Tips Saat Berkomunikasi
Cara berkomunikasi yang baik akan mendatangkan banyak manfaat. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya tidak fokus pada diri sendiri, mendengarkan dengan baik, dan bersikap jujur serta terbuka.
Tidak dapat dipungkiri bahwa komunikasi merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Cara berkomunikasi yang baik bahkan dapat berpengaruh pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang.
Ada dua teknik komunikasi efektif yang dilakukan, yaitu teknik menyampaikan pesan dan teknik mendengarkan. Teknik pertama merupakan kemampuan Anda dalam mengutarakan pendapat dengan baik serta pada situasi yang tepat. Teknik kedua adalah mendengarkan secara aktif apa yang disampaikan oleh teman/rekan kerja atau atasan dan Anda menanggapinya secara wajar.
Tips berkomunikasi dengan baik dan efektif.
1.Jangan hanya fokus pada diri sendiri
Komunikasi harus bersifat dua arah. Oleh karena itu, cara berkomunikasi yang baik dan benar adalah tidak mendominasi pembicaraan dan tidak mengutamakan fokus pada diri Anda sendiri.
Berikan perhatian dan kesempatan yang sama pada lawan bicara Anda. Perlakukan pendapat dan perasaan orang lain sama pentingnya dengan Anda.
2. Mendengarkan dengan baik
Cara bekomunikasi dengan baik dapat dilakukan saat Anda bisa mendengarkan dengan baik. Perhatikan dengan seksama apa yang orang lain katakan, nada bicara, dan bahasa tubuhnya.
Jika Anda mendengarkan lawan bicara, mereka akan dapat bersikap lebih terbuka terhadap pendapat dan perasaannya. Mereka juga bisa memercayai Anda sehingga akhirnya bisa menjalin hubungan yang baik.
3.Perhatikan waktu dan tempat berbicara
Terkadang beberapa hal yang kita bicarakan dapat menyinggung beberapa orang yang mendengarnya secara sengaja maupun tidak sengaja. Tidak semua topik pembicaraan dapat digunakan dibeberapa tempat.
Kita juga harus tau waktu yang tepat untuk berbicara seperti menyelipkan candaan dalam pembicaraan atau tau kapan waktunya untuk bertanya ketika sedang mendengarkan suatu presentasi.
4.Mengontrol Emosi
Komunikasi efektif akan terbangun jika kedua belah pihak berdiskusi dengan sikap dan pikiran terbuka. Jika hal yang disampaikan oleh rekan kerja Anda tidak sesuai dengan prinsip Anda, jelaskanlah keberatan Anda dengan emosi yang terkontrol atau kepala dingin. Aturlah intonasi suara Anda ketika berbicara. Agar tidak ada pihak yang tersinggung dengan apa yang Anda utarakan.
5.Memberikan Umpan Balik yang Positif
Memberikan dan menerima umpan balik secara positif merupakan cara untuk meningkatkan komunikasi efektif di tempat kerja. Umpan balik atau feedback positifnya dapat berupa apresiasi atas kerja keras yang dilakukan, dan kontribusi yang diberikan atas kesuksesan tim. Umpan balik positif ini akan mendorong motivasi rekan kerja Anda untuk memberikan performa yang lebih baik, terutama di masa yang akan datang.
6.Jangan memberi nasihat tanpa diminta
Salah satu hal penting dalam cara berkomunikasi dengan baik adalah tidak memberikan nasihat tanpa diminta.
Ada kondisi di mana seseorang hanya butuh didengarkan. Pada saat inilah ungkapkan pendapat Anda hanya ketika diminta lawan bicara. Sering menasihati orang lain tanpa diminta juga membuat Anda terlihat sok tahu dan menyebabkan orang lain enggan berkomunikasi dengan Anda.
Itulah beberapa tips saat berkomunikasi terutama di lingkugan sekolah atau lingkungan kerja.Semoga artikel ini dapat membantu.