan dalam tubuh yang muncul akibat berbagai jenis penyakit. Misalnya, penyakit jantung, diabetes, kanker, dan lain sebagainya.
3.Meningkatkan Sistem Imun
Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, cobalah untuk mengonsumsi nanas secara teratur. Alasannya karena jenis buah itu mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Melansir Everyday Health , makan 140 g nanas bisa mencegah infeksi penyakit.
4.Menurunkan Berat Badan
Apakah Anda sedang mencari cara menurunkan berat badan? Jika iya, tak ada salahnya untuk memasukkan buah nanas dalam menu diet sehari-hari. Menurut penelitian, manfaat jus nanas adalah memecah lemak yang menumpuk dalam tubuh dan mencegah penumpukan lemak di kemudian hari.
5.Mencegah Kanker
Mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker termasuk khasiat nanas yang perlu Anda ketahui. Manfaat nanas untuk kesehatan datang dari banyaknya antioksidan yang terdapat di dalamnya. Namun, tentu saja Anda harus membicarakan hal tersebut dengan dokter untuk menghindari hal yang tak diinginkan.
6.Meningkatkan imunitas tubuh
Konsumsi 1 cangkir buah nanas segar atau sekitar 150 gram nanas sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C merupakan vitamin yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.
Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh Anda akan lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab infeksi, sehingga Anda akan lebih fit dan tidak mudah jatuh sakit.
Selain dengan megonsumsi nanas, Anda juga bisa mencukupi asupan vitamin C dengan mengonsumsi buah lain yang mengandung vitamin C tinggi, seperti cabai, jeruk, mangga, dan tomat.
7.Membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang
Kandungan mangan, vitamin B, vitamin C, serta antioksidan pada nanas dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, misalnya akibat paparan sinar UV.
Selain itu, buah nanas juga baik dikosnumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis, terutama pada lansia.
Manfaat buah nanas untuk kesehatan memang tidak sedikit, tapi Anda tetap perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, agar nutrisi yang Anda peroleh bisa beragam dan tercukupi.
Buah nanas umumnya aman dikonsumsi. Namun, buah ini mungkin tidak cocok dimakan oleh orang yang memiliki alergi terhadap lateks, karena nanas bisa memicu kambuhnya reaksi alergi, seperti gatal-gatal, sakit perut, atau diare.
Jika mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi buah nanas atau masih memiliki pertanyaan lain seputar manfaat nanas untuk kesehatan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter.