Menu Masakan Mexico
Belakangan ini makanan Meksiko semakin populer di Indonesia. Cita rasanya mirip dengan makanan Indonesia yang kaya rempah dan pedas, sehingga mudah diterima dengan lidah orang Indonesia.
Dari penampilannya sudah menggugah selera. Kelezatannya pun tak perlu dipertanyakan lagi. Dari sekian banyak makanan Meksiko yang ada di Indonesia, berikut di antaranya yang paling populer. Cek ya, kamu sudah pernah mencicipi yang mana saja!
1. Chilaquiles
Makanan tradisional ini biasanya akan banyak kalian temui saat pagi hari sebagai sarapan. Chilaquiles mirip dengan nachos, namun lebih mengenyangkan karena terdapat telur dan ayam.
Tortilla jagung yang dipotong empat kemudian ditaburi berbagai macam topping seperti salsa merah atau hijau, telur orak arik atau telur goreng, ayam suwir, dan tentu saja sour cream dan keju.
2. Tostadas
Makanan ini masih menggunakan tortilla jagung. Hanya saja, tortilla digoreng dengan minyak panas hingga garing coklat keemasan.
Tostadas ini kemudian diberi berbagai macam topping mulai dari keju, frijoles, daging atau seafood, dan ceviche.
3. Elote
Elote merupakan jajanan khas Meksiko yang terbuat dari jagung yang direbus dengan tambahan garam, cabai bubuk, jeruk nipis, mentega, mayonaise keju, dan sour cream.
Ada dua cara penyajian yakni jagung yang masih utuh atau jagung pipil.
4. Enchiladas
Enchiladas sejarahnya merupakan tortilla jagung yang diisi dengan ikan berukuran kecil.
Namun kini, isiannya beragam mulai dari daging, ayam, kacang kacangan, atau seafood dengan tambahan keju dan krim.
Tortilla yang sudah terisi penuh tersebut kemudian disiram dengan saus cabai.
5. Guacamole
Nah satu lagi menu yang tak bisa dilepaskan dari Meksiko adalah guacamole.
Guacamole biasanya dijadikan sebagai bahan celupan atau pendamping bersama nachos.
Terbuat dari alpukat yang dilumatkan dengan tomat, air lemon, dan irisan cabai.
6. Burrito
Burrito merupakan salah satu makanan khas dari Meksiko yang berisi berbagai macam bahan makanan, seperti daging sapi, ayam, dan sayur-sayuran, lalu dibungkus dengan tortilla yang terbuat dari gandum.
Sebelum dibungkus, biasanya tortilla akan dipanggang atau dihangatkan sebentar agar menjadi lebih empuk dan lebih mudah saat digulung.
7. Tamales
Tamales merupakan salah satu makanan tradisional khas dari negara Meksiko.
Bahan utama tamales terbuat dari tepung jagung. Selain itu, tamales juga dapat diberi isian berupa daging sapi cincang dan sayur-sayuran.
Setelah itu, bahan-bahan tersebut dibungkung menggunakan daun, lalu dikukus.
Tidak membutuhkan waktu lama, tamales pun bisa disajikan.
8. Taquito
Beberapa makanan khas dari negara ini memang menggunakan bahan yang sama. Salah satunya adalah tortilla. Begitu pun dengan makanan taquito ini. Jika dilihat sekilas, taquito sangat mirip dengan lumpia dari Kota Semarang. Namun, kamu akan merasakan hal yang berbeda jika sudah mencicipinya.
Taquito terbuat dari roti tortilla dengan isian daging sapi atau ayam, kentang, dan juga keju yang digulung dan digoreng hingga renyah. Makanan ini akan terasa lebih lezat jika dinikmati dengan saus salsa atau guacamole dan keju.
9. Churros
Salah satu jajanan Meksiko yang paling sering dijual di Indonesia. Biasanya, ditaburi bubuk kayu manis atau dicocol saus cokelat.
10. Quesadilla
Makanan asal Meksiko yang selanjutnya adalah Quesadilla.
Makanan ini terbuat dari tortilla yang diisi dengan keju, daging ayam atau daging sapi, dan sayur-sayuran, seperti tomat. Setelah itu, quesadilla dipanggang, dan siap untuk disajikan.
11. Saus Mole
Saus Mole terbuat dari cabai kering, kacang-kacangan, biji-bijian dan terkadang, cokelat, serta bahan-bahan lainnya.
Umumnya, saus mole di Meksiko membutuhkan 30 jenis bahan dan bahkan ada juga yang sampai membutuhkan lebih dari 100 bahan-bahan untuk membuatnya.
Hal tersebutlah yang menjadi penyebab mole memiliki rasa yang kompleks, dan tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata.
12. Nachos
Salah satu makanan Meksiko yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia adalah nachos.
Nachos merupakan camilan yang terdiri dari keripik tepung jagung, kemudian disiram saus salsa, keju, cabai jalapeno, dan sour cream.
Rasanya asin, gurih, pedas, juga asam. Tak heran nachos menjadi camilan favorit banyak orang.