Tips Membeli Kosmetik
Menggunakan kosmetik sudah menjadi kebutuhan banyak orang, barangkali kamu salah satunya. Kosmetik bisa membuat penampilan tampak segar, apalagi jika digunakan dengan cara yang tepat.
Belakangan ini, para perempuan bahkan secara khusus mempelajari cara menggunakan berbagai produk kosmetik demi membuat penampilan mereka menjadi lebih menarik lagi.
Jenis kosmetik yang sangat beragam kini bisa ditemukan dengan mudah di pasaran, lengkap dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan.
Namun meski begitu, memilih jenis kosmetik yang tepat tidaklah selalu menjadi pekerjaan yang mudah. Kehadiran berbagai jenis kosmetik memang bisa menjadi keuntungan tersendiri buat kamu yang suka berdandan.
Tapi di lain sisi, hal ini juga harus membuat kamu lebih ekstra hati-hati dalam memilih. Sebab di luar sana ada banyak kosmetik yang tidak memenuhi standar dan tidak aman untuk digunakan.
Dalam beberapa kasus, berbagai kandungan kosmetik ini bahkan berbahaya bagi kesehatan kulit dan bisa menimbulkan beragam masalah atau bahkan kerusakan pada area kulit.
Pastikan kamu mencermati hal ini dengan baik dan selalu jeli dalam memilih produk kosmetik yang akan digunakan. Jangan coba-coba dan sembarangan pakai kosmetik.
Untuk itu,artikel ini akan membantu memberikan tips dalam memilih kosmetik yang ingin di beli.
1.Memeriksa Izin Edar dan Pastikan Resmi
Semua produk yang asli dan sudah legal akan dilengkapi dengan Nomor Izin Edar (NIE). Kamu bisa menemukan NIE ini pada kemasan produk kosmetik, jadi pastikan kamu memeriksanya secara detail.
Kosmetik yang legal dan aman untuk digunakan akan memiliki izin resmi dari BPOM, di mana produk tersebut sudah melalui uji laboratorium dan dijamin aman.
Namun meski begitu, banyak juga produk yang asal mencatumkan NIE ini pada kemasan mereka, meskipun tidak pernah mendapatkannya dari BPOM.
Jangan sampai kamu menggunakan produk palsu seperti ini. Lakukan pengecekan NIE yang terdapat pada kemasan produk kosmetik, untuk memastikan apakah produk tersebut benar-benar sudah terdaftar di BPOM. Jika ternyata belum, jangan dibeli.
2.Memeriksa Tanggal Kadaluwarsa Produk Kosmetik
Jangan lupakan tanggal kedaluwarsa, karena sangat berbahaya menggunakan produk kosmetik yang sudah kelewat masa aman digunakan. Selalu cek tanggal kedaluwarsa produk yang akan dibeli dan pastikan masih bisa digunakan untuk waktu yang lama.
Hal ini penting, sebab kosmetik bisa saja habis selama berbulan-bulan atau bahkan satu hingga dua tahun ke depan. Kamu bisa melihat tanggal kedaluwarsa ini pada kemasan produk kosmetik yang akan dibeli.
3.Harga murah tidak menjamin kualitas
Sebagian besar konsumen mengeluhkan harga kosmetik yang kian mahal dan membuat kantong jebol. Karena itulah, banyak orang yang mulai melirik produk kosmetik yang sama, namun dijual dengan harga yang lebih murah, bahkan terkadang cenderung tidak masuk akal.
Harga kosmetik yang murah memang tidak menguras kantong, tetapi diam-diam dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Pasalnya, sudah banyak kasus yang membuktikan bahwa beberapa produk kosmetik dengan harga murah ternyata palsu dan ilegal. Bila demikian, kandungannya tentu tidak dapat dipastikan apakah benar-benar aman atau tidak.
Maka itu, jangan mudah tertipu dengan harga murah dan periksa lagi keaslian produk. Bukannya tidak masalah jika harga sedikit mahal, namun menjamin kesehatan Anda.
4.Beli di toko kosmetik yang terpercaya
Agar mendapatkan produk kosmetik yang aman, pastikan Anda membelinya di toko yang terpercaya. Selain toko konvensional, kini sudah banyak toko online yang juga menjual kosmetik kesayangan Anda. Akan tetapi, pastikan bahwa toko tersebut benar-benar terpercaya dan menjual produk kosmetik yang asli.
Jika Anda membeli kosmetik secara langsung di toko, perhatikan lagi kemasan, tekstur, aroma, dan warna kemasan secara detil. Selanjutnya, bandingkan dengan kosmetik asli yang Anda punya.
Bila Anda menemukan bentuk kemasan yang tidak meyakinkan, tekstur produk yang tidak biasa, aroma menyengat, atau warna kemasan yang cenderung pekat atau lebih pudar, maka Anda patut mewaspadainya. Sebab bisa jadi produk tersebut palsu.
5.Perhatikan reaksi setelah memakai kosmetik
Bagi Anda yang sudah sering membeli kosmetik tentu sudah handal dalam mencoba tester kosmetik. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit produk ke bagian punggung tangan untuk melihat tekstur dan warna, apakah cocok dengan yang Anda cari atau tidak.
Jangan salah, cara ini tidak hanya sekadar mencocokkan produk kosmetik dengan keinginan Anda, lho. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara memilih produk kosmetik yang aman. Setelah mengoleskan segaris kosmetik di punggung tangan, coba lihat tekstur, warna, dan aromanya.
Mudahnya, kosmetik yang aman tidak menyebabkan iritasi maupun reaksi alergi. Sebaliknya, kosmetik palsu dapat menimbulkan gejala berupa ruam merah, kulit gatal dan bengkak, hingga sakit kepala, mirip dengan gejala alergi kosmetik. Meski demikian, hal ini biasanya lebih jelas terlihat setelah beberapa kali pemakaian.
Itulah tips dalam memilih kosmetik yang aman dan terpercaya.Semoga bermanfaat!