Tumbuhan Willow Kambing
Salix caprea yang dikenal sebagai kambing willow adalah spesies umum willow asli ke Eropa dan Asia barat dan tengah.
Salix caprea adalah pohon gugur atau spesies semak dari keluarga Salicaceae. Berasal dari Eurasia, biasanya dikenal dengan nama Goat Willow dan Pussy Willow. Goat willow (Salix caprea) adalah pohon kecil atau perdu besar yang dapat tumbuh hingga ketinggian 10 m. Distribusi alaminya di Eropa berkisar dari Norwegia Selatan hingga Spanyol Timur dan termasuk Inggris. Hal ini juga ditemukan di Asia beriklim sedang dan di Suriah. Daun tanaman berbentuk oval tidak seperti daun panjang dan tipis dari banyak spesies willow. Daunnya berbentuk oval dengan ujung melengkung, runcing dan tepinya bergerigi. Berwarna hijau, dengan abu-abu, bagian bawah berbulu halus. Bunga terbentuk dari akhir musim semi hingga awal musim panas, setelah daun.
Spesies dapat dikelola di semak belukar dan cabang yang digunakan untuk pembuatan keranjang. Tanaman ini juga dinilai sebagai penahan angin atau sabuk pelindung dan kayunya dapat digunakan untuk arang berkualitas baik. Dalam penanaman hutan, spesies ini bekerja sebagai spesies pionir yang baik yang biasanya secara alami kalah bersaing. Catkins menyediakan serbuk sari dan nektar untuk lebah lebih awal dari kebanyakan tanaman lain dan pohon merupakan sumber makanan penting bagi berbagai serangga dan burung. Salix caprea mampu kawin silang dengan beberapa spesies Salix lainnya. Seperti kebanyakan pohon willow lainnya, ia dapat memperbanyak diri dengan menurunkan daunnya ke tanah dan mengembangkan akar. Spesies ini lebih menyukai sinar matahari penuh dan biasanya ditemukan di hutan yang lembab, rawa, pagar tanaman, pantai, parit dan umumnya di dekat sumber air.
Pohon willow kambing dapat tumbuh hingga 12m dan dapat hidup hingga 300 tahun. Mereka juga dapat ditanam sebagai pagar. Mereka memiliki kulit abu-abu-coklat yang mengembangkan celah berbentuk berlian seiring bertambahnya usia. Daun oval, hijau-abu-abu dilapisi dengan halus di bagian bawah dan runcing di ujungnya. Willow kambing biasanya tidak digunakan sebagai pohon taman, namun Salix caprea 'Kilmarnock' adalah kultivar kompak willow kambing dan dianggap lebih layak untuk taman.
Salix caprea dikenal untuk menarik lebah, serangga bermanfaat, burung, kupu-kupu/ngengat dan penyerbuk lainnya. Ini adalah tanaman makanan ulat, memiliki bunga yang kaya nektar/serbuk sari, digunakan untuk bahan bersarang, menyediakan tempat berlindung dan habitat, memiliki benih untuk burung dan membuat pagar hidup satwa liar yang baik. Tumbuhan ini lebih suka sinar matahari penuh. Tumbuh subur di tanah yang lembab, tetapi mentolerir tanah yang agak kering lebih baik daripada kebanyakan pohon willow lainnya. Pangkas sesuai kebutuhan di akhir musim dingin hingga awal musim semi. Tanaman dapat dipotong ke tanah setiap 3-5 tahun untuk mempertahankan bentuk semak yang lebih kecil.
Demikian informasi mengenai tumbuhan willow kambing. Semoga bermanfaat!