Fakta Kucing Norwegia
Norwegian forest cat adalah salah satu kucing yang cukup populer, kucing ini disebut dengan Skogatt.
Kucing ini dikenal sebagai kucing yang anggun dengan bulu yang sangat panjang nan lebat. Kucing ini pun sangat terkenal dikalangan para pecinta kucing. Mereka juga merupakan sahabat yang penyayang dan tidak menuntut. Bila kamu bisa memberikan banyak kasih sayang, perawatan yang penuh perhatian, kucing yang dijuluki “Wegies” ini bisa menjadi hewan peliharaan keluarga yang luar biasa. Berikut ini fakta kucing hutan norwegia:
1. Bulu Lebih Tebal dan Panjang
Kucing hutan Norwegian Forest berasal dari wilayah Eropa Utara yang dikenal dengan cuaca dingin yang ekstrim karena berdekatan dengan daerah kutub. Oleh sebab itu, kucing ras ini memiliki bulu yang lebih panjang dan tebal agar bisa bertahan di cuaca yang dingin. Kucing Norwegian Forest juga memiliki lapisan lemak yang cukup tebal dan menutupi tubuh. Lapisan lemak ini berperan sebagai pelindung ekstra ketika cuaca menjadi semakin dingin.
2. Sejarah panjang kucing Norwegian Forest
Meski baru populer akhir-akhir ini, Perhimpunan Penyayang Kucing (Cat Fanciers' Association) menyebutkan dalam situsnya bahwa kucing ras ini sudah ada sejak dulu. Orang-orang Norwegia yakin kucing ini sudah ada sejak lama, bahkan muncul di beberapa mitologi dan cerita rakyat.
3. Berkerabat dengan kucing Maine Coon
Beberapa orang yakin bahwa kucing Norwegian Forest adalah leluhur dari kucing ras Maine Coon. Hal ini dapat terlihat dari betapa miripnya dua ras kucing ini. Orang awam akan sulit membedakan mereka. Mereka sama-sama berbulu panjang nan lebat, dan termasuk ras-ras kucing terbesar di dunia.
4. Hewan paling Ramah
Kucing hutan ras Norwegian Forest dianggap sebagai kucing yang sabar dan ramah pada siapapun. Kucing ini senang menghabiskan waktu bersama orang-orang disekitar mereka, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, kucing ini pun bisa bersahabat dengan hewan peliharaan lain seperti anjing. Jadi, jangan heran bila saat ada tamu datang ke rumah, kucing ini akan dengan santai duduk di pangkuan mereka sebagai ungkapan selamat datang dan cara mereka menyapa tamu. Karena memiliki sifat penyabar, kucing Norwegian Forest tidak mudah stres.
5. Bulunya Tidak Menyerap Air
Kucing hutan Norwegia memang dikenal akan bulunya yang tebal dan berlapis ganda, tetapi bulu tersebut ternyata juga anti air! Pada dasarnya, mantel bulu mereka bersifat anti air karena lapisan luar bulu mereka kasar dan lapisan bawahnya padat. Kucing Norwegian ini juga dilengkapi dengan “perlengkapan musim dingin” mereka sendiri dengan telinga dan kaki berumbai yang berfungsi sebagai penutup telinga dan sepatu salju alami. Pada dasarnya, Norwegian forest cat dilahirkan untuk bertahan hidup di alam liar.
6. Mereka Adalah Kucing Nasional Norwegia
Jenis kucing raksasa ini ditetapkan sebagai kucing nasional Norwegia oleh mendiang Raja Olaf V. Hal itu karena tampaknya kucing hutan Norwegia terkait erat dengan cerita rakyat dan dongeng di negara tersebut.
7. Pandai Memanjat Pohon
Norwegian forest cat adalah pemanjat pohon yang sangat baik dan tidak jarang mereka turun dari batang pohon dengan kepala terlebih dahulu, yang tidak biasa bagi kucing! Kemampuan mengagumkan tersebut sebagian berkat kaki belakang mereka yang kuat, otot yang berat, dan cakar yang tebal. Di alam liar, kucing hutan Norwegia menghabiskan lebih banyak waktu di pepohonan dan mengamati hutan di bawah dengan bertengger tinggi di atas.
8. Hewan yang sabar dan ramah pada siapapun
Kucing ras ini dikenal senang menghabiskan waktunya dengan siapapun, termasuk anak kecil dan hewan peliharaan lain seperti anjing. Mereka hewan yang sangat sabar dan tidak mudah stres. Mereka biasa menyapa tamu yang datang ke rumah dengan duduk di pangkuan mereka.
Itulah beberapa fakta menarik mengenai Norwegian forest cat. Semoga bermanfaat!