Ras Kucing Terlangka
Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang dekat dengan manusia.
Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kilogram dan jarang melebihi 10 kg. Kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, kucing tertua diketahui berusia 36 tahun. Kucing memang bisa dijumpai di mana saja. Mereka hidup dengan bebas di sekitar rumahmu, di jalanan, atau bahkan di dekat pembuangan sampah. Tentu saja, mereka adalah kucing liar atau biasa disebut kucing kampung.
Berikut ras kucing terlangka di dunia:
1. Pallas
Salah satu jenis ras kucing terlangka di dunia adalah kucing Pallas. Melansir dari Kompas.com, kucing Pallas tersebar di Asia Timur dan memiliki bulu sangat tebal sehingga beratnya mencapai 2,5 hingga 4,5 kilogram.
2. Toyger
Ras kucing hasil persilangan ras domestik dan ras kucing Bengal. Toyger merupakan ras kucing yang diciptakan oleh peternak kucing bernama Judy Sudgen dengan tujuan untuk menciptakan ras baru yang memiliki penampilan seperti Harimau liar namun memiliki sifat ramah seperti kucing rumahan. Nama Toyger adalah kombinasi dari Toy dalam bahasa inggris yang artinya 'mainan' dan 'ger' merupakan kata akhir dari 'tiger' yang artinya 'harimau'. Sehingga artinya adalah harimau mainan, itu dikarenakan Toyger mirip sekali dengan harimau versi kecil, atau miniatur harimau. Itulah mengapa ketika pertama kali melihat kucing ini, warna kulitnya menyerupai harimau kecil. Toyger didaftarkan sebagai ras kucing langka pada tahun 2000.
3. Birman
Dikenal sebagai “Kucing Suci Burma,” Birman adalah ras kuno yang asal-usul aslinya tidak diketahui. Birman datang ke Prancis pada tahun 1919, yang memulai pembentukan breed di Eropa. Birman pertama datang ke Amerika Serikat pada tahun 1959 dan terdaftar di CFA pada tahun 1967. Sebagian besar Birman AS berasal dari Prancis, Inggris, Jerman, atau Australia. Birman merupakan kucing berukuran sedang yang memiliki wajah bulat manis, pipi penuh dan mata biru yang sangat cantik. Seringkali Kucing jenis ini memiliki ruff leher yang menonjol serta ekor yang sangat halus. Anak kucing ini tidak bisa mencapai usia penuh sampai usia tiga tahun.
4. Peterbald
Dilihat sekilas, ras kucing yang satu ini mirip dengan Sphynx. Bedanya, Peterbald masih memiliki bulu sangat pendek yang membentuk corak tertentu. Mereka pertama kali dibiakkan di Rusia. Orang-orang menyukai Peterbald karena keunikannya dan sifatnya yang ramah serta suka bermain.
5. LaPerm
Sekali lihat, kamu akan mengakui bahwa LaPerm adalah salah satu kucing terunik yang pernah kamu jumpai. Pasalnya, bulunya sangatlah keriting, seperti habis melakukan perm di salon. Ternyata kucing yang satu ini merupakan persilangan dari kucing domestik dengan tabby, tetapi sang induk harus memiliki gen keriting di DNA-nya.
6. Tonkinese
Ras kucing Tonkinese merupakan jenis kucing yang berasal dari Kanada. Kuning ini merupakan persilangan antara kucing Siam dan Burma. Nah, perpaduan dari kedua ras tersebut membuat kucing Tonkinese termasuk kucing yang vokal, cerdas, dan menarik. Kucing ini mampu membuat siapa saja terpesona oleh keindahan matanya yang berwarna aquamarine khas Tonkinese.
7. okoke
Sokoke merupakan kucing yang berasal dari Kenya, Afrika. Kucing ini memiliki garis-garis cokelat gelap yang berpadu dengan warna kuning yang membuatnya mirip dengan kucing hutan (serval). Sokoke sebelum banyak dipelihara orang merupakan kucing liar yang sering berkeliaran di Kenya.
8. Minskin
Minskin adalah ras yang dihasilkan melalui persilangan antara Sphynx dan Munchkin. Itulah kenapa kamu bisa melihat kedua karakteristik di dirinya. Mereka hampir tidak memiliki bulu seperti Sphynx. Kakinya pun pendek seperti Munchkin. Tidak banyak yang bisa menyilangkan kedua ras tersebut sehingga Minskin sangatlah langka.
Nah itulah ras kucing terlangka di dunia. Semoga bermanfaat!