Wisata Desa Terindah
Desa kerap diidentikkan dengan kesan kuno, membosankan, atau tak tersentuh kecanggihan teknologi.
Desa sekilas yang terlintas adalah bayangan pemandangan yang asri, sejuk hingga menentramkan. desa seringkali menjadi tempat merehatkan sejenak bagi fisik dan pikiran dari hiruk pikuk pekerjaan. Berikut adalah daftar desa terindah di dunia :
1. Desa Bibury - Inggris
Desa kecil ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para traveler. Pasalnya desa ini menawarkan keindahan yang cukup unik bak di negeri dongeng. Jika kamu ingin mengunjungi desa ini, waktu yang tepat adalah saat musim semi. Hal ini dikarenakan desa ini akan tampak makin indah di musim semi karena akan banyak bermunculan bunga-bunga yang sangat indah dengan warnanya yang warna-warni di sekitar desa.
2. Hallstatt, Austria
Desa Hallstat berada di Austria merupakan salah satu desa terindah di dunia yang sangat populer oleh kalangan wisatawan. Keindahan panorama di sini sangat menabjubkan, terdapat danau berpadu dengan bangunan tua serta pegunungan.
3. Savoca, Italia
Savoca (Messina) adalah salah satu pemukiman dengan nuansa desa dan menjadi salah satu desa terindah di italia. Nama Savoca berasal dari tumbuhan elder yakni savucu jika diucapkan dalam dialek Sisilia yang merupakan tanaman semak dengan bunga berwarna putih dan harum yang masih tumbuh liar di celah-celah di antara rumah. Terdapat beberapa gereja di dalam desa Savoca yang semakin menambah keindahan desa ini, yakni Gereja San Michele dan Gereja San Nicolo.
4. Eze, Prancis
Eze memiliki pemandangan Mediterania yang luas dan memiliki pesona abad pertengahan yang terawat dengan baik sehingga menjadikan daerah di puncak tebing ini memiliki keindahan yang memikat mata.
5. Desa Penglipuran, Indonesia
Ini adalah Penglipuran, desa adat di Bangli, Bali. Pemukiman tradisional yang letaknya tak jauh dari Kintamani ini tak hanya dikenal karena keindahannya. Penglipuran juga disebut-sebut sebagai salah satu desa paling bersih di dunia. Penglipuran merupakan kawasan wisata yang sangat populer. Tetapi desa ini tetap bisa mempertahankan sisi tradisional dan kelestarian lingkungannya. Penataan desa dan bangunan tradisionalnya masih terjaga utuh. Begitu juga dengan 75 hektar hutan bambu dan 10 hektar vegetasi yang masih terawat. Bahkan inilah yang menjadi ciri khas Penglipuran di mata dunia.
6. Oia, Yunani
Desa Oia ini berada di puncak bukit Santorini, Yunani. Desa ini dibangun di atas lereng yang curam, pemandangan nya sangat indah. Bangunan-bangunan di sini berwarna putih yang elegan dan akan berkilauan ketika terkena sinar matahari.
7. Shirakawa-go, Jepang
Desa Shirakawa-go merupakan desa bersejarah Shirakawa-go dan Gokayama yang kini menjadi warisan dunia UNESCO. Desa tersebut dibangun dengan rumah yang bergaya gassho yakni dengan atap berbentuk segitiga yang memiliki makna layaknya tangan terlipat seperti seseorang sedang berdoa. Panorama desa bergaya gassho ini akan terlihat kehijauan ketika musim semi yang semakin menambah keindahan desa Shirakwa-go.
8. Desa Reine, Norwegia
Desa Reine ini siap memanjakan matamu dengan keindahan panoramanya yang tidak ada habisnya. Desa tercantik di dunia ini menawarkan pemandangan pegunungan dengan desain rumah-rumah unik berwarna merah dan putih. Di sini, kamu bisa melihat penampakan Aurora atau Cahaya Utara di malam hari yang tidak bisa ditemukan di penjuru dunia yang lain.
9. Sidi Bou Said, Tunisia
Desa terindah di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Sidi Bou Said. Sidi Bou Said ini berada di atas tebing curam dengan pemandangan ke Laut Mediteriania. Di sini Mama bisa berjalan-jalan di jalanan yang berbatu dan dipenuhi dengan toko-toko kecil dan kios-kios sembari menikmati pemandangan.
10. Cua Van, Vietnam
Desa ini terletak di antara tebing batu kapur di teluk Ha Long. Cua Van merupakan desa terapung dengan sekumpulan perahu berlabuh dan rumah rakit yang memiliki warna beragam. Desa ini sendiri berada cukup jauh dari kota Hanoi yakni sekitar 100 mil dengan estimasi perjalanan darat selama enam jam.
Itulah wisata desa terindah di dunia. Semoga bermanfaat!