Mengenal Kucing Manx
Kucing manx adalah salah satu ras kucing jenis unik dan perbedaan ini sangat jelas terlihat dari ciri-ciri tubuh dan warnanya.
Kucing manx atau biasa disebut Rumpy adalah salah satu ras kucing yang tidak memiliki ekor, atau kalaupun ada ekornya akan berukuran sangat pendek. Kucing ini berasal dari pulau kecil di Britania Raya yang bernama Isle of Man. Manx merupakan salah satu ras kucing tertua yang pernah terdaftar di CFA (Cat Fanciers Association) pada tahun 1908. Berbeda dengan sifat kucing pada umumnya, manx sangat menyukai air, mereka suka memasukkan tangannya ke dalam air atau tempat minum. Kucing ini tergolong mahal, harganya dapat mencapai 10-40 juta. Namun karena faktor keunikan dan sejarahnya, manx tetap banyak diburu oleh para kolektor kucing di seluruh dunia.
Ras kucing Manx adalah jenis kucing tanpa ekor dan berbeda dari kucing pada umumnya yang tidak berekor dan juga secara keseluruhan penampilannya sedikit berbeda karena kaki belakangnya lebih panjang dibandingkan kucing biasa. Dan ketika hewan ini berlari, mereka mirip dengan seekor kelinci, sangat menarik untuk disaksikan. Alasan mengapa mereka tidak berekor adalahnya adanya gen mutan yang mendominasi, gen itu berada di dalam tubuh mereka sejak lama karena menahan persalinan di pulau manusia yang juga terpusatkan di peternakan. Gen mutan menyebabkan tulang belakang yang cacat yang menyebar ke seluruh tubuh, menyebabkan mereka kehilangan ekornya. Berasal dari sudut pandang manusia mereka dilihat sebagai kucing yang bagus, tapi juga rasa keingintahuan semua orang – dan itu hal yang baik bagi penghuni pulau karena mereka memang kucing yang unik.
Kucing yang menarik ini terbagi menjadi 4 bagian tergantung dengan “besar ekornya” – yaitu, "Rumpy", "Rumpy-riser", "Stumpy" dan "Longy". Rumpy Manx tidak mempunyai ekor sama sekali, ketika Rumpy-risers memiliki benjolan ekor yang kecil, Stumpies memiliki ekor tunggal dan Longies mirip dengan kucing pada umumnya. Manx adalah kucing yang berotot dan cukup kuat, dengan mantel bulu ganda berbeda warna dengan bulu halus dibawahnya dan mengkilap di bagian atas. Mereka juga hewan yang mudah bergaul dan kuat yang membuat mereka cocok sebagai hewan peliharaan untuk keluarga dan sebuah kesenangan di rumah. Perlakukan dia dengan benar, mereka akan membalas kasih sayang pemiliknya berulang-ulang kali.
Ukuran badan manx lebih pendek dibandingkan ras lainnya, yaitu dengan dada lebar dan tulang punggung melengkung sampai pinggul. Letak pinggul manx lebih tinggi dari bahunya, hal tersebut dikarenakan kaki belakang mereka lebih panjang dan lebih kuat dari kaki depan. Sehingga terkadang manx juga disebut sebagai kucing setengah kelinci. Selain itu, manx juga memiliki ciri khas lain, yaitu memiliki kepala bundar dan bentuk pipi yang menonjol. Warna hidung manx memiliki warna yang sama dengan warna bulunya. Memiliki leher pendek dan tebal, serta memiliki mata yang besar dan bulat. Ukuran telinganya sedang dan saling berjauhan, dengan pangkal telinga yang melebar dan melengkung pada bagian ujungnya.
Demikian informasi mengenai kucing manx. Semoga bermanfaat!