Peralatan untuk Kucingmu!
Kucing memang hewan yang menggemaskan. Tak heran banyak orang yang gemar memeliharanya sebagai teman bermain di dalam rumah.
Tapi ternyata ketika kamu memutuskan untuk memelihara seekor hewan ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu.
Komitmen adalah salah satu hal terpenting ketika kamu sudah memutuskan hendak memelihara kucing atau binatang peliharaan lainnya. Kamu harus berkomitmen penuh terhadap kenyamanan dan keamanan kucing peliharaanmu. Jadi kamu harus rutin memberinya makan, membawanya ke dokter, mengajaknya bermain, merawat bulunya, dan masih banyak lagi hal-hal yang harus dilakukan saat memelihara kucing.
Jadi pastikan dulu kamu sudah melakukan riset dan banyak bertanya-tanya mengenai kucing kepada orang lain yang lebih berpengalaman, ya.
Tentu hal pertama yang kamu perlukan adalah kandang, tempat makan dan minum, makanan kucing, shampo khusus kucing serta tempat tidur untuk kucing. Tak ketinggalan adalah aksesori untuk kucing. Nah, benda-benda ini dibutuhkan bukan cuma buat mempercantik si kucing tapi juga untuk kenyamanannya ketika berada di rumahmu. Jadi kamu juga tak boleh melupakan aksesori-aksesori ini demi kebahagiaan kamu dan kucing kesayanganmu.
1. Tempat menggaruk
Benda satu ini sangatlah penting jika kamu ingin memelihara kucing dan tak ingin furnitur di rumahmu cepat rusak. Scratching post atau papan garuk ini memang dibutuhkan oleh kucing, karena mereka punya kebiasaan untuk menggaruk kukunya. Jika tidak ada papan ini, salah-salah kaki meja, kursi, atau sofa di rumahmu lah yang akan jadi korbannya.
Selain scratching post, kamu juga bisa memilih cat tree sebagai salah satu alternatif. Meski harganya terpantau sedikit lebih mahal, tapi cat tree ini cukup serbaguna. Tidak hanya sebagai tempat untuk menggaruk kukunya, tapi juga dapat melatih ketangkasan kucingmu saat melompat di atasnya dan juga sebagai tempat mereka beristirahat.
2. Kotak pasir kucing (litter box)
Perlengkapan kucing untuk pemula berikutnya adalah litter box. Pasir kucing lebih baik diletakkan di dalam kotak pasir khusus (litter box). Ini juga akan melatih si kucing untuk tertib buang kotoran di wadah yang sudah disediakan. Saat membeli, perhatikan ukuran kotak pasirnya. Sesuaikan dengan ukuran si kucing. Kalau ukurannya terlalu kecil, kotoran akan jatuh di luar kotak. Istilahnya, si kucing jadi “offside”.
3. Pasir kucing (cat litter)
Pasir kucing adalah perlengkapan yang wajib ada di rumah. Fungsinya sebagai media untuk kucing buang air kecil (pipis) dan buang air besar (poop). Ini penting supaya kebersihan di dalam maupun di luar rumah tetap terjaga.
Pasir kucing ini ada yang jenis zeolit, pasir betonite, pasir kristal, sampai pasir organik (pelet). Kebanyakan orang lebih suka menggunakan pasir bentonite untuk kucing-kucing di rumah. Alasannya karena pasir bentonite memiliki aroma yang wangi. Pasir ini juga mudah menggumpal ketika terkena cairan sehingga mudah dibersihkan.
4. Serokan pasir
Untuk mempermudah kamu dalam membuang kotoran kucing, kamu memerlukan serokan pasir sebagai salah satu perlengkapan memelihara kucing. Dengan menggunakan serokan pasir akan menghindarkan kamu dari terkena kotoran kucing yang akan membuat tangan menjadi bau.
5. Mainan kucing
Perlu kamu ketahui mainan kucing akan membantu kucing terhindar dari stres. Terlebih saat kucing baru datang dan ingin mengeksplorasi lingkungan barunya. Dengan adanya mainan kucing akan membantu membuatnya lebih rileks, sehingga kucing menjadi tidak stres dan lebih cepat beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.
Selain itu, ada juga jenis mainan kucing yang memerlukan pemiliknya untuk bermain bersama kucing. Jenis mainan ini akan memperkuat bonding kucing dengan pemilik, sehingga cocok bagi kamu yang ingin lebih dekat dengan si kucing.