Cara Bermain Harmonika
Harmonika adalah salah satu instrumen musik yang paling mudah untuk dimainkan. Harmonika memang terdengar sangat keren, dan dapat digunakan untuk berbagai gaya musik. Untuk bisa bermain harmonika, diperlukan sebuah pernapasan yang panjang.
Cara Memainkan Harmonika Dengan Baik Dan Benar
Untuk bisa bermain harmonika dengan cepat, Anda perlu melakukan banyak latihan dan jangan mudah bosan. Anda bisa melakukan tips memainkan harmonika yang akan diulas di artikel ini. Berikut adalah trik atau cara menggunakan alat musik harmonika dengan mudah.
1.Posisi memegang harmonika
Ini adalah hal pertama yang harus kita perhatikan, memegang harmonika tidak hanya sembarang pegang. kalian harus memegang harmonika tepat pada pangkal jari telunjuk sebelah kiri dengan posisi telunjk berada diatas harmonika dan jempol berada dibawah harmonika, lalu tangan sebelah kanan dapat memegang bagian kanan harmonikanya. Usahakan lubang pada bagian belakang harmonikanya terbuka ya, karena lubang itu merupakan tempat suara keluar.
2. Hisap Harmonika dengan Benar
Pernapasan yang benar untuk harmonika adalah menghisap, bukan meniup ke harmonika. Menyedot dan meniup terjadi dengan bibir dan di depan mulut." Anda bisa mencoba teknik “Survival breathing" untuk pemula.
Hal yang perlu dicatat bahwa pernapasan yang benar pada harmonika akan berkembang secara alami semakin Anda memainkan harmonika. Semua pemain harmonika pemula sangat lelah dan letih ketika mereka bermain lebih dari hanya beberapa menit.
Waktu, dan pengkondisian melalui pengulangan akan memecahkan masalah ini. Ingat Anda harus tetap rileks dan coba untuk bernapas dengan, melalui, dan di sekitar harmonika. Jangan memaksanya.
Perut Anda akan selalu bergerak pertama maka dari itu saat bernapas dengan benar pada harmonika, hal pertama yang Anda lakukan adalah diafragma Anda bergerak. Gerakan ini menciptakan aliran udara yang akhirnya membuat suara keluar di harmonika.
Pernapasan pada untuk harmonika mirip dengan pernapasan yang diajarkan untuk bernyanyi atau olahraga, seni bela diri yang hanya melibatkan kontrol napas Anda untuk menghembuskan napas Anda.
3. Mulai membuat Suara
Cobalah membuat suara "ha" untuk setiap hembusan napas (nota tiup) dan setiap hirupan yang Anda mainkan. Nama untuk untuk teknik pernapasan ini disebut sebagai "pernapasan diafragma", "pernapasan dalam", "pernapasan Zen", "pernapasan perut", "pernapasan 3 langkah", atau "pernapasan yoga".
4. Meniup Lubang
Jika Anda meniup ke lubang-lubang harmonika, satu per satu dari kiri ke kanan, Anda akan mendengar nota 1, 3, dan 5 dari chord mayor (C, E, G di kunci C) diulangi berulang selama tiga kali (serta satu C tinggi di bagian akhir).
Memainkan harmonika melibatkan kombinasi penghirupan. jika Anda meniup ke lubang 4 pada harmonika C, Anda akan mendengar C. Jika meniup ke lubang berikutnya maka nada bergerak ke E.
Meniup ke lubang 6 menghasilkan G, jika Anda meniup ke lubang 7, Anda akan mendengar C. Anda harus menarik napas untuk menghasilkan nada B.
Itu lah beberapa cara dalam memainkan harmonica yang dapat membantu Anda memperdalam dan mengasah skill harmonika Anda.Semoga bermanfaat!