Alat Bersih Bersih Rumah
Menjaga kebersihan diri dan di mana pun Anda berada pastilah akan membawa manfaat untuk kesehatan. Bagaimana dengan rumah Anda sendiri? Sudahkah Anda memastikan kebersihannya demi anggota keluarga tercinta?
Untuk mencapainya, Anda perlu tahu alat kebersihan apa saja yang dapat membantu Anda menjaga kebersihan rumah.
Ada banyak sekali alat kebersihan yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang tradisional hingga modern sekali. Apa pun itu, Anda harus memanfaatkannya dengan maksimal dan tahu cara merawatnya sehingga alat kebersihan juga dapat bertahan lama dan bisa digunakan dalam jangka panjang.
Tidak semua alat kebersihan dapat Anda gunakan di semua ruangan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang alat kebersihan rumah tangga, simak poin-poin yang akan dijabarkan dalam artikel berikut:
1. Vacuum Cleaner
Berkat teknologi yang makin canggih, sekarang menyapu lantai sudah jadi lebih praktis. Kamu cukup mengandalkan vacuum cleaner untuk membersihkan rumah dari debu dan kotoran.
Bila kamu memelihara binatang, mempunyai vacuum cleaner sangat diwajibkan karena debu dan bulu-bulu binatang akan tersedot sampai habis.
2. Robot Vacuum
Jika dengan penyedot debu konvensional kamu masih harus mengeluarkan tenaga lebih dalam membersihkan lantai rumah dan lainnya, dengan robot vacuum aktivitas ini bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah dan otomatis.
Kamu tinggal mengatur alat canggih ini untuk membersihkan bagian rumah yang diinginkan, dan tunggu ia melakukan tugasnya hingga selesai. Jauh lebih praktis.
3.Kemoceng
Alat kemoceng terbuat dari bulu ayam, tali rafia dan serat kain. Alat ini wajib kamu miliki untuk membersihkan debu dan langit-langit rumah yang kerap dijadikan sarang laba-laba.
Biasakan untuk menyingkirkan debu setiap hari. Dengan demikian, debu tidak akan menumpuk dan menimbulkan masalah pernafasan. Alat kebersihan yang satu ini ada yang dibuat
4.Sapu dan Pengki
Lantai rumah merupakan bagian rumah yang paling mudah kotor. Untuk membersihkannya, butuh pasangan sapu dan pengki yang berfungsi untuk memindahkan kotoran ke tempat sampah.
Biasa sapu dan pengki bisa dibeli sebagai satu set. Sapu sendiri terbuat dari bahan ijuk, namun sapu dari bahan plastik juga sudah banyak dijual di pasaran.
5.Alat Pel
Setelah lantai disapu, lantai harus dipel dengan pembersih lantai agar wangi dan bersih. Lap pel digunakan untuk membersihkan permukaan lantai secara menyeluruh bersama dengan campuran air dan cairan pembersih lantai.
Biasanya, orang lebih memilih alat pel dengan tongkat karena bisa mempercepat proses pembersihan lantai.
6.Kain Lap
Kain lap dipakai untuk membersihkan permukaan perabotan rumah seperti meja, kursi, elektronik dan sebagainya. Material terbaik untuk alat kebersihan ini adalah microfiber, linen, dan katun.
Pasalnya material seperti lap microfiber merupakan campuran dari bahan polyster dan nylon juga bisa menjadi pilihan dan mampu menyerap air dengan baik dan tidak meninggalkan serat-serat kain pada permukaan furnitur.
7.Sikat
Alat kebersihan yang satu ini memiliki bulu-bulu kasar dan biasa digunakan untuk membersihkan noda membandel dengan sikat dan cairan pembersih. Sikat sendiri pun mempunyai banyak jenis, tergantung fungsinya.
Misalkan sikat kloset yang berbentuk bulat agar dapat membersihkan lubang kloset, ataupun sikat lantai khusus untuk membersihkan lumut dan kerak noda.
Sikat berukuran kecil atau sikat gigi bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan benda berukuran kecil atau sudut area.
8.Pembersih Toilet
Saat bersih-bersih rumah, jangan hanya fokus pada bagian depan dan ruangan tempat kita beraktivitas saja. Kamar mandi juga harus diperhatikan kebersihannya, agar saat menggunakannya kita bisa merasa nyaman.
Kamu bisa melengkapi peralatan pembersih toilet seperti porselen, penyegar toilet, alat pompa toilet tersumbat hingga sikat khusus toilet. Jangan lupa gunakan sarung tangan karet agar tangan kamu terhindar dari kuman.
Itulah alat-alat wajib yang harus kita miliki di rumah untuk menjaga kebersihan ruangan terutama dapur.