Ciri Tanaman Aster
Tanaman aster merupakan salah satu tanaman populer dan termasuk ke dalam tanaman herba atau rumput.
Dalam bahasa Yunani, bunga aster sering disebut juga sebagai bintang. Bunga ini memiliki banyak jenis warna yang akan membuat siapapun terpana melihatnya. Bahkan, bunga ini juga banyak digunakan dalam berbagai acara pernikahan, perayaan kelulusan, dll. Tumbuhan ini dapat bertahan cukup lama, yaitu hingga lebih dari 2 tahun. Aster sangat digemari karena bentuknya yang indah. Bunga ini juga telah dibudidayakan hingga 180 spesies. Ada banyak variasi hybrid dan spesies bunga aster saat ini, sebagian besar dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang indah dan warna-warninya yang sangat memukau.
Bunga aster dapat difilosofikan sebagai sebuah upaya hingga harapan. Tak heran jika kembang ini kerap dimanfaatkan untuk ucapan atau penghargaan. Khususnya bagi sosok-sosok yang Anda anggap istimewa. Bunga aster dapat diartikan sebagai rasa kebijaksanaan, keberanian juga keyakinan. Penamaan bunga ini juga tidak lepas dari bentuknya yang menyerupai bintang. Di mana, bintang sering dijadikan simbol cahaya juga harapan. Ada makna tersembunyi di balik bunga aster, yaitu pesan cinta juga kasih sayang. Di antara jenis-jenis aster yang sering kita jumpai, aster merah adalah bunga yang tengahnya berwarna hijau muda, sedang kelopaknya memanjang namun agak jarang. Kemudian ada juga aster merah muda, yang satu ini memiliki banyak jenis di antaranya ialah jenis euro. Jenis ini memiliki kelopak bunga yang agak bulat dan susunannya bertumpuk berbeda dengan aster merah.
Beberapa ciri yang dimiliki bunga aster adalah sebagai berikut:
1. Batang Aster
Seperti pada jenis tumbuhan lain, batang tanaman aster memiliki beberapa percabangan. Dari cabang ini pula akan dihasilkan bunga pada bagian ujung. Bila dicermati bagian batang tidaklah berukuran terlalu besar.
2. Bunga
Bunga aster memiliki kelopak berbentuk melingkar dan bersusun. Bentuknya hampir menyerupai bunga matahari dan bunga krisan, karena berasal dari keluarga yang sama, yaitu Asteraceae. Bagian mahkota bunganya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Warna bunga bintang sangat beragam, meliputi warna putih, merah, dan ungu hingga kebiruan. Ciri khas warna aster adalah adanya warna kuning di bagian tengahnya. Aroma bunga ini sangat ikonik dan terkesan lembut.
3. Rentang Tumbuh
Bunga ini masuk dalam daftar siklus kembang perennial atau tahunan. Biasanya, bunga aster dapat tumbuh hingga lebih dari setahun, sehingga tak heran jika tanaman bisa disebut juga sebagai bunga tahunan.
4. Ukuran tanaman
Bila dilihat dari ukuran tanaman, aster terbilang tidak memiliki ukuran tanaman yang tinggi. Beberapa jenis mungkin ada yang terlihat tinggi. Namun umumnya tinggi tanaman ini diperkirakan hanya mencapai 30 hingga 70 cm.
5. Daun Aster
Ciri-ciri tanaman aster pada bagian daun amat terlihat khas. Daun akan nampak terlihat cukup lebar. Lalu pada bagian tepi bila di cermati akan terlihat seperti agak bergerigi. Lebih jauh, warna dari daun akan terlihat hijau tetap bukan hijau tua.
Itu dia 5 ciri-ciri tanaman aster. Semoga bermanfaat!