Jenis Bantal Tidur
Memilih jenis bantal merupakan bagian penting untuk memberikan kualitas tidur yang baik dan nyaman.
Jika kamu ingin memaksimalkan tidurmu, kamu harus memiliki pengetahuan tentang bantal seperti apa yang benar-benar dibutuhkan untuk mengantarkan tidur. Menggunakan bantal berkualitas terbaik akan mendukung tidur yang berkualitas pula. Ada banyak jenis bantal tidur yang dijual di pasaran, dengan harga yang beragam pula. Berbagai jenis bantal pun seringkali ditentukan oleh perbedaan isiannya. Akan tetapi, apa saja jenis bantal tidur yang tersedia dan bagaimana mengetahui jenis bantal yang sesuai dengan kebutuhan kita.
Berikut jenis bantal tidur:
1. Bantal Memory Foam
Bantal memory foam juga merupakan salah satu jenis bantal yang paling populer digunakan. Hampir semua merek bantal terbaik menyediakan varian ini. Jenis bantal ini menggunakan bahan busa bernama polyurethane. Perbedaannya busa ini dengan busa biasa adalah bentuknya yang tidak cepat berubah ketika diberi tekanan. Jadi, seperti namanya busa ini bakal mengingat kontur leher dan kepala kamu saat tidur sehingga posisinya tetap terjaga sepanjang malam dan bebas dari pegal.
2. Bantal Kapuk
Bantal kapuk disebut juga bantal kapas karena isiannya terbuat dari tanaman kapuk. Bantal kapuk dibuat dari bahan baku alami bukan sintetis sehingga lebih aman. Teksturnya lembut dan empuk. Sayangnya, jenis bantal ini mudah berdebu dan rawan menjadi sarang tungau. Perawatannya perlu sering dibersihkan dan dijemur di bawah sinar matahari.
3. Bantal Latex
Latex adalah jenis bantal yang sering disebut bantal terbaik karena kualitasnya. Bantal ini memungkinkan kamu untuk tidur dalam semua posisi tanpa harus takut menderita sakit leher. Selain sakit leher, kamu juga bisa terhindar dari ruam dan alergi karena bantal yang satu ini akan membuatmu terbebas dari risiko berkeringat. Terlebih, bantal ini tergolong sebagai bantal yang sehat karena rongga-rongga pada bahannya.
4. Bantal Bulu Angsa
Jika kamu mencari bantal berkualitas premium, pasti ada varian ini yang kamu temukan. Iya, bantal bulu angsa memang terkenal punya bahan halus. Kualitas yang ditawarkan mirip dengan bantal hotel bintang lima. Meski sangat nyaman dipakai, bantal ini punya kekurangan yaitu menghasilkan banyak debu. Hal ini disebabkan karena bulu angsa dan material di dalamnya terbuat dari bahan organik. Jadi, jika kamu termasuk orang yang alergi debu, sebaiknya hindari jenis bantal ini.
5. Bantal Microfiber
Bantal microfiber cukup populer dan laris di marketplace Indonesia. Jenis bantal ini dibuat dengan teknologi modern untuk mengurangi risiko alergi. Bantal microfiber disukai karena lembut, ringan dan mudah dibersihkan. Tips memilih bantal dengan kualitas terbaik yaitu memperhatikan lebar bantal kurang lebih 60 cm.
6. Bantal wol
Bantal wol mungkin merupakan jenis isian lain yang belum banyak Anda dengar, tetapi ini adalah pilihan yang brilian. Bantal yang terbuat dari wol alami dan umumnya jauh lebih ramah lingkungan, serta hipoalaergik alias sangat bagus untuk penderita alergi. Bantal ini hebat dalam mengatur suhu, tetapi bisa sangat berat, dan juga sulit untuk dicuci. Meskipun merupakan pilihan bantal yang bagus, bantal ini juga tidak banyak tersedia dibandingkan bantal dengan jenis isian lainnya.
7. Bantal Nanofiber
Bantal yang satu ini disebut memiliki kenyamanan yang melebihi bantal dacron. Namun, sayangnya bantal nanofiber masih belum banyak beredar di pasaran sehingga cukup sulit ditemukan. Salah satu klaim menarik mengenai bantal ini adalah jaminan bahwa penggunanya tidak akan terbangun di malam hari.
8. Bantal Isi Plastik
di Negeri Sakura Jepang ternyata ada lo bantal yang diisi oleh material plastik yang menyerupai sedotan. Sebelum dibungkus dengan kain bantal, plastik-plastik ini dikemas dalam kain jaring yang dilengkapi sleting. Jadi, membersihkannya bisa jauh lebih mudah.
Nah itulah jenis bantal tidur yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhanmu. Semoga bermanfaat!