Manfaat Buah Plum
Buah plum mengandung serat, antioksidan, dan vitamin yang baik untuk tubuh. Buah ini memiliki kulit halus di bagian luar dan daging yang lembut. Berikut manfaat buah plum untuk kesehatan dan diet.
Buah plum merupakan buah berukuran kecil, dengan kulit luar halus dan bagian dalamnya bertekstur lembut. Plum masih satu keluarga rosaceae, termasuk persik, nektarin, dan aprikot.
Buah ini pertama kali ditemukan di Cina ribuan tahun lalu. Kemudian, buah plum diperkenalkan di Jepang, sampai dibudidayakan di Eropa, dan Amerika. Saat ini terdapat 2.000 varietas buah plum yang tumbuh di seluruh dunia.
Cara Mengkonsumsi Buah Plum
Cara yang paling mudah untuk memakan buah plum ini adalah di makan langsung. Jika buah plum sudah matang, maka langkah pertama yaitu mencuci buah plum terlebih dahulu. Kemudian dibelah dan dibuang bijinya.
Jika Anda ingin berkreasi dengan buah plum ini, tentu saja bisa. Buah plum bisa diolah menjadi berbagai olahan seperi acar plum, selai plum, jus atau smoothies plum, dan masih banyak lagi. Rasa manis dan segar dari buah plum ini sangat cocok untuk kamu pecinta makanan manis.
Manfaat Buah Plum
Lalu apa saja manfaat buah plum yang tidak bisa dilewatkan tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, ikuti terus penjelasan manfaat buah plum di bawah ini.
1.Membantu menurunkan berat badan
Buah plum sering kali disebut-sebut dapat menurunkan berat badan, bahkan dijual sebagai suplemen penurun berat badan. Manfaat ini berasal dari kandungan seratnya yang cukup tinggi dan indeks glikemik yang rendah.
Dengan serat yang terdapat di buah plum ini maka akan lamat untuk dicerna. Selain itu, indeks glikemik yang rendah akan membuat Anda kenyang lebih lama dengan cara mengatur pelepasan kadar gula darah. Dengan begitu, Anda akan bisa mengontrol nafsu makan.
2.Menjaga kesehatan tulang
Buah plum memiliki kandungan mineral boron yang dapat memperpanjang daya tahan vitamin D serta estrogen. Berkat hal tersebut, buah plum bermanfaat dalam membangun tulang dan otot tetap kuat. Dalam sebuah studi bahan disebutkan buah plum kering mampu mencegah hilangnya massa tulang pada wanita pascamenopause.
3.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah plum ini yaitu mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini berkat kandungan antioksidan dalam buah plum yang cukup tinggi.
Kandungan antioksidan yang tinggi ini, mampu mencegah berbagai kerusakan sel yang umumnya disebabkan oleh radikal bebas. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan ini juga mampu menjaga kesehatan tulang dan m mencegah diabetes. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi buah plum ini akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit.
4.Mengurangi Sembelit
Sembelit atau susah buang air besar menjadi masalah beberapa orang. Buah plum bisa mengurangi sembelit karena mengandung 1 gram serat. Serat dalam buah berperan mencegah sembelit dan mempercepat laju kotoran melalui saluran pencernaan.
Plum efektif mengobati sembelit layaknya obat pencahar psyllium. Obat ini mengandung serat yang dipakai untuk mengurangi sembelit. Buah plum mengandung gula alkohol yang bisa menjadi obat pencahar alami.
Mengutip Healthline.com, dilakukan penelitian terhadap orang yang mengonsumsi 50 gram buah plum setiap hari, selama tiga minggu. Hasilnya, buah plum dapat mengurangi sembelit dan buang air besar menjadi lebih lancar. Namun perlu diingat, mengonsumsi buah plum berlebihan bisa menimbulkan diare. Sebaiknya, konsumsi buah plum sebanyak 1/2 cangkir atau sekitar 44-87 gram setiap hari.
5.Kaya Antioksidan
Buah plum bisa mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari paparan radikal bebas. Kandungan antioksidan ini bermanfaat untuk kesehatan tulang, mengurangi risiko penyakit jantung, dan diabetes. Beberapa penelitian dilakukan pada buah plum untuk uji antioksidan. Hasilnya, buah plum mengandung antioksidan polifenol lebih tinggi daripada buah persik.
Itulah beberapa manfaat penting dari buah plum , rutinlah mengkonsumsi buah plum terutama untuk yang menjalani program diet dan dapatkan manfaatnya.