Tanaman Beraroma Harum
Selain bisa mempercantik tampilan rumah, ada beberapa jenis tanaman hias yang berfungsi sebagai aroma terapi.
Tanaman hias yang memancarkan aroma harum bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang tidak sekadar mementingkan estetika, tapi juga menginginkan aroma terapi. Jenis tanaman seperti ini biasanya lebih umum ditempatkan di luar ruangan supaya mendapatkan matahari yang cukup. Pun tak jarang orang yang menjadikan tanaman semak sebagai pagar hidup untuk melindungi rumah. Berikut tanaman semak yang memiliki kekharuman khas:
1. Lilac
Bunga lilac bisa menjadi pilihan untuk halaman rumah yang cantik. Lilac jenis Syringa vulgaris merupakan spesies tanaman semak yang beraroma harum. Tanaman ini paling baik tumbuh di bawah sinar matahari penuh dan tanah yang subur. Ada beberapa jenis warna dari bunga lilac, di antaranya biru, ungu dan putih. Tanaman ini biasa dijadikan sebagai bahan baku parfum karena aromanya yang wangi. Lilac bisa tumbuh hingga ukurannya mencapai 6 meter.
2. Korean Spice Viburnum
Korean spice viburnum merupakan tanaman hias semak daun panjang menengah yang memiliki bunga-bunga indah beraroma harum. Tanaman ini juga merupakan tanaman semak yang menarik karena ukurannya yang kecil, pola tumbuh yang padat, dan memiliki bunga yang mencolok.
3. Mawar
Meskipun tidak semua jenis mawar beraroma harum, namun ada kultivar Rosa At Last yang merupakan jenis mawar yang wanginya enak. Tanaman ini juga mudah tumbuh, memiliki bunga ganda, tahan penyakit, dan mekar untuk waktu yang lama.
4. Daphne
Carol Mackie adalah kultivar Burkwood dari daphne (Daphne x burkwoodii Carol Mackie), yang lainnya adalah Briggs Moonlight. Ini bukan hanya salah satu semak yang paling harum. Carol Mackie tumbuh kompak, dan mencapai tinggi sekitar 3 kaki. Sebaiknya ditanam di bawah sinar matahari parsial hingga teduh parsial.
5. Purple-Leaf Sand Cherry
Purple-Leaf Sand Cherry (Prunus x cistena) merupakan salah satu jenis tanaman semak memiliki bunga yang harum. Tampak daunnya yang berwarna ungu kemerahan serta bunganya berwarna merah muda pucat. Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi seperti pohon sekitar 14 kaki, tetapi banyak yang memilih untuk tetap memangkasnya menjadi semak-semakan berukuran 5 hingga 7 kaki. Tempatkan tanaman ini di area yang terkena sinar matahari penuh, beri drainase yang memadai dan pastikan untuk melakukan penyiraman secukupnya.
6. Andromeda Jepang
Andromeda Jepang adalah kultivar pohon semak dalam yang berasal dari Jepang, Cina, dan Taiwan yang biasanya tumbuh di area pegunungan sebagai semak-semak. Tanaman ini memiliki aroma manis yang sangat kuat dan bisa tumbuh hingga sekitar 2 meter.
7. Mock Orange
Mock orange atau yang lebih dikenal dengan Philadelphus merupakan salah satu jenis semak-semak yang cocok ditanam di pekarangan rumah. Dinamai "mock orange" mengacu pada salah satu spesies bunganya yang terlihat agak mirip dengan jeruk dan lemon. Selain itu, bunga ini memiliki aroma citrus yang menyegarkan. Tanaman ini memiliki kebutuhan air rata-rata dan akan tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh hingga teduh parsial.
8. Kacapiring
Kacapiring atau Gardenia jasminoides merupakan salah satu tanaman semak yang cocok tumbuh di pekarangan rumah. Bunganya berwarna putih dan beraroma wangi. Permukaan daunnya berwarna hijau tua, licin dan mengkilap. Tanaman ini bisa tumbuh di bawah naungan pohon-pohon besar. Pilihlah lokasi dengan kelembaban tinggi dan sinar matahari yang cukup untuk menanam kacapiring. Selain itu, jika Mama ingin menanam bunga ini di dalam ruangan, bisa menggunakan media pot.
Itulah tanaman yang memiliki aroma harum. Semoga bermanfaat!