Perabotan Berguna di Dapur
Dapur yang lengkap memang menyenangkan dan mendukung kegiatan memasak. Namun, yang dibutuhkan di dapur bukan hanya wajan, panci, atau pun beragam jenis pisau.
Selain peralatan memasak, banyak peralatan lain yang tidak boleh dilupakan agar dapur selalu bersih dan juga memengaruhi kelancaran kegiatan di dapur.
Nah, apa saja peralatan yang dimaksud?
1. Rak cuci piring
Yang pertama, kamu tentu harus punya adalah rak cuci piring. Berguna untuk menaruh piring makan, sendok, garpu, gelas yang telah kamu cuci dan keringkan. Jadi peralatan makan kamu akan tersusun rapi dan bersih. Ada rak cuci piring terbuka sebagai wadah untuk meniriskan peralatan makan setelah dicuci dan rak cuci piring untuk menaruh peralatan makan setelah ditiriskan.
Jadi ada dua tahap untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Ini penting sekali bagi kesehatan dan kebersihan. Sebab peralatan makan sebagai perantara makanan atau minuman masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, sebelum memakai peralatan makan, kamu harus mengelapnya kembali.
2. Kertas pelapis kabinet dan laci
Sebelum memasak, pastikan permukaan laci dan kabinet tidak terkena remah-remah, tumpahan, dan kotoran lain. Kita dapat melindungi laci dan kabinet dengan menggunakan kertas pelapis (cabinet liner dan drawer liner). Kertas pelapis ini juga memertahankan masa pakai laci dan kabinet karena mampu mencegah penyok dan goresan di kedua tempat penyimpanan tersebut.
3. Rak untuk panci dan wajan
Menumpuk peralatan masak di lemari dapat menggores permukaan panci dan wajan. Gunakan rak berdiri sebagai tempat penyimpanan panci dan wajan untuk meminimalkan penggunaan ruang. Jika tidak memiliki ruang untuk meletakkan panci, in-cabinet organizer atau rak khusus di dalam kabinet dapat menjaga panci tertata rapi sekaligus melindungi panci dan wajan dari penyok dan goresan.
4. Gantungan dapur untuk gelas
Gantungan yang bisa diakitkan ke lemari penyimpanan dapur ini sangat multifungsi. Tak hanya untuk gelas, alat ini juga bisa digunakan untuk menggantung lap hingga peralatan memasak seperti sutil dan spatula.
5. Wadah penyimpanan
Di dapur harus ada wadah penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan bahan inti masakan. Paling esensial adalah wadah penyimpanan bumbu-bumbu masakan yang sering digunakan. Biasanya bumbu-bumbu itu berada di wadah sehingga saat memasak kita akan mudah mengambilnya.
Selain itu, wadah penyimpanan juga dibutuhkan untuk menaruh bahan masakan yang telah digunakan. Tidak semua bahan tahan terhadap dingin dan udara luar. Dengan wadah penyimpanan yang kedap udara ini akan membuat bahan-bahan tersebut tetap terjaga di suhunya.
6. Sarung tangan dapur
Bahan yang satu ini kecil dan sering dilupakan kehadirannya bagi orang-orang di dapur, padahal sarung tangan dapur sangat membantu supaya tangan tidak kepanasan.
Ini akan melindungi tangan kita ketika mengangkat wajan, panci dari kompor, atau makanan dari microwave. Sehingga keamanan saat memasak lebih terjamin.
7. Sendok pengukur
Satu set sendok pengukur sebagai peralatan dapur ini penting terutama untuk menyendok rempah-rempah dan bumbu kering. Carilah sendok pengukur yang magnetis dan masukkan ke dalam stoples bumbu, dan keduanya akan saling menempel sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan sendok teh.
8. Sink caddy atau wadah khusus
Supaya area di sekitar wastafel terlihat rapi, belilah sink caddy atau wadah khusus untuk menaruh spons, sikat, dan sabun cuci piring. Sink caddy yang bagus sebaiknya menempel di bagian dalam wastafel untuk menghemat ruangan.