Fakta Istana Potala
Istana Potala merupakan bangunan yang dianggap sebagai landmark dan simbol Tibet.
Istana Potala berada di kota Lhasa, Tibet. Tempat ini diberi nama dari tempat yang ia berada, Gunung Potala, tempat kediaman Chenresig atau Avalokitesvara. Bangunan ini merupakan istana besar yang terdiri dari banyak rumah, menara, dan sebagainya. Istana Potala adalah istana tertinggi di dunia dan dikenal karena gaya arsitekturnya yang spektakuler, sehingga dihormati sebagai salah satu bangunan arsitektur terindah di dunia. Berikut ini fakta mengenai istana potala:
1. Istana ini dibangun sebagai hadiah untuk calon pengantin raja
Istana ini awalnya tidak sebesar sekarang. Istana aslinya dibangun sebagai hadiah dari Raja Songtsan Gampo kepada calon pengantinnya pada tahun 637 M.
2. Tidak ada bangunan yang diizinkan lebih tinggi dari Istana Potala
Istana Potala dibangun 117 meter di atas gunung, dengan langkah-langkah zig-zag yang mengesankan. Ketika kamu berjalan-jalan di sekitar bangunan kota Lhasa, kamu tidak akan menemukan bangunan apa pun yang lebih tinggi dari puncak Istana Potala. Untuk melestarikan suasana unik di sekitar istana juga, telah diberlakukan larangan untuk membangun gedung dengan tinggi lebih dari 21 meter. Ini sebagai tanda penghormatan terhadap situs suci. Karenanya, kamu tidak akan melihat gedung pencakar langit yang menjulang tinggi di atas istana.
3. Butuh waktu 48 tahun untuk menyelesaikan seluruh istana
Sama seperti bangunan megah lainnya, Istana Potala tidak dibangun hanya dalam hitungan bulan, melainkan butuh waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikannya. Struktur utama bangunan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk menyelesaikannya, akan tetapi untuk keseluruhan bangunannya hingga interior memakan total waktu hingga 45 tahun. Ini berarti bahwa istana baru benar-benar selesai dibangun pada tahun 1694 M, atau 12 tahun setelah Dalai Lama ke-5 meninggal dunia. Artinya, Dalai Lama ke-5 tidak dapat melihat istana yang dia perintahkan untuk diselesaikan.
4. Istana Potala hanya boleh dikunjungi 2.300 orang per hari
Untuk melindungi istana, dan memastikan pengunjung dapat menikmati tur istana yang tidak terlalu ramai, manajemen Istana Potala mengontrol jumlah pengunjung hingga 2.300 orang per hari.
5. Tebal Tembok Potala mencapai 5 meter
Bagian paling tebal dari tembok istana ada di dasarnya: 5 meter. Semakin tinggi, semakin tipis dindingnya. Tebal tembok pembatas atap mencapai 1 meter.
6. Potala adalah bangunan yang sangat kuat
Istana Potala terletak di ketinggian 3.700 meter di atas bukit yang terletak di lembah Lhasa yang disebut “Ri Marpo”. Bangunan ini sangat besar karena menjulang 117 meter di atas bukit ini dan 300 meter di atas dasar lembah. Oleh karena itu, bangunan tersebut dibuat khusus agar tahan terhadap bahaya gempa. Dinding pondasi Istana Potala memiliki tebal 5 meter pada dasarnya, tebal rata-rata 3 meter, dan dibuat dengan campuran tembaga untuk membuat pondasi menjadi lebih kuat.
Itulah fakta menarik istana potala. Semoga bermanfaat!