Teknik Dasar Menjahit
Teknik jahit merupakan teknik menyambung dua bahan dengan menggunakan alat berupa jarum dan benang. Teknik jahit biasanya diaplikasikan pada karya seni dengan bahan dasar kain.
Dunia fashion memang terus berkembang, termasuk di dalamnya urusan pakaian. Di samping sebagai kebutuhan utama, pakaian pun kini sudah menjadi gaya hidup yang—mau tak mau—juga mengalami perkembangan, baik dari segi mode, warna, maupun fungsinya.
Dengan terus berkembangnya mode dalam hal berbusana, maka tak heran jika banyak orang yang mulai belajar atau berkecimpung dalam dunia fashion. Jika dimikian, pelajaran dasar menjahit pun menjadi bekal yang tak boleh diabaikan.
Nah, jika Anda tertarik untuk mulai merambah dunia fashion namun baru belajar memahami dasar jahit-menjahit, berikut adalah beberapa teknik menjahit yang perlu diperhatikan.
1.Tusuk Flanel
Seperti halnya tusuk feston, tusuk flanel juga digunakan untuk membuat hiasan pada kain. Selain sebagai hiasanya tusunk flanel juga memiliki fungsi untuk menyembunyikan tepian kain agar jahitan atau obrasan pada tepi kain tidak nampak dari luar. Tusuk flanel berbentuk menyilang, dengan lebar jahitan kecil.
Cara membuat tusuk flanel adalah sebagai berikut:
• Tusukkan jarum dari bagian bawah ke atas
• Kemudian lakukan langkah mundur turun ke bawah dan tusukkan jarum ke depan dengan jarak sedikit.
• Kemudian lakukan langkan mundur ke atas menyilang dan tusukkan jarum ke depan dengan jarak sedikit.
• Ulangi langkah ke-2 hingga selesai.
2.Tusuk “Stratsh” (mulur)
Untuk mengimbangi mulurnya bahan, pilihlah benang yang berasal dari bahan sintetis. Selain itu perlu diperhatikan:
• Tusuk mesin jangan terlalu kecil; aturlah angka pada pengatur setikan. Dapat juga dipilih tusuk zig-zag pada mesin serba-guna.
• Jarum harus betul-betul runcing; kalau tumpul harus diganti.
• Dari setiap sisi arah jahitan harus sejalan, untuk menghindari tarikan yang bertentangan setelah pakaian selesai dijahit.
3.Tusuk “Seam”
Teknik dasar menjahit selanjutnya adalah jahitan “seam”. Kita semua tahu, untuk membuat baju, tentunya kamu akan membuat pola tertentu dan menyatukannya.
Teknik untuk menyatukan pola ini adalah teknik “seam”.
Caranya, kamu perlu menempelkan bagian depan kain pola pertama ke bagian depan kain di pola kedua. Kemudian jahit menggunakan tusuk tusuk tikam jejak hingga selesai lalu beri simpul di akhir agar benang tidak lepas.
Pastikan kamu menjahit bagian belakang kain agar jahitan dapat disembunyikan saat selah menjadi pakaian.
4.Tusuk Pressing
Jika ada dua kain yang disatukan, bagian belakang kain harus kamu rapikan. Langkah awal untuk merapikan jahitan belakang kain adalah dengan proses pressing. Proses ini dapat kamu kerjakan dengan menggunakan setrika.
Mula-mula, taruh setrika di sepanjang jahitan. Kemudian buka kain dan taruh bagian belakang jahitan di atas. Lalu buka kain berlebih ke arah berlawanan dan tekan menggunakan setrika.
Selanjutnya gelarkan kain di sisi sebaliknya lalu tekan kembali setrika pada bagian jahitan.
5.Tusuk Pipih
Tusuk pipih adalah teknik jahit naik turun yang biasa dibuat menutup permukaan pola yang dibuat. Misalnya untuk membuat kelopak bunga, daun, bentuk hidung, dan sebagainya.
Cara membuat tusuk pipih adalah sebagai berikut:
• Buatlah gambar pola pada permukaan kain
• Tusukkan jarum dari bagian bawah kain pada salah satu titik di tepi pola
• Tusukkan kembali jarum dari atas ke bawah kain pada titik di seberang tusukan pertama
• Lakukan langkah yang sama hingga semua pola tertutup oleh benang
6.Tusuk Rantai
Tusuk rantai adalah jenis teknik jahit untuk membuat hiasan atau jahitan dengan bentuk menyeruapi rantai. Teknik ini juga paling banyak digunakan untuk menghias karya seni berbahan kain.
Cara membuat tusuk rantai adalah sebagai berikut :
• Tusukkan jarum dari bawah ke atas dan tarik hingga benang habis
• Tusukkan kembali jarum dari atas ke bawah lalu kembali ke atas dengan jarak yang diinginkan
• Tarik jarum dengan posisi benang dibawah jarum sehingga akan terkait.
• Lakukan seterusnya hingga selesai
Itulah beberapa teknik dasar menjahit yang harus kamu pahami.Semoga bermanfaat.