Merawat Gigi itu Penting
Kesehatan gigi adalah hal yang tidak boleh kita anggap remeh. Faktanya, perilaku merawat kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik menyebabkan rata-rata di usia 65 tahun masyarakat Indonesia sudah kehilangan 11 giginya.
Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) drg Usman Sumantri, MSc, memaparkan, kondisi kesehatan mulut berhubungan dengan kejadian sejumlah penyakit sistemik seperti jantung, ginjal, stroke dan diabetes.
Juga berkaitan pula dengan kualitas hidup seseorang karena dapat memengaruhi kenyamanan ketika makan, tidur, berinteraksi sosial, serta rasa percaya diri.
Kerusakan gigi diawali dengan proses terjadinya karies dan peradangan yang berawal dari sisa-sisa makanan yang dibiarkan sehingga lama kelamaan akan terjadi pembusukan dimana kuman yang ada di rongga mulut (Lactobacillus acidophillus) mengubah sisa makanan menjadi asam. Selain efek yang ditimbulkan kuman juga terdapat bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi yaitu streptococcus mutans, bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada jaringan gusi sehingga bisa masuk ke aliran darah yang dapat berakibat lanjut menyebabkan peradangan di bagian tubuh lain, seperti ginjal, sendi, sakit kepala yang berkepanjangan dan organ tubuh lainnya.
Gigi dan mulut adalah panca indra vital yang patut diutamakan pemeliharaannya. Oleh sebab itu menjaga kebersihan mulut dan gigi sangat wajib kamu lakukan sebelum terlambat atau penyakit lain datang. Selain rajin merawat gigi, kamu juga harus teratur merawat kesehatan gigi dan mulut di klinik kesehatan gigi dan mulut.
Cara merawat gigi
Jika merawat gusi dan gigi dengan rutin, kesehatan mulut akan terjaga dengan baik. Tidak perlu sulit dan merepotkan, berikut cara mudah merawat kesehatan gigi dan gusi:
1. Rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari di pagi dan malam hari;
2. Gunakan benang gigi untuk pembersihan maksimal di sela-sela gigi;
3. Penggunaan mouthwash diperbolehkan untuk menambah kesegaran mulut asal jangan berlebihanatau tertelan;
4. Menjaga pola makan yang sehat penting untuk menghindari zat-zat perusak gigi menempel dan melubangi gigi.
Manfaat merawat gigi
-. Mencegah migrain
Sudah mengalami gigi bungsu tumbuh? Sakitnya luar biasa. Sakit gigi karena gigi bungsu tumbuh ini dapat menyebabkan sakit migrain. Keluhan ini terjadi biasanya disebabkan karena gigi tumbuh tidak sempurna. Posisinya tumbuh dalam keadaan miring salah satunya.
Dengan menjaga dan merawat gigi secara rutin, kamu dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya hal ini.
-. Mencegah penyakit gusi
Penyakit gusi disebabkan oleh infeksi pada jaringan gusi dan tulang tempat tumbuhnya gigi serta menjadi penyebab tanggalnya gigi. Bila didiagnosis lebih awal ketika masih dalam tahap gingivitis, penyakit gusi bisa diobati. Bila tidak diobati, akan muncul penyakit gusi yang lebih lanjut, yakni periodontitis.
-. Mencegah kanker mulut
Menurut Yayasan Kanker Mulut di Amerika Serikat, tiap satu jam, satu orang meninggal akibat kanker mulut. Ketika membersihkan gigi, dokter juga akan melakukan pemindaian untuk melihat ada-tidaknya gejala kanker mulut.
-. Menghilangkan napas tak sedap
Hasil penelitian menunjukkan 85 persen orang yang memiliki napas tak sedap atau halitosis biasanya memiliki masalah dengan gigi. Kondisi mulut yang baik akan mencegah bau tak enak itu.
-. Membantu stabilkan gula darah
Bagi kamu penderita diabetes, jaga dan rawat gigi agar gula darah semakin stabil. Perawatan gigi dan mulut secara tak langsung dapat mengontrol bakteri dalam mulut dan menjaga metabolisme tubuh. Hal ini tentu akan membantu tubuh menstabilkan gula darah.
Kesimuplannya, penyebaran infeksi yang disebabkan oleh bakteri rongga mulut ke berbagai macam organ di dalam tubuh melalui pembuluh darah (bakterimia) merupakan hal yang tidak boleh diremehkan. Dari beberapa data penelitian diatas menyatakan bahwa bakteri rongga mulut merupakan faktor resiko terjadinya kelainan pada sistem fungsi tubuh kita. Oleh karena itu perlu diingat bahwa menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut merupakan hal yang paling penting dalam menjaga Kesehatan umum secara keseluruhan.